PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA KELAS VIII SMP ISLAM ASWAJA SYAMSUL FALAH PADA MATA PELAJARAN PPKN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33012Keywords:
Teams Games Tournament (TGT), Student Learning Motivation, PPKnAbstract
This reseach aims to apply the Teams Games Tournament (TGT) cooperativelearning model in an effort to increase the learning motivation of eighth gradestudents of Aswaja Syamsul Falah Islamic Middle School in the subject of PPKn.The method used is Classroom Action Research, with data collection techniquesincluding observation, questionnaires, and documentation. The research stagesinclude initial observation, planning, implementation of actions, observation duringthe action, and reflection. The subjects of this study were eighth grade students ofAswaja Syamsul Falah Islamic Middle School. The results of the study in Cycle I,the implementation of the Teams Games Tournament (TGT) cooperative learningmodel reached 48%, while the increase in student learning motivation reached56%. Furthermore, in Cycle II, the implementation of the Teams GamesTournament (TGT) cooperative learning model increased to 76%, and studentlearning motivation reached 76%. Then in Cycle III, the Teams Games Tournament(TGT) cooperative learning model succeeded in reaching 96%, and studentlearning motivation increased to 97%. Thus, it can be concluded that thecooperative learning model of the Teams Games Tournament (TGT) type canincrease the learning motivation of class VIII students of Aswaja Syamsul FalahIslamic Middle School in the PPKn subject.Downloads
References
Adiputra, S., & Mujiyati, M. (2017)
Motivasi dan Prestasi Belajar
Siswa di Indonesia: Kajian
Meta-Analisis
Arfiyah, A., Mulyani, S., & Saputro, S.
(2016). Pengaruh
Pembelajaran Problem Based
Learning (PBL) Dilengkapi
Dengan Kompendium Al-
Qur'an Terhadap Minat Dan
Prestasi Belajar Siswa (Pokok
Bahasan Konsep Mol Kelas X
Matematika Dan Ilmu Alam
(Mia) Man 2 Madiun Semester
Genap Tahun Pelajaran
2014/2015). Jurnal Pendidikan
Kimia, 5(1), 96-104
Budiyanto, A, K. 2016. SINTAKS 45
Metode Pembelajaran Dalam
Student Centered. Malang:
Universitas Muhammadiyah
Malang.
Dalyono, M. 2007. Psikologi
Pendidikan. Jakarta:
Rineka Cipta
Fauziyah, Nur Endah Hikmah, and
Indri Anugraheni. "Pengaruh
Model Pembelajaran TGT
(Teams Games Tournament)
Ditinjau dari Kemampuan
Berpikir Kritis Pada
Pembelajaran Tematik di
Sekolah Dasar." Jurnal
Basicedu 4.4 (2020): 850-860.
Hariyanto. (2020). Buku Ajar
Pendidikan
Kewarganegaraan
(Pkn)
(Bagdawansyah
Alqadri (ed.);
Cetakan 1). Sanabil.
Heryadi, Dedi. (2010). Metode
Penelitian Pendidikan Bahasa.
Bandung: Pustaka Billah.
Huda, M. (2015). Cooperative
Learning Metode, Teknik,
Struktur dan Model Penerapan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Iskandar Dadang dan Narsim. (2015).
Penelitian Tindakan Kelas dan
Publikasinya Untuk Kenaikan
Pangkat dan Golongan Guru &
Pedoman Penulisan PTK Bagi
Mahasiswa. Cilacap: Ihya
Media.
Ismail, M., et al. "Efektivitas
Pembelajaran Daring Di Masa
Pendemi Covid-19 Pada
Mahasiswa Prodi PPKN FKIP
Unram." Jisip (jurnal ilmu sosial
dan pendidikan) 5.4 (2021).
Kurniawansyah, E., Fauzan, A., &
Mustari, M. (2023). Peran Guru
PPKn dalam Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa di SMA
Muhammadiyak Sumbawa
8(2), 1175-1179.
Magdalena, I., Haq, A, S., &
Ramdhan, F. 2020.
“Pembelajaran Pendidikan
Kewarganegaraan Di Sekolah
Dasar Negeri Bojong 3
Pinang.” Jurnal Pendidikan
Dan Sains 2(3):418–30.
Malistuti, E., Syahza, A., & Suarman,
S. (2022). Faktor Penentu
Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran Ekonomi Di
Sma Negeri Kecamatan
Tambang JURNAL PAJAR
(Pendidikan Dan Pengajaran),
6(2), 446.
https://doi.org/10.33578/pjr.v6i
2.8664
Murakibuddin, M. (2021).
