MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENGENALAN BILANGAN MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WORDWALL PADA ANAK KELOMPOK A DI TK ISLAM AL IKHSAN BEKASI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32982Keywords:
Penelitian Tindakan Kelas, Pengenalan Bilangan, Media Pembelajaran berbasis WordwallAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak kelompok A melalui media pembelajaran berbasis Wordwall di TK Islam Al Ikhsan Bekasi. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model tindakan Kemmis dan McTaggart yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri atas tiga kali pertemuan. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A yang berjumlah 7 anak. Data dikumpulkan melalui obervasi dan wawancara kepada guru kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan pengenalan bilangan 1-10 pada setiap siklus. Pada pra-siklus, rata-rata skor yang diperoleh anak adalah 29,28 (49%). Setelah penerapan tindakan pada siklus I, rata-rata skor meningkat menjadi 48,71 (81%) dan pada siklus II mencapai 59,57 (99%). Temuan ini menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran berbasis Wordwall efektif dalam meningkatkan kemampuan pengenalan bilangan pada anak usia dini, khususnya kelompok A di TK Islam Al Ikhsan Bekasi.Downloads
References
Andari, V., Qurniawan, M., & Samsudin, S. (2024). Pengembangan Bahan Ajar Digital Wordwall pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah (Studi Kasus pada Kelas III di SDN Segulung 03, Dagangan, Madiun). Social Science Academic, 2(1), 139–146. https://doi.org/10.37680/ssa.v2i1.4832
Cahyono, B. T., Bintoro, I. N., & Nugroho, W. (2022). Pemanfaatan E-Learning Platform Wordwall Untuk Menunjang Pembelajaran Daring Bagi Guru Tk Di Kabupaten Banyuwangi. Khidmatuna: Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 36–46.
Fitria, R. A., Naimah, N., & Diana, R. R. (2021). Pengaruh Media Kartu Angka (Flash Card) Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Bilangan pada Anak Autism. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(3), 213–218. https://doi.org/10.31004/aulad.v4i3.119
Nirwana, Hermawati, Ruspa, A. R., & Muklim, M. (2023). Media Pembelajaran Interaktif pada Anak Usia Dini TK Kristen Hosana Terpadu. BANDWIDTH: Jurnal Informatika Dan Teknologi Komputer, 01(01), 44–56.
Shiddiq, J. (2021). Inovasi Pemanfaatan Word-Wall sebagai Media Game-Base Learning untuk Bahasa Arab. JALIE: Journal of Applied Linguistics and Islamic Education, 5(1), 151–169. https://doi.org/10.33754/jalie.v5i1.337
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.