PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ASWAJA SYAMSUL FALAH PADA MATA PELAJARAN PPKN

Authors

  • Muh. Tahir Universitas Mataram
  • Mohamad Mustari Universitas Mataram
  • M. Samsul Hadi Universitas Mataram
  • Muh. Zubair Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33012

Keywords:

Teams Games Tournament (TGT), Student Learning Motivation, PPKn

Abstract

This reseach aims to apply the Teams Games Tournament (TGT) cooperativelearning model in an effort to increase the learning motivation of eighth gradestudents of Aswaja Syamsul Falah Islamic Middle School in the subject of PPKn.The method used is Classroom Action Research, with data collection techniquesincluding observation, questionnaires, and documentation. The research stagesinclude initial observation, planning, implementation of actions, observation duringthe action, and reflection. The subjects of this study were eighth grade students ofAswaja Syamsul Falah Islamic Middle School. The results of the study in Cycle I,the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learningmodel reached 48%, while the increase in student learning motivation reached56%. Furthermore, in Cycle II, the implementation of the Teams GamesTournament (TGT) cooperative learning model increased to 76%, and studentlearning motivation reached 76%. Then in Cycle III, the Teams Games Tournament(TGT) cooperative learning model succeeded in reaching 96%, and studentlearning motivation increased to 97%. Thus, it can be concluded that thecooperative learning model of the Teams Games Tournament (TGT) type canincrease the learning motivation of class VIII students of Aswaja Syamsul FalahIslamic Middle School in the PPKn subject.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017)

Motivasi dan Prestasi Belajar

Siswa di Indonesia: Kajian

Meta-Analisis

Arfiyah, A., Mulyani, S., & Saputro, S.

(2016). Pengaruh

Pembelajaran Problem Based

Learning (PBL) Dilengkapi

Dengan Kompendium Al-

Qur'an Terhadap Minat Dan

Prestasi Belajar Siswa (Pokok

Bahasan Konsep Mol Kelas X

Matematika Dan Ilmu Alam

(Mia) Man 2 Madiun Semester

Genap Tahun Pelajaran

2014/2015). Jurnal Pendidikan

Kimia, 5(1), 96-104

Budiyanto, A, K. 2016. SINTAKS 45

Metode Pembelajaran Dalam

Student Centered. Malang:

Universitas Muhammadiyah

Malang.

Dalyono, M. 2007. Psikologi

Pendidikan. Jakarta:

Rineka Cipta

Fauziyah, Nur Endah Hikmah, and

Indri Anugraheni. "Pengaruh

Model Pembelajaran TGT

(Teams Games Tournament)

Ditinjau dari Kemampuan

Berpikir Kritis Pada

Pembelajaran Tematik di

Sekolah Dasar." Jurnal

Basicedu 4.4 (2020): 850-860.

Hariyanto. (2020). Buku Ajar

Pendidikan

Kewarganegaraan

(Pkn)

(Bagdawansyah

Alqadri (ed.);

Cetakan 1). Sanabil.

Heryadi, Dedi. (2010). Metode

Penelitian Pendidikan Bahasa.

Bandung: Pustaka Billah.

Huda, M. (2015). Cooperative

Learning Metode, Teknik,

Struktur dan Model Penerapan.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Iskandar Dadang dan Narsim. (2015).

Penelitian Tindakan Kelas dan

Publikasinya Untuk Kenaikan

Pangkat dan Golongan Guru &

Pedoman Penulisan PTK Bagi

Mahasiswa. Cilacap: Ihya

Media.

Ismail, M., et al. "Efektivitas

Pembelajaran Daring Di Masa

Pendemi Covid-19 Pada

Mahasiswa Prodi PPKN FKIP

Unram." Jisip (jurnal ilmu sosial

dan pendidikan) 5.4 (2021).

Kurniawansyah, E., Fauzan, A., &

Mustari, M. (2023). Peran Guru

PPKn dalam Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa di SMA

Muhammadiyak Sumbawa

8(2), 1175-1179.

Magdalena, I., Haq, A, S., &

Ramdhan, F. 2020.

“Pembelajaran Pendidikan

Kewarganegaraan Di Sekolah

Dasar Negeri Bojong 3

Pinang.” Jurnal Pendidikan

Dan Sains 2(3):418–30.

Malistuti, E., Syahza, A., & Suarman,

S. (2022). Faktor Penentu

Motivasi Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran Ekonomi Di

Sma Negeri Kecamatan

Tambang JURNAL PAJAR

(Pendidikan Dan Pengajaran),

6(2), 446.

https://doi.org/10.33578/pjr.v6i

2.8664

Murakibuddin, M. (2021).

