STRATEGI PENGELOLAAN SAMPAH KAWASAN WISATA DITEPIAN DANAU DIATAS UNTUK MEWUJUDKAN PARIWISATA BERKELANJUTAN

Authors

  • Islami yenti Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Nefilinda Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rozana Eka Putri Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33131

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis Permasalahan sampah di kawasan wisata ditepian danau diatas,Pengelolaan sampah di kawasan wisata ditepian danau diatas,Strategi pengelolaan sampah untuk mewujudkan pariwisata berkelanjutan di Kawasan wisata ditepian danau diatas.. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Informan penelitian terdiri dari Dinas Pariwisata, Dinas Lingkungan Hidup, pengelola wisata,serta pengunjung. Analisis data dilakukan menggunakan metode Miles dan Huberman, sedangkan perumusan strategi menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1)permasalahan sampah kawasan wisata ditepian Danau Diatas bersifat kompleks, ditandai dengan meningkatnya volume sampah, terutama saat akhir pekan dan musim liburan. Jenis sampah yang dominan adalah anorganik (plastik, botol, kemasan makanan) dan organik (sisa makanan, pembungkus daun) dengan titik rawan di Cemara Park, Pulau Batu, dan Sianik Sarumpun. Faktor penyebab utama adalah rendahnya kesadaran pengunjung dan minimnya fasilitas kebersihan.2)Pengelolaan sampah di kawasan wisata ditepian danau diatas masih belum baik secara struktural (keterbatasan fasilitas, minim koordinasi antar instansi) maupun kultural (rendahnya kesadaran dan norma sosial).3)Berdasarkan analisis SWOT, strategi yang dihasilkan mencakup:SO Strategy – Pelatihan Pokdarwis dan UMKM, pengembangan ekowisata edukatif, dan insentif bagi pelaku aktif.WO Strategy – Kerja sama eksternal untuk fasilitas dan pendanaan, sistem manajemen sampah terpadu, serta teknologi pelaporan.ST Strategy – Kampanye kebersihan saat puncak kunjungan, penguatan peran Pokdarwis sebagai edukator, dan promosi destinasi bersih.WT Strategy – Penyusunan SOP pengelolaan, koordinasi lintas instansi, audit fasilitas, dan insentif pengelola aktif.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aziz, A., & Zakir, F. (2022).

Pengelolaan Sampah di Kawasan

Wisata: Studi Kasus di Kota

Kendari. Jurnal Pariwisata

Berkelanjutan, 4(2), 112–123.

Charismana, C. A., Putra, H. R., &

Dewi, N. P. (2022). Pengelolaan

Sampah Berbasis Partisipasi

Masyarakat dalam Mendukung

Pariwisata Berkelanjutan. Jurnal

Ilmu Sosial dan Humaniora, 11(1),

45–56.

Dewan Perwakilan Rakyat Republik

Indonesia. (2008). Undang-Undang

Nomor 18 Tahun 2008 tentang

Pengelolaan Sampah. Jakarta:

Sekretariat Negara.

Hospitality & Journal. (2024).

Kolaborasi Pentahelix dalam

Pengelolaan Sampah Wisata.

Jurnal Pariwisata Nusantara, 8(1),

88–97.

Kasih, R., Lestari, F., & Putri, M.

(2023). Permasalahan dan Strategi

Pengelolaan Sampah di Destinasi

Wisata Alam. Jurnal Lingkungan

dan Pariwisata, 6(2), 134–146.Mahyudin, A. (2014). Pengelolaan

Sampah di Kawasan Wisata:

Tantangan dan Peluang. Jurnal

Pengelolaan Lingkungan, 5(1), 25–

36.

Masjhoer, M. (2017). Dampak

Sampah terhadap Kesehatan

Masyarakat di Kawasan Wisata

Pantai. Jurnal Kesehatan

Lingkungan, 9(2), 73–82.

Nilamsari, N. (2019). Sampah dan

Permasalahannya dalam

Perspektif Lingkungan. Jurnal

Ekologi dan Lingkungan, 3(2), 55–

64.

Nur, R. (2024). Perilaku Masyarakat

dalam Pengelolaan Sampah

Wisata. Jurnal Sosial dan

Lingkungan, 10(1), 21–32.

Rangkuti, F. (2006). Analisis SWOT:

Teknik Membedah Kasus Bisnis.

Jakarta: PT Gramedia Pustaka

Utama.

Rustiana, I., Wulandari, S., &

Pratama, A. (2024). Kendala

Pengelolaan Sampah di Kawasan

Wisata Situ Bagendit Garut. Jurnal

Administrasi Publik, 12(1), 41–50.

Sri, Y. (2024). Dampak Sampah

terhadap Ekosistem Perairan dan

Tanah. Jurnal Biologi dan

Lingkungan, 7(1), 13–22.

United Nations World Tourism

Organization. (2020). Sustainable

Tourism and Waste Management.

Madrid: UNWTO.

Wisnu Prayogo, H., Ananda, P., &

Putri, D. (2024). Edukasi dan

Kampanye Kebersihan dalam

Pengelolaan Sampah Wisata.

Jurnal Pariwisata dan Budaya,

15(2), 67–79.

Downloads

Published

2025-09-23