Meningkatkan Motivasi HasilBelajar Pai Dengan Metode
Blended Learning Sma Negeri
1 Sungai Loban. Prosiding
Pendidikan Profesi 7(1),2077-
2088.
Mustari, Muhamad, and M. Taufiq
Rahman. (2012). Pengantar
metode penelitian. Yogyakarta:
LaksBang Pressindo.
Nurjumiati, Lalu, S., Sawaludin, & Edy,
H. (2023). Penggunaan Media
Pembelajaran Video Animasi
Pada Pembelajaran Ppkn Dan
Dampaknya Terhadap Hasil
Belajar Siswa. 97(16), 1570.
Raharjo, Alfianto Mugi, And Hadi
Susarno. "Pengaruh
Penerapan Model
Pembelajaran Kooperatif Tipe
Teams Games Tournament
(TGT) Terhadap Motivasi
Belajar Siswa Kelas X Pada
Mata Pelajaran PKN SMK
Negeri 1 Driyorejo Gresik."
Respati, A. D. (2013). Penerapan
model pembelajaran kooperatif
tipe TGT untuk meningkatkan
prestasi belajar akuntansi.
Jurnal Penelitian UNS. 1 (2),
hlm. 1-10
Rosyida, Saufani, M. Ismail, and
Sukardi Sukardi. "Pengaruh
model pembelajaran circuit
learning (cl) berbantuan media
kartu soal terhadap hasil
belajar pkn." Jurnal pendidikan
sosial keberagaman 5.2
(2018).
Shoimin, A. (2017). 68 Model
Pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013. Ar-Ruzz
Media.
Shoimin, Aris, 2014. Model
Pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta:
Ar Ruzz Media.
Slavin, R. E. Cooperative Learning:
Teori, Riset, Dan Praktik.
Bandung, Indonesia: Nusa
Media, 2010.
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative
Learning. London: Allymand
Bacon.
Sudirman, M., & Amin, A. (2022).
Motivasi Belajar Menurut Al
Qur'an: Analisis Surat Ar-Rad
Ayat 11. Annizom,
Sugiyono. (2011). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung: Alfabet.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian
Pendidikan. Bandung.
Bandung
Suharyanto,A.(2013).Peranan
Pendidikan Kewarganegaraan
dalam membina sikap toleransi
anta rsiswa.Jurnal Ilmu
Pemerintahan dan Sosial
Politik, 2(1) ,192-203.
Sulistyo, Ignatius. "Peningkatan
motivasi belajar dengan
menerapkan Model
Pembelajaran Kooperatif TGT
pada Pelajaran PKN." Jurnal
Studi Sosial/Journal of Social
Studies 4.1 (2016).
Suryadin, A. (2011). Penelitian
Tindakan Kelas dan Supervisi
Akademik.
Bandung: Rajawali Pers.
Suryani, Tuti. "Upaya meningkatkan
hasil belajar PPKn
menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe
teams game tournament (TGT)
siswa." Wahana Didaktika:
Jurnal Ilmu Kependidikan 20.1
(2022): 68-81.
Suryani, Tuti. "Upaya meningkatkan
hasil belajar ppkn
menggunakan model
pembelajaran kooperatif tipe
teams game tournament (TGT)
siswa." Wahana Didaktika:
Jurnal Ilmu Kependidikan 20.1
(2022): 68-81.
Tria, Febi. Penerapan Model
Pembelajaran Teams GamesTournament (Tgt) Dengan
Berbantuan Media Permainan
Monopoli Untuk Meningkatkan
Motivasi Belajar Siswa Pada
Mata Pelajaran IPAS Kelas IV
SDN 003/IX Senaung. Diss.
Universitas Jambi, 2024.
Umam, Fahrurrizal, Bagdawansyah
Alqadri, and Muhammad
Ismail. "Pelaksanaan
pembelajaran daring di prodi
PPKn FKIP Universitas
Mataram." Jurnal Pendidikan
Sosial Keberagaman 9.1
(2022): 49-56.
Yelvia, S. (2019). Analisis Motivasi
Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Ekonomi Bisnis Di
Sekolah Menengah Kejuruan
Negeri 6 Pekanbaru. Rabit:
Jurnal Teknologi Dan Sistem
Informasi Univrab, 1(1), 2019.
Yuliawati, Anak Agung Ngurah.
"Penerapan model
pembelajaran TGT (Teams
Games Tournament) untuk
meningkatkan motivasi
belajar." Indonesian Journal of
Educational Development
(IJED) 2.2 (2021): 356-364.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.