Speech act dalam media sosial TikTok Gen Z Lombok Timur
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33132Keywords:
Tindak tutur, Gen Z, TikTok, Prakmatik, Lombok TimurAbstract
Penelitian ini bertujuan menganalisis bentuk, jenis, fungsi, dan makna tindakt utur (speech act) yang digunakan oleh Generasi Z di Lombok Timur dalam konten TikTok. Latar belakang penelitian ini berangkat dari fenomena meningkatnya penggunaan media sosial di kalangan Gen Z, khususnya TikTok, yang tidak hanya menjadi sarana hiburan tetapi juga ruang ekspresi diri, promosi budaya lokal, dan pembentukan identitas digital. Pendekatan yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui
observasi nonpartisipan terhadap video, caption, dan komentar yang diunggah
oleh pengguna Gen Z di Lombok Timur dalam rentang satu tahun terakhir. Data
dianalisis menggunakan teori tindak tutur Austin dan Searle yang meliputi
lokusi, ilokusi, dan perlokusi, serta kategori asertif, direktif, komisif, ekspresif,
dan deklaratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Gen Z Lombok Timur
menggunakan tindak tutur secara beragam untuk tujuan informatif, persuasif,
ekspresif, dan deklaratif, dengan ciri khas penggunaan bahasa gaul, campur
kode (Bahasa Indonesia–Inggris–Sasak), dan elemen multimodal seperti
gestur, musik, dan visual. Temuan ini mengindikasikan adanya pengaruh kuat
budaya lokal dan global dalam pola komunikasi digital Gen Z, serta relevansi
teori pragmatik dalam memahami interaksi di media sosial. Penelitian ini berkontribusi pada kajian pragmatik digital dan memberikan wawasan bagi pemanfaatan media sosial secara positif dan produktif.
Downloads
References
Austin, J. L. (1962). How to do
things with words. Oxford
University Press.
Badan Pusat Statistik Provinsi NTB.
(2023). Statistik penggunaan
media sosial di Nusa
Tenggara Barat. Badan Pusat
Statistik.
Chaer, A., & Agustina, L. (2010).
Sosiolinguistik: Perkenalan
awal. Rineka Cipta.
Dimock, M. (2019). Defining
generations: Where
Millennials end and
Generation Z begins. Pew
Research Center.
Dewi, R., & Delliana, R. (2020).
Media sosial sebagai sarana
pembentukan identitas. Jurnal
Komunikasi, 9(1), 33–42.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















