MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN BILANGAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL IKHSAN BEKASI

Authors

  • Sekar Ayu Cahyaningrum Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yon AE Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Nina Yuminar Priyanti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32982

Keywords:

Penelitian Tindakan Kelas, Pengenalan Bilangan, Media Pembelajaran berbasis Wordwall

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak kelompok A melalui media pembelajaran berbasis Wordwall di TK Islam Al Ikhsan Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model tindakan Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 7 anak. Data dikumpulkan melalui obervasi dan wawancara kepada guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan bilangan 1-10 pada setiap siklus. Pada pra-siklus, rata-rata skor yang diperoleh anak adalah 29,28 (49%). Setelah penerapan tindakan pada siklus I, rata-rata skor meningkat menjadi 48,71 (81%) dan pada siklus II mencapai 59,57 (99%). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak usia dini, khususnya kelompok A di TK Islam Al Ikhsan Bekasi.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Andari, V., Qurniawan, M., & Samsudin, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus pada Kelas III di SDN Segulung 03, Dagangan, Madiun). Social Science Academic, 2(1), 139–146. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i1.4832

Cahyono, B. T., Bintoro, I. N., & Nugroho, W. (2022). Pemanfaatan E-Learning Platform Wordwall Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Bagi Guru Tk Di Kabupaten Banyuwangi. Khidmatuna: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–46.

Fitria, R. A., Naimah, N., & Diana, R. R. (2021). Pengaruh Media Kartu Angka (Flash Card) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Autism. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 213–218. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.119

Nirwana, Hermawati, Ruspa, A. R., & Muklim, M. (2023). Media Pembelajaran Interaktif pada Anak Usia Dini TK Kristen Hosana Terpadu. BANDWIDTH: Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 01(01), 44–56.

Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word-Wall sebagai Media Game-Base Learning untuk Bahasa Arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151–169. https://doi.org/10.33754/jalie.v5i1.337

Downloads

Published

2025-09-11