Meningkatkan Motivasi HasilBelajar Pai Dengan Metode

Blended Learning Sma Negeri

1 Sungai Loban. Prosiding

Pendidikan Profesi 7(1),2077-

2088.

Mustari, Muhamad, and M. Taufiq

Rahman. (2012). Pengantar

metode penelitian. Yogyakarta:

LaksBang Pressindo.

Nurjumiati, Lalu, S., Sawaludin, & Edy,

H. (2023). Penggunaan Media

Pembelajaran Video Animasi

Pada Pembelajaran Ppkn Dan

Dampaknya Terhadap Hasil

Belajar Siswa. 97(16), 1570.

Raharjo, Alfianto Mugi, And Hadi

Susarno. "Pengaruh

Penerapan Model

Pembelajaran Kooperatif Tipe

Teams Games Tournament

(TGT) Terhadap Motivasi

Belajar Siswa Kelas X Pada

Mata Pelajaran PKN SMK

Negeri 1 Driyorejo Gresik."

Respati, A. D. (2013). Penerapan

model pembelajaran kooperatif

tipe TGT untuk meningkatkan

prestasi belajar akuntansi.

Jurnal Penelitian UNS. 1 (2),

hlm. 1-10

Rosyida, Saufani, M. Ismail, and

Sukardi Sukardi. "Pengaruh

model pembelajaran circuit

learning (cl) berbantuan media

kartu soal terhadap hasil

belajar pkn." Jurnal pendidikan

sosial keberagaman 5.2

(2018).

Shoimin, A. (2017). 68 Model

Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013. Ar-Ruzz

Media.

Shoimin, Aris, 2014. Model

Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta:

Ar Ruzz Media.

Slavin, R. E. Cooperative Learning:

Teori, Riset, Dan Praktik.

Bandung, Indonesia: Nusa

Media, 2010.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative

Learning. London: Allymand

Bacon.

Sudirman, M., & Amin, A. (2022).

Motivasi Belajar Menurut Al

Qur'an: Analisis Surat Ar-Rad

Ayat 11. Annizom,

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung: Alfabet.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian

Pendidikan. Bandung.

Bandung

Suharyanto,A.(2013).Peranan

Pendidikan Kewarganegaraan

dalam membina sikap toleransi

anta rsiswa.Jurnal Ilmu

Pemerintahan dan Sosial

Politik, 2(1) ,192-203.

Sulistyo, Ignatius. "Peningkatan

motivasi belajar dengan

menerapkan Model

Pembelajaran Kooperatif TGT

pada Pelajaran PKN." Jurnal

Studi Sosial/Journal of Social

Studies 4.1 (2016).

Suryadin, A. (2011). Penelitian

Tindakan Kelas dan Supervisi

Akademik.

Bandung: Rajawali Pers.

Suryani, Tuti. "Upaya meningkatkan

hasil belajar PPKn

menggunakan model

pembelajaran kooperatif tipe

teams game tournament (TGT)

siswa." Wahana Didaktika:

Jurnal Ilmu Kependidikan 20.1

(2022): 68-81.

Suryani, Tuti. "Upaya meningkatkan

hasil belajar ppkn

menggunakan model

pembelajaran kooperatif tipe

teams game tournament (TGT)

siswa." Wahana Didaktika:

Jurnal Ilmu Kependidikan 20.1

(2022): 68-81.

Tria, Febi. Penerapan Model

Pembelajaran Teams GamesTournament (Tgt) Dengan

Berbantuan Media Permainan

Monopoli Untuk Meningkatkan

Motivasi Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran IPAS Kelas IV

SDN 003/IX Senaung. Diss.

Universitas Jambi, 2024.

Umam, Fahrurrizal, Bagdawansyah

Alqadri, and Muhammad

Ismail. "Pelaksanaan

pembelajaran daring di prodi

PPKn FKIP Universitas

Mataram." Jurnal Pendidikan

Sosial Keberagaman 9.1

(2022): 49-56.

Yelvia, S. (2019). Analisis Motivasi

Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Ekonomi Bisnis Di

Sekolah Menengah Kejuruan

Negeri 6 Pekanbaru. Rabit:

Jurnal Teknologi Dan Sistem

Informasi Univrab, 1(1), 2019.

Yuliawati, Anak Agung Ngurah.

"Penerapan model

pembelajaran TGT (Teams

Games Tournament) untuk

meningkatkan motivasi

belajar." Indonesian Journal of

Educational Development

(IJED) 2.2 (2021): 356-364.

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)