Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Materi Kekayaan Budaya Indonesia Kelas IV SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33014Keywords:
Wordwall, media interaktif, motivasi belajar, IPS, kekayaan budaya Indonesia.Abstract
Perkembangan teknologi yang pesat di bidang pendidikan mendorong guru untuk mengintegrasikan media interaktif seperti Wordwall untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa, khususnya pada pembelajaran IPS materi kekayaan budaya Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses penggunaan media interaktif Wordwall, menganalisis motivasi belajar siswa, dan mengetahui respon siswa dalam pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi Kekayaan Budaya Indonesia di kelas IV SDIT Al-Khairiyah Cilegon. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, serta analisis data menggunakan teknik analisis tematik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memilih materi budaya karena memiliki daya tarik visual dan relevansi dengan kehidupan siswa. Guru menyesuaikan konten pembelajaran dalam permainan Wordwall, merancang kegiatan pembelajaran, dan mengimplementasikannya secara langsung di kelas. Motivasi belajar siswa tercermin dari antusiasme, perhatian, dan minat yang tinggi selama proses pembelajaran. Respon siswa menunjukkan keterlibatan aktif, seperti rasa tertantang, refleksi terhadap materi, dan kemudahan dalam memahami konsep. Penggunaan Wordwall menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa.
Downloads
References
Faradila, Zira Putri. 2024. “Peran Perencanaan Dalam Mewujudkan Pembelajaran Yang Aktif Dan Menarik.” Karimah Tauhid 3 (5): 6046–53. https://doi.org/10.30997/karimahtauhid.v3i5.13282.
Kemendikbudristek. 2021. “Panduan Pembelajaran Dan Asesmen Kurikulum Merdeka.” Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia, 123.
Larasati, Siti Quraini Fitroh, Muhammad Yudha Alfaridzi. 2024. “Implementasi Metode Pembelajaran Aktif Pada Pendidikan Dasar Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis.” Prosiding Seminar Nasional Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Sultan Ageng Tirtayasa, 364–68.
Lestari, Rizki Dwi. 2021. “Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Wordwall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021.” Jurnal Ilmiah Profesi Guru 2 (2): 111–16. https://doi.org/10.30738/jipg.vol2.no2.a11309.
Ma’rifah, Maulina Zaidatul, and Mawardi Mawardi. 2022. “Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Hyflex Learning Berbantuan Wordwall.” Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan 12 (3): 225–35. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p225-235.
Mera Putri Dewi, Neviyarni, Irdamurni. 2020. “Perkembangan Bahasa, Emosi, Dan Sosial Anak Usia Sekolah Dasar [Language, Emotional, and Social Development in Primary School-Aged Children].” Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar 7 (1): 1.
Miladiyah, Fatkhiatul, Ikhrom Ikhrom, and Raharjo Raharjo. 2023. “Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Masa Reopening.” JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan 6 (10): 7811–16. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i10.2487.
Mulyani, Sri, Tutik Poncowati, Tri Eni Widiyawati, Triana Sayekti Peni, and Puji Lestari. 2024. “Strategi Integrasi Pembelajaran Digital Dalam Kurikulum Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Engagement Siswa.” Jurnal Ilmiah Multidisipliner 8 (12): 2118–7300. https://oaj.jurnalhst.com/index.php/jim/article/view/7591.
Munir. 2019. Pembelajaran Digital. Bandung: Alfabeta.
Nasution, S. I., & Aqilla, A. S. 2025. “Pengembangan Empati Dan Kepedulian Sosial Melalui Pembelajaran Ips Sd.” Jurnal PIPSI (Jurnal Pendidikan IPS Indonesia) 10 (2): 189–98.
Rahma, Febrizka Alya, Hary Soedarto Harjono, and Urip Sulistyo. 2023. “Problematika Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Digital.” Jurnal Basicedu 7 (1): 603–11. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i1.4653.
Rahman,A.; Lestari, S. 2021. Inovasi Pembelajaran Interaktif Di Era Merdeka Belajar. Bandung: Alfabeta.
Ramdhani,M.A.;Mulyani, S. 2021. Penggunaan Media Digital Interaktif Dalam Pembelajaran. Bandung: Pustaka Setia.
Rochani, Sri. 2023. “Identifikasi Motivasi Intrinsik Dan Ekstrinsik Siswa Dan Hubungannya Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Biologi.” Jurnal Lingkar Mutu Pendidikan 20 (2): 83–89. https://doi.org/10.54124/jlmp.v20i2.101.
Sukardi. 2019. Pengantar Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Susilana,R.;Riyana, C. 2020. Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan,Pemnafaatn,Dan Evaluasi. Bandung: Cv. Wacana Prima.
Syamsurijal, Syamsurijal, Bellonah Mardatillah Sabillah, Ulfayani Hakim, and Irsan Irsan. 2023. “Relevansi Penggunaan Metode Ceramah Pada Pembelajaran Di Sekolah Dasar Di Era Digital.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 5 (4): 1758–67. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i4.5495.
Uno, Hamzah B. 2019. Teori Motivasi Dan Pengukurannya. Analisis Di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Wahyuni Puspitasari, Endang, Nur Fadliyah, and Etty Ratnawati. 2024. “``Word Wall Sebagai Media Interaktif Dalam Mengajarkan Materi Tentang Perlawanan Terhadap Kolonialisme Dan Imperalialisme Di Indonesia``.” JSPH : Jurnal Sosial Politik Humaniora 1 (2): 9–20. https://doi.org/10.59966/jsph.v1i2.1268.
Wibowo, A.; Sari, D.P. 2021. Inovasi Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Digital. Yogyakarta: Deepublish.
Zulela, M.S.; Sugiarto.E. 2020. Pengembangan Pembelajaran Literasi Di Sekolah Dasar. Jakarta: Universitas Negeri Jakarta Press.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















