PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PJBL) TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI IPAS KELAS IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33079Keywords:
Model Project Based Learning (PJBL), Keterampilan Berpikir Kritis, Materi IPAS Kelas IVAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan berpikir kritis siswa pada materi IPAS, terkhusus pada lingkup IPS. Selain itu, proses pembelajaran yang dilakukan masih menggunakan metode ceramah yang lebih berpusat pada guru bukan pada siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model project based learning (PJBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi IPAS kelas IV sekolah dasar. Dan untuk mengetahui ada tidaknya peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan model project based learning (PJBL). Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian Quasi eksperimen. Dan diperoleh hasil bahwa dari hasil analisis uji-t terhadap nilai posttest kelas kontrol dan eksperimen memaparkan adanya pengaruh model project based learning (PJBL) terhadap keterampilan berpikir kritis siswa pada materi IPAS kelas IV sekolah dasar nilai sig 2-tailed sebasar 0,000 < 0,05. Selain itu, berdasarkan skor N-gain yang diperoleh oleh kelas eksperimen sebesar 0,5719 dengan N-gain pearson sebesar 57,19322, maka dapat dikatakan bahwa terdapat peningkatan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi IPAS kelas IV setelah dilaksanakannya pembelajaran dengan menggunakan model project based learning (PJBL). Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa model project based learning (PJBL) memiliki pengaruh yang signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada materi IPAS kelas IV sekolah dasar.Downloads
References
Amruddin., et. al (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Sukoharjo: Pradina Pustaka.
Anggraeni, Y. D., Festiyed, & Asrizal. (2019). Meta-Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik SMA. Pilar of Physics Education, 12(4), 881–888.
Dewi, M. R. (2023). Advantages And Disadvantages of Project-Based Learning for Strengthening the Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213-226.
Dewi, Silvy. A., et. al. (2023). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis IPAS Menggunakan Model PBL Berbantuan E-Book Interaktif Pada Siswa Kelas IV. Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6761–6773.
Fadilah, N., et. al. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Project based learning Pada Mata Pelajaran IPS Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas V SDN Peterongan Semarang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD FKIP Universitas Mandiri, 9(2), 4412–4421.
Hardani., et. al, (2020). Metode penelitian kualitatif & kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Ilmu.
Magdalena, Ina., et. al. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 4 Dalam Pembelajaran IPS Di SDN Pondok Bahar 02. Pandawa : Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(2), 259–268.
Muharromah, T. R., Fadiawati, N., & Saputra, A. (2019). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Proyek Daur Ulang Minyak Jelantah dalam Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Kimia, 8(2), 417–429.
Muis, A., & Dewi, L. (2021). Day Care Management Course Design Based on OBE And PJBL for Teacher Education of Early Childhood Education Program. Inovasi Kurikulum, 18(2), 128-140.
Nasrullah. (2022). Pembelajaran IPS (Teori dan Praktik). Banjarmasin: UIN Antasari.
Nugroho, A. T., Jalmo, T., & Surbakti, A. (2019). Pengaruh Model Project based learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kreatif. Jurnal Bioterdidik, 7(3), 50–58
Qodarsih, Fitri. Y., et, al. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Dan Keterampilan Komunikasi Siswa Kelas IV Dengan Model Pembelajaran Talking Stick Berbantu Media Poster. DE_JOURNAL (Dharmas Education Journal), 4(1), 413–425.
Rosiyanah, S. (2021). Keterampilan Berpikir Kritis Dalam Pembelajaran Berbasis Masalah Berbantuan Situs Jejaring Sosial Edmodo. Didaktika Pendidikan Dasar, 5(2), 487–506.
Saputro Aji, O., & Rayahu Sri, T. (2020). Perbedaan Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Project based learning (PJBL) Dan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Monopoli Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis. JIPP, 4(1), 51-59.
Sihombing, D. (2020). Meningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Model Project based learning. Jurnal Global Edukasi, 4(1), 47–54.
Sugiyono, (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
Suhelayanti. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS). In Yayasan Kita Menulis
Widana, I. W. (2020). Meta-Analysis: The Relationship Between Self-Regulated Learning and Mathematical Critical Reasoning. Education.Innovation. Diversity, 1(4), 64–75
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.