PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBANTU MEDIA KARTU DOMINO UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPAS KELAS IV DI SDN 01 WONOLOPO

Authors

  • Moefty Mahendra Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo
  • Irna Ratnasari Universitas Veteran Bangun Nusantara Sukoharjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33031

Keywords:

Domino card, Learning outcomes, Problem Based Learning

Abstract

The objective of this research was to improve learning outcomes through a problem- based learning model assisted by domino media in the Grade IV Social Science subject at SDN 01 Wonolopo in the 2024/2025 academic year. The design of this research was classroom action research (CAR). Data collection techniques in this study included tests and non-test instruments (observations). The collected data were analyzed using a quantitative descriptive analysis method. The research design followed the Kemmis and McTaggart model. The results of the research showed an improvement in Social Science learning outcomes for Grade IV students at SDN 01 Wonolopo. This was evident from the evaluation data, which showed that the mean score before the action was 60.75, with a classical learning mastery percentage of 37.5%. After the implementation of the action in Cycle I, the mean score increased to 73.25, and the percentage of classical learning mastery rose to 68.75%. Following the implementation of the action in Cycle II, the mean score further increased to 80.5, and the percentage of classical learning mastery reached 81.25%

Downloads

Download data is not yet available.

References

maksimal dalam mengkondisikan

siswa atau mengelola kelas.

Hasil pengamatan kegiatan

belajar siswa pada proses belajar

mengajar pada siklus I termasuk

dengan kategori baik dengan

persentase 79,41%. Ini disebabkan

oleh beberapa indikator penilaian

belum dilaksanakan secara optimal,

seperti siswa masih malu-malu atau

kurang berani saat menjawab

pertanyaan dari guru atau bertanya

kepada guru dan kurang

memperhatikan presentasi dari

kelompok lain.

Penggunaan model

pembelajaran dikombinasikan dengan

media pembelajaran berupa kartu

domino IPA terbukti efektif

meningkatkan nilai hasil belajar

peserta didik. Media kartu domino

IPAS melengkapi model PBL dapat

meningkatkan efektivitas proses

belajar sehingga hasil belajar siswa

mengalami kemajuan. Permainan

edukatif menjadikan pembelajaran

lebih menyenangkan, membuat siswa

lebih antusias sehingga siswa

terdorong untuk belajar dan terlibat

aktif dalam aktivitas kegiatan belajar.

Hal ini terbukti terealisasi pada hasil

belajar siklus II. Pada siklus II,

aktivitas siswa dalam pembelajaran

IPAS dengan menerapkan model PBL

mencapai persentase 91,17%, yang

termasuk dalam kategori baik sekali

dan menunjukkan peningkatan dari

siklus I, terdapat kemajuan seperti

seperti para siswa sudah

menunjukkan keberanian dengan

percaya diri menjawab pertanyaan

guru, tanpa ragu-ragu dan

mengajukan pertanyaan sendiri

mengenai materi yang belum

dimengerti dengan menerapkan

model PBL berbantuan media kartu

domino yang berbasis permainan

edukatif siswa dapat lebih aktif dan

membuat suasana kelas menjadi

menyenangkan selama proses belajar

berlangsung serta dapat

membangkitkan semangat belajar

siswa untuk mengikuti keseluruhan

aktivitas pembelajaran sehingga

mempengaruhi hasil belajar yang

optimal. Hasil belajar siklus II

menunjukkan jika pemahaman siswa

pada materi transformasi energi

meningkat setelah diadakannya

perbaikan-perbaikan yang dilakukan

guru pada siklus II.

Siklus II dilakukan sebagai

tindak lanjut perbaikan dari siklua I

yang belum mencapai kerberhasilan

penelitian. Hasil observasi kinerja

guru pada siklus II ini tergolong dalam

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)