Upaya Guru dalam Proses Pencegahan Bullying di SDN 4 Bukit Tunggal Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33152Abstract
Di era digital, penggunaan media sosial sudah lazim di kalangan siswa untuk berbagai aktivitas komunikasi, interaksi sosial, dan memperluas wawasan. Namun, maraknya konten kekerasan dan tidak pantas di media sosial berdampak negatif terhadap perilaku siswa. Perundungan (bullying), sebagai salah satu masalah pembelajaran yang disebabkan oleh perilaku negatif di kalangan siswa, harus diantisipasi dan dicegah agar tidak semakin meluas. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam upaya guru dalam proses pencegahan perundungan (bullying) di SDN 4 Bukit Tunggal Palangka Raya. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik validasi data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam proses pencegahan perundungan (bullying) di kalangan siswa meliputi upaya preventif, upaya edukatif, upaya kuratif (penyelesaian/penyembuhan), dan upaya preservatif (pemeliharaan). Upaya-upaya tersebut bertujuan untuk mencegah perilaku perundungan (bullying) di kalangan siswa dan menumbuhkan serta memperkuat nilai-nilai karakter positif pada diri siswa agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: guru, upaya pencegahan, bullying Di era digital, penggunaan media sosial merupakan hal yang umum dilakukan oleh peserta didik untuk berbagai aktivitas komunikasi, interaksi sosial, dan menambah wawasan. Namun, maraknya konten kekerasan dan konten-konten yang kurang pantas ditampilkan di media sosial berdampak negatif terhadap perilaku peserta didik. Bullying sebagai salah satu permasalahan belajar yang disebabkan oleh perilaku negatif pada peserta didik, harus diantisipasi dan dicegah pertumbuhannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam terkait upaya guru dalam proses pencegahan bullying di SDN 4 Bukit Tunggal Palangka Raya. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik pengabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa upaya guru dalam proses pencegahan bullying pada peserta didik meliputi upaya preventif (pencegahan), upaya pendidikan (pendidikan), upaya kuratif (penyelesaian/penyembuhan), dan upaya preservatif (pemeliharaan). Upaya-upaya tersebut bertujuan untuk mencegah terjadinya perilaku bullying pada peserta didik, menumbuhkan dan memperkuat nilai-nilai karakter positif pada peserta didik agar dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari. Kata Kunci: guru, upaya pencegahan, intimidasiDownloads
References
Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649–658. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050
Amalia, T., Sumardi, L., Alqadri, B., & Haslan, M. (2023). Dampak Tayangan Kekerasan di Media Sosial Terhadap Perilaku Bullying (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Wanasaba). Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(3), 1–16.
Dzikri, M. R., Aisyah, S., & Mahfuzah, A. (2024). Dampak Positif dan Negatif Media Sosial Terhadap Perilaku Siswa Madrasah Ibtidaiyah. DARRIS: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 7(2), 131–145. https://doi.org/10.47732/darris.v7i2.563
Efendy, M., & Nainggolan, E. E. (2022). Pendekatan Behavioral untuk Mengurangi Perilaku Mengganggu pada Siswa di Sekolah. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(6), 12653–12662.
Effendi, H. F., Rasmitadila, R., & Hasnin, H. D. (2024). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Pada Tema Gaya Hidup Berkelanjutan di Kelas IV SDN Ciranjang. Karimah Tauhid Karya Ilmiah Mahasiswa Bertauhid, 3(9), 168–180. https://doi.org/10.24036/nara.v3i2.186
Egeberg, G., Thorvaldsen, S., & Rønning, J. A. (2016). The Impact of Cyberbullying and Cyber Harrasment on Academic Achievment. In: Elstad, E. (Eds) Digital Expectations and Experiences in Education. https://doi.org/https://doi.org/10.1007/978-94-6300-648-4_11
Ervina, E., Saudah, S., Muzakki, M., Aghnaita, A., Afifah, N., Hidayati, S., & Zulkarnain, A. I. (2024). Upaya Menanamkan Nilai-nilai Profetik pada Anak Usia Dini Melalui Cerita Sirah Nabawiyah. Dewantara: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Anak Usia Dini Volume, 6(1), 1–11.
Febrianti, R., Syaputra, Y. D., & Oktara, T. W. (2024). Dinamika Bullying di Sekolah: Faktor dan Dampak. Indonesian Journal of Educational Counseling, 8(1), 9–24. https://doi.org/10.30653/001.202481.336
Fiantika, F. R., Wasil, M., Jumiyati, S., Honesti, L., Wahyuni, S., Mouw, E., Jonata, J., Mashudi, I., Hasanah, N., Maharani, A., Ambarwati, K., Noflidaputri, R., Nuryami, N., & Waris, L. (2022). Metodologi Penelitian Kualitatif (PT. GLOBAL, Issue Maret). PT. GLOBAL EKSEKUTIF TEKNOLOGI.
