PENGUNAAN MEDIA E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL DALAM MATERI KEBARAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN CIKANDE PERMAI

Authors

  • Elprida Yanti Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Beni Junedi Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Ratna Dewi Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33171

Keywords:

e-comics, digital literacy, socio-cultural diversity, digital learning, elementary school students.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media e-comic terhadap literasi digital siswa dalam pembelajaran materi keberagaman sosial budaya. Penelitian dilakukan di SDN Cikande Permai dengan menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media e-comic dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 30 siswa.         Data dikumpulkan melalui tes literasi digital (pre-test dan post-test) dan angket respon siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor literasi digital yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon siswa terhadap penggunaan e-comic juga berada dalam kategori sangat baik. Media e-comic terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman materi, serta keterampilan digital siswa. Dengan demikian, penggunaan e-comic direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam rangka meningkatkan literasi digital dan pemahaman materi di sekolah dasar.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aeni, Wiwik Akhirul, and Ade Yusupa.

2018. “MODEL MEDIA

PEMBELAJARAN E-KOMIK

UNTUK SMA.” Jurnal Kwangsan

6(1):1. doi:

10.31800/jtpk.v6n1.p1--12.

Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah,

and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019.

“Penguatan Blended Learning

Berbasis Literasi Digital Dalam

Menghadapi Era Revolusi

Industri 4.0.” Jurnal

Kependidikan Islam 9(2):191–

203.

Dewi, Dinie Anggraeni, Solihin Ichas

Hamid, Farah Annisa, Monica

Oktafianti, and Pingkan Regi

Genika. 2021. “Menumbuhkan

Karakter Siswa Melalui

Pemanfaatan Literasi Digital.”

Jurnal Basicedu 5(6):5249–57.

doi:

10.31004/basicedu.v5i6.1609.

Fahyuni, Eni Fariyatul, and ImamFauji. 2017. “Pengembangan

Komik Akidah Akhlak Untuk

Meningkatkan Minat Baca Dan

Prestasi Belajar Siswa Di

Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic

Education Journal 1(1):17

–26.

doi: 10.21070/halaqa.v1i1.817.

Laksmi, Ni Luh Putu Ari, and Ni

Wayan Suniasih. 2021.

“Pengembangan Media

Pembelajaran E

-Comic Berbasis

Problem Based Learning Materi

Siklus Air Pada Muatan IPA.”

Jurnal Imiah Pendidikan Dan

Pembelajaran 5(1):56. doi:

10.23887/jipp.v5i1.32911.

Mawaddah, Arina, Romamarisa Putri

Utami, Siti Munawarah, Aldy

Ferdiansyah, and Asniwati. 2025.

“Implementasi Media

Sumberdayaland Dalam IPS Di

Kelas 5 SDN Sungai Miai 10.”

Jurnal Cahaya Edukasi 3(2):77

84.

Musarofah, Musarofah, and Sri

Watini. 2024. “Pengembangan

Literasi Digital Di Era Teknologi

Informasi Melalui Channel TV

Sekolah.” Aulad: Journal on

Early Childhood 7(2):261

–76.

doi: 10.31004/aulad.v7i2.618.

Switaningsih Handayani, Christiana.

2024. “Tantangan Dan Peluang

Pembelajaran IPS Materi

Keragaman Sosial Dan Budaya

Di Indonesia Pada Siswa Kelas 4

Sekolah Dasar.”

Pena Edukasia

2(3):109

–16.

Tohir, Kholis. 2020. Model

Pendidikan Pesantren Salafi.

Jakarta: Scopindo Media

Pustaka.

Wulandari, Dwi, Triana Rejekiningsih,

and Eka Budhi Santosa. 2023.

“Analisis Kebutuhan Media

Komik Digital Untuk

Meningkatkan Literasi Membaca

Bagi Siswa Sekolah Dasar Di

Bojonegoro.” Journal on

Education 6(11).

Downloads

Published

2025-09-23