PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN TALKING STICK CANDY DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KELAS IV SD

Authors

  • Citra Sekar Putri Juana Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Galuh Kartika Dewi Universitas PGRI Delta Sidoarjo
  • Ery Rahmawati Universitas PGRI Delta Sidoarjo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.33009

Keywords:

Talking Stick Candy Media, Learning Outcomes

Abstract

Learning outcomes are identifiable and measurable changes in an individual's behavior related to their knowledge, attitudes, and abilities in relation to classroom learning activities. Although students were divided into groups, researchers found that certain aspects of the students made them feel less involved in the classroom learning process. The purpose of this study was to use Talking Stick Candy learning materials to improve learning outcomes. Talking Stick Candy is an appropriate medium for IPAS learning because it is interactive and packaged in the form of a game. The research and development (R&D) technique developed by Borg and Gall was modified by the author. A total of 20 fourth-grade students from SDN Watukosek participated in this study. The material validation scored 91% (very good), and the media validation questionnaire scored 84% (very good). With the initial pre- test score falling into the good category at 44% and the post-test score rising to 80.9% in the very good category, student learning outcomes showed improvement. With a positive response rate of 88.83 (strongly agree), it can be concluded that fourth-grade students at SDN Watukosek responded positively to the use of the Talking Stick Candy media, which has proven successful in improving learning outcomes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

sangat terkait dengan filosofi ini.

Penggunaan media berbentuk tongkat,

yang merupakan alat untuk menentukan

urutan di mana siswa menjawab

pertanyaan atau berbagi pemikiran mereka

setelah mempelajari materi yang diberikan,

adalah salah satu strategi pengajaran yang

sejalan dengan metodologi ini.

Penerapan bahan pembelajaran

Talking Stick harus mengikuti fase-fase

yang telah ditentukan. Untuk memastikan

kesesuaiannya, media pembelajaran juga

harus melalui prosedur validasi yang

mencakup baik media maupun kontennya.

Berdasarkan hasil evaluasi, media Talking

Stick Candy memperoleh skor validasi

84%, artinya media ini sangat sesuai untuk

digunakan dalam kegiatan pendidikan.

Sementara itu, skor validasi konten

mencapai 91%, artinya informasi dalam

media ini cukup sesuai untuk

didistribusikan kepada siswa sekolah

dasar kelas empat.

Mengukur media Talking Stick

Candy terhadap hasil belajar siswa

merupakan tujuan utama penelitian ini.

Pertanyaan pra-tes dan pasca-tes

digunakan untuk menunjukkan hal ini.

Berdasarkan hasil pra-tes, 44% siswa

memperoleh skor di bawah ambang batas

<75, yang merupakan persyaratan Kriteria

Kompetensi Minimum (KKTP). Namun,

setelah penggunaan media ini, 80,9%

siswa memperoleh skor di atas 75 pada

posttest, menunjukkan peningkatan yang

signifikan. N-Gain digunakan untuk

menentukan skor peningkatan, dan

hasilnya adalah 0,946, yang masuk dalam

rentang tertinggi.

Oleh karena itu, dapat disimpulkan

bahwa penggunaan media Talking Stick

Candy dapat meningkatkan hasil belajar

siswa. Selain itu, analisis kuesioner yang

dilakukan oleh peneliti terhadap lembar

hasil belajar siswa menunjukkan skor rata-

rata sebesar 86,83%, yang masuk dalam

kategori sangat valid.

E. Kesimpulan

Dari penjelasan sebelumnya, jelas

bahwa media Talking Stick Candy dapat

digunakan sebagai alat bantu dalam proses

pendidikan. Para ahli telah menganalisis

desain dan validitas konten media tersebut,

dan siswa kelas empat di SDN Watukosek

telah berpartisipasi dalam uji coba.

Berdasarkan hasil kuesioner validasi,

media tersebut memperoleh skor 84%

untuk unsur-unsur media dan 91% untuk

aspek konten, keduanya diklasifikasikan

sebagai sangat layak.

Selain itu, skor N-Gain sebesar

0.946, yang dikategorikan sebagai tinggi,

menunjukkan seberapa efektif media ini

dalam meningkatkan hasil belajar. Studi

ini menunjukkan bagaimana penggunaan

Talking Stick Candy dapat meningkatkan

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>