Firmansyah, F. A. (2021). Peran Guru dalam Penanganan dan Pencegahan Bullying di Tingkat Sekolah Dasar. Jurnal Al-Husna, 2(3), 205–216. https://doi.org/10.18592/jah.v2i3.5590
Haru, E. (2023). Perilaku Bullying di Kalangan Pelajar. Jurnal Alternatif Wacana Ilmiah Interkultural, 11(2), 59–71.
Hidayati, S. (2021). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. In Teknik Komputer (Vol. 2, Issue 1).
Istianah, A., Maftuh, B., & Malihah, E. (2023). Konsep Sekolah Damai: Harmonisasi Profil Pelajar Pancasila dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Education and Development, 11(3), 333–342. https://doi.org/10.37081/ed.v11i3.5048
Julita, J., & Purnasari, P. D. (2022). Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran dalam Pendidikan Era Digital. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 227–239. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.460
Kartika, K., Darmayanti, H., Kurniawati, F., & Situmorang, D. D. B. (2019). Bullying di Sekolah: Pengertian, Dampak, Pembagian dan Cara Menanggulanginya. Pedagogia Jurnal Ilmu Pendidikan, 17(1), 55–66. https://doi.org/10.17509/pdgia.v17i1.13980
Kusumasari, R. N. (2015). Lingkungan Sosial dalam Perkembangan Psikologis Anak. Jurnal Ilmu Komunikasi (J-IKA), II(1), 32–38.
Mazrur, M., Surawan, S., & Yuliani, Y. (2022). Kontribusi Kompetensi Sosial Guru dalam Membentuk Karakter Siswa. Attractive : Innovative Education Journal, 4(2), 281–287.
Nasir, A., Nurjana, N., Shah, K., Sirodj, R. A., & Afgani, M. W. (2023). Pendekatan Fenomenologi Dalam Penelitian Kualitatif. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(5), 4445–4451.
Nurillahwaty, E. (2022). Peran Teknologi dalam Dunia Pendidikan. Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang, 1, 81–85. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/islamika
Nurjanah, S., Nurkumalasari, P., Unaisah, U., Anggraeni, K., Christian, J. S., & Christiana, E. (2024). Studi Literatur: Efektivitas Kotak Masalah dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Liberosis: Jurnal Psikologi Dan Bimbingan Konseling, 9(2), 1–5.
Panggabean, H., Situmeang, D., & Simangunsong, R. (2022). Waspada Tindakan Bullying dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. JPM-UNITA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–16. http://jpm.usxiitapanuli.ac.id
Rahmah, M. (2022). Upaya Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying Pada Siswa Sekolah Dasar di SDN KS 01 Jakarta Barat.
Setiawan, H. H. (2018). Pengembangan Sistem Peringatan Dini Perundungan pada Pelajar di Kota Pangkalpinang. Sosio Konsepsia, 7(2), 62–78. https://doi.org/10.33007/ska.v7i2.1199
Somad, M. A. (2021). Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Anak. Qalamuna: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama, 13(2), 171–186. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v13i2.882
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. ALFABETA.
UU Nomor 14 Tahun, 2005. (2005). UU Nomor 14 Tahun 2005.
Wahyuni, S., & Mukhaiyar, R. (2022). Evaluasi Diagnostik pada Mata Kuliah Praktikum Pengukuran Listrik Teknik Elektro Universitas Negeri Padang. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, 3(2), 14–17. https://doi.org/10.24036/jpte.v3i2.176
Wulandzari, A., & Surawan, S. (2025). Cyberbullying dan Krisis Remaja: Implikasinya Terhadap Mental dan Akademik Siswa SMA NU Palangka Raya. Jurnal QOSIM : Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 3(3), 1045–1053. https://doi.org/10.61104/jq.v3i3.1397
Yandri, H. (2014). Peran Guru BK/Konselor dalam Pencegahan Tindakan Bullying di Sekolah. Jurnal Pelangi, 7(1), 97–107. https://doi.org/10.22202/jp.v7i1.155
Yuliaharti, Y. (2018). Pembentukan Karakter Islami dalam Hadis dan Implikasinya Pada Jalur Pendidikan Non Formal. Potensia: Jurnal Kependidikan Islam, 4(2), 216–228. https://doi.org/https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/potensia.v4i2.5918
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.