PENGUNAAN MEDIA E-COMIC TERHADAP LITERASI DIGITAL DALAM MATERI KEBARAGAMAN SOSIAL BUDAYA DI INDONESIA PADA SISWA KELAS IV SDN CIKANDE PERMAI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33171Keywords:
e-comics, digital literacy, socio-cultural diversity, digital learning, elementary school students.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan media e-comic terhadap literasi digital siswa dalam pembelajaran materi keberagaman sosial budaya. Penelitian dilakukan di SDN Cikande Permai dengan menggunakan metode kuantitatif quasi eksperimen desain nonequivalent control group. Sampel terdiri dari dua kelas, yaitu kelas eksperimen yang menggunakan media e-comic dan kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional, masing-masing berjumlah 30 siswa. Data dikumpulkan melalui tes literasi digital (pre-test dan post-test) dan angket respon siswa. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan skor literasi digital yang signifikan pada kelas eksperimen dibandingkan dengan kelas kontrol. Respon siswa terhadap penggunaan e-comic juga berada dalam kategori sangat baik. Media e-comic terbukti mampu meningkatkan motivasi belajar, pemahaman materi, serta keterampilan digital siswa. Dengan demikian, penggunaan e-comic direkomendasikan sebagai alternatif media pembelajaran yang efektif dan menyenangkan dalam rangka meningkatkan literasi digital dan pemahaman materi di sekolah dasar.Downloads
References
Aeni, Wiwik Akhirul, and Ade Yusupa.
2018. “MODEL MEDIA
PEMBELAJARAN E-KOMIK
UNTUK SMA.” Jurnal Kwangsan
6(1):1. doi:
10.31800/jtpk.v6n1.p1--12.
Anggraeni, Helena, Yayuk Fauziyah,
and Eni Fariyatul Fahyuni. 2019.
“Penguatan Blended Learning
Berbasis Literasi Digital Dalam
Menghadapi Era Revolusi
Industri 4.0.” Jurnal
Kependidikan Islam 9(2):191–
203.
Dewi, Dinie Anggraeni, Solihin Ichas
Hamid, Farah Annisa, Monica
Oktafianti, and Pingkan Regi
Genika. 2021. “Menumbuhkan
Karakter Siswa Melalui
Pemanfaatan Literasi Digital.”
Jurnal Basicedu 5(6):5249–57.
doi:
10.31004/basicedu.v5i6.1609.
Fahyuni, Eni Fariyatul, and ImamFauji. 2017. “Pengembangan
Komik Akidah Akhlak Untuk
Meningkatkan Minat Baca Dan
Prestasi Belajar Siswa Di
Sekolah Dasar.” Halaqa: Islamic
Education Journal 1(1):17
–26.
doi: 10.21070/halaqa.v1i1.817.
Laksmi, Ni Luh Putu Ari, and Ni
Wayan Suniasih. 2021.
“Pengembangan Media
Pembelajaran E
-Comic Berbasis
Problem Based Learning Materi
Siklus Air Pada Muatan IPA.”
Jurnal Imiah Pendidikan Dan
Pembelajaran 5(1):56. doi:
10.23887/jipp.v5i1.32911.
Mawaddah, Arina, Romamarisa Putri
Utami, Siti Munawarah, Aldy
Ferdiansyah, and Asniwati. 2025.
“Implementasi Media
Sumberdayaland Dalam IPS Di
Kelas 5 SDN Sungai Miai 10.”
Jurnal Cahaya Edukasi 3(2):77
–
84.
Musarofah, Musarofah, and Sri
Watini. 2024. “Pengembangan
Literasi Digital Di Era Teknologi
Informasi Melalui Channel TV
Sekolah.” Aulad: Journal on
Early Childhood 7(2):261
–76.
doi: 10.31004/aulad.v7i2.618.
Switaningsih Handayani, Christiana.
2024. “Tantangan Dan Peluang
Pembelajaran IPS Materi
Keragaman Sosial Dan Budaya
Di Indonesia Pada Siswa Kelas 4
Sekolah Dasar.”
Pena Edukasia
2(3):109
–16.
Tohir, Kholis. 2020. Model
Pendidikan Pesantren Salafi.
Jakarta: Scopindo Media
Pustaka.
Wulandari, Dwi, Triana Rejekiningsih,
and Eka Budhi Santosa. 2023.
“Analisis Kebutuhan Media
Komik Digital Untuk
Meningkatkan Literasi Membaca
Bagi Siswa Sekolah Dasar Di
Bojonegoro.” Journal on
Education 6(11).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.