PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI AKU DAN LINGKUNGAN SEKITARKU PADA SISWA KELAS III DI SDN SERANG 03

Authors

  • Mila Waty Sihombing Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Imamudin Universitas Bina Bangsa Kota Serang
  • Munawaroh Universitas Bina Bangsa Kota Serang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32970

Keywords:

Radec Learning, Learning Interest

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC untuk mengembangkan minat belajar siswa pada siswa kelas III SD dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dimana kelas 3a sebagi kelas kontrol dan 3b sebagai kelas eksperiment .Minat belajar ini diukur melalui enam indikator yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan, keterlibatan, disiplin dalam belajar dan rajin dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket minat belajar yaitu pra angket dan post angket minat belajar siswa yang berisi pernyataan minat belajar siswa dan observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t untuk melihat perbedaan rata-rata peningkatan minat belajar siswa antar kedua kelompok.hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC memberikan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,046, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor posttest minat belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,78 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 82,52, dengan selisih sebesar 2,259 poin. Artinya, model pembelajaran RADEC terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Harahap, Dina Mariana, Rosmawati

Harahap, and Mutsyuhito Solin.

2021. “Pengembangan Bahan

Ajar Membaca Untuk Kegiatan

Literasi.” Jurnal Penelitian

Pendidikan Bahasa Dan Sastra

6(2):94–98.

Heri, Totong. 2019.

“MENINGKATKAN MOTIVASI

MINAT BELAJAR SISWA.”

Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran

Dan Pencerahan 15(1). doi:

10.31000/rf.v15i1.1369.

Juriah, Icah, Mara Untung Ritonga,

and Abdurahman Adisaputra.

2025. “Analisis Bahan Ajar

Bahasa Indonesia Terhadap

Tingkat Pemahaman Isi Bacaan

Siswa Analysis of Indonesian

Language Teaching Materials on

the Level of Students’ Reading

Content Understanding.” Edu

Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu

Sosial, Dan Pengabdian Kepada

Masyarakat 5(1):802–10.

Kristanti, Ni Nyoman Delia, and I.

Wayan Sujana. 2022. “Media

Pembelajaran Interaktif Berbasis

Pembelajaran Kontekstual

Muatan IPS Pada Materi

Kenampakan Alam.” Jurnal

Penelitian Dan Pengembangan

Pendidikan 6(2):202–13. doi:

10.23887/jppp.v6i2.46908.

Nurzannah, Siti. 2022. “Peran Guru

Dalam Pembelajaran.”

ALACRITY : Journal of Education

2(3):26–34. doi:

10.52121/alacrity.v2i3.108.

Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu

Sadiah, Andri Purwanugraha,

and Popy Nur Elisa. 2021.

“Penggunaan Media Big Book

Untuk Menumbuhkan Minat

Membaca Di Sekolah Dasar.”

Jurnal Basicedu 5(1):446–52.

doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.

Ramdoni, Fuji, Khaerudin Kurniawan,

and Vismaia Damaianti. 2022.

“Model RADEC (Read, Answer,

Discuss, Explain, and Create)

Dalam Pembelajaran Menulis

Teks Berita.” Prosiding Seminar

Internasional Riksa Bahasa XVI

326–35.

Sugiarti, Sani, Anugrah RamadhanFirdaus, Jajang Bayu Kelana,

Ikip Siliwangi, and Kata Kunci.

2024. “Penggunaan Model

Pembelajaran RADEC Untuk

Meningkatkan Kemampuan

Berpikir Kritis Pada

Pembelajaran IPA Kelas V

Sekolah Dasar Using the

RADEC Learning Model to

Improve Critical Thinking Skills in

Class V Elementary School

Science Learning.” (76).

Zaifullah, Hairuddin Cikka, and M.

Iksan Kahar. 2021. “STRATEGI

GURU DALAM

MENINGKATKAN INTERAKSI

DAN MINAT BELAJAR

TERHADAP KEBERHASILAN

PESERTA DIDIK DALAM

MENGHADAPI

PEMBELAJARAN TATAP MUKA

DI MASA PANDEMI COVID 19

Zaifullah1,.” Guru Tua : Jurnal

Pendidikan Dan Pembelajaran

4(2):9–18.

Downloads

Published

2025-09-11