TINJAUAN PROKRASTINASI AKADEMIK SISWA BERDASARKAN HARGA DIRI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32973Keywords:
Academic procrastination, Adolescence, Academic achievement, School CounselorAbstract
Prokrastinasi akademik masih menjadi masalah yang tinggi pada siswa SMA dan berdampak negatif terhadap prestasi belajar. Perilaku ini dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain manajemen waktu, motivasi belajar, lingkungan keluarga, tekanan teman sebaya, serta harga diri. Penelitian ini difokuskan pada faktor harga diri untuk mengetahui hubungannya dengan prokrastinasi akademik. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linear sederhana. Sebelum analisis regresi dilakukan, data terlebih dahulu diuji asumsi klasik yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas untuk memastikan kelayakan data. Sampel penelitian ini siswa SMA Negeri 1 Batipuh tahun ajaran 2024/2025, dengan jumlah sampel 240 siswa yang diperoleh melalui teknik stratified random sampling. Instrumen penelitian berupa skala harga diri siswa dan skala prokrastinasi akademik siswa berpedoman pada model skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan harga diri siswa berada pada kategori sedang, sedangkan prokrastinasi akademik berada pada kategori tinggi. Analisis regresi menghasilkan persamaan Ŷ = 117,86 – 0,254X dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05, yang menunjukkan adanya pengaruh negatif signifikan harga diri terhadap prokrastinasi akademik. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,105 mengindikasikan bahwa harga diri berkontribusi sebesar 10,5% terhadap prokrastinasi akademik, sedangkan sisanya dipengaruhi faktor lain. Temuan ini dapat menjadi dasar bagi guru bimbingan dan konseling dan konselor untuk membantu meningkatkan harga diri siswa serta mengurangi prokrastinasi akademik siswa.Downloads
References
Agustina, L., Daharnis, & Hariko, R. (2019). Peran Konselor dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Peran Konselor Dalam Meningkatkan Disiplin Siswa : Tinjauan Berdasarkan Persepsi Siswa. Jurnal Education, 3(1), 15–22. https://doi.org/10.31100/jurkam.v3i1.266
Bandura, A. (1997). Self-efficacy: The exercise of control. New York: W. H. Freeman.
Burka, J. (2008). Procrastination. Cambridge: Da Capo Press.
Coopersmith, S. (1967). The antecendents of self esteem. San Francisco: Freeman and Company.
Elviana, D. (2022). Harga Diri Remaja di Era Digital. Jakarta: Prenadamedia Group.
Fadillah, R. (2024). Media Sosial dan Pembentukan Citra Diri Remaja. Bandung: Alfabeta.
Ferrari. J.R., Johnson, J, L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.
Hajloo, N. (2014). Relationship between Self-Efficacy, Self-Esteem and Procrastination in Undergraduate Psychology Students. Iranian Journal of Psychiatry and Behavioral Sciences, 8(3), 42–49.
Hariko, R. (2017). Landasan Filosofis Keterampilan Komunikasi Konseling. Jurnal Kajian Bimbingan Dan Konseling, 2(1). https://doi.org/10.17977/um001v2i22017p
Hariko, R. (2018a). Are High School Students Motivated to Attend Counseling? COUNS-EDU: The International Journal of Counseling and Education, 3(1). https://doi.org/10.23916/0020180312210
Hutagalung, F. (2021). Psikologi Perkembangan Remaja. Jakarta: Rajawali Pers.
Juliawati, D. (2020). Peran Guru BK dalam Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Psikoedukasi, 8(2), 113–121.
Kartikasari, W. A., Marjohan, M., & Hariko, R. (2022). Hubungan self regulated learning dan dukungan orangtua terhadap perilaku prokrastinasi akademik. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 7(3), 388. https://doi.org/10.29210/30031579000
Khasanah, N., Hidayah, N., & Dewi, F. (2019). Harga Diri Rendah dan Dampaknya terhadap Motivasi Belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan, 10(2), 87–95.
Khotimah, H., Radjah, C. L., & Handarini, D. (2016). Hubungan Harga Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Kajian Pendidikan, 6(1), 55–63.
Kurniawati, S. (2023). Dinamika Perilaku Menunda pada Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan Psikologi, 15(2), 23–32.
Lase, D. (2020). Dampak Prokrastinasi Akademik terhadap Prestasi Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 5(1), 33–41.
Nitami, A., Daharnis, & Yusri. (2015). Hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 3(2), 1–7. https://doi.org/10.29210/119600
Nuramaliana, I., & Harsanti, P. (2020). Peran Harga Diri terhadap Perilaku Akademik. Psikoedukasi: Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 14–22.
Permana, B. (2019). Gambaran prokrastinasi akademik siswa SMA Darul Falah Cililin. Fokus:Jurnal Bimbingan dan Konseling, 2(3), 87-49.
Purnama, L., & Suhaili, A. (2025). Faktor internal dan eksternal yang memengaruhi prokrastinasi akademik siswa. Jurnal Konseling Indonesia, 13(2), 122–134.
Refnadi. (2018). Konsep Harga Diri dalam Perspektif Psikologi. Jurnal Psikologi dan Pendidikan, 13(1), 1–9.
Rosenberg, M. (1965). Society and the Adolescent Self-Image. Princeton University Press.
Setyowati, D., & Wahyuni, S. (2020). Hubungan Harga Diri dengan Prokrastinasi Akademik. Jurnal Ilmiah Psikologi, 10(2), 101–110.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. https://doi.org/10.1037/0033-2909.133.1.65
Stevani, P., & Marwan. (2021). Pengaruh fasilitas belajar dan motivasi belajar terhadap prokrastinasi akademik dan hasil belajar ekonomi. PEK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Ekonomi, 4(1), 120–132. http://ejournal.unp.ac.id/students/index.php/pek/index.
Supriyati, S. (2023). Harga Diri sebagai Faktor Afektif dalam Prestasi Akademik. Jurnal Pendidikan Karakter, 11(2), 77–85.
Tafarodi, R. W., & Swann, W. B. (2001). Two-Dimensional Self-Esteem: Theory and Measurement. Personality and Individual Differences, 31(5), 653–673. https://doi.org/10.1016/S0191-8869(00)00169-0
Tanjung, R., Neviyarni, S., & Firman. (2018). Efektivitas layanan bimbingan kelompok dalam meningkatkan self-esteem siswa. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling, 7(3), 108–115. https://doi.org/10.24036/02018731034-0-00
Turmudi, E., & Suryadi, A. (2021). Dampak Prokrastinasi Akademik terhadap Stres dan Kecemasan. Jurnal Psikologi Pendidikan, 12(3), 201–210.
Widyastuti, E., & Hidayati, T. (2019). Pengaruh Teman Sebaya terhadap Prokrastinasi Akademik. Jurnal Pendidikan Psikologi, 7(2), 77–85.
Winarso, W. (2023). Mengelola Prokrastinasi Akademik (Pendekatan Psikoedukasi Berbasis Religiositas). Yogyakarta: Jejak Pustaka
Yulianti, A., & Rahmi, M. (2020). Faktor Sosial dalam Pembentukan Kepercayaan Diri Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan, 8(1), 23–34.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.