PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RADEC UNTUK MENGEMBANGKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI AKU DAN LINGKUNGAN SEKITARKU PADA SISWA KELAS III DI SDN SERANG 03
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32970Keywords:
Radec Learning, Learning InterestAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran RADEC untuk mengembangkan minat belajar siswa pada siswa kelas III SD dengan menggunakan metode penelitian kuasi eksperimen dimana kelas 3a sebagi kelas kontrol dan 3b sebagai kelas eksperiment .Minat belajar ini diukur melalui enam indikator yaitu perasaan senang, perhatian, ketertarikan, keterlibatan, disiplin dalam belajar dan rajin dalam belajar. Pengumpulan data dilakukan menggunakan angket minat belajar yaitu pra angket dan post angket minat belajar siswa yang berisi pernyataan minat belajar siswa dan observasi aktivitas belajar. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas dan uji-t untuk melihat perbedaan rata-rata peningkatan minat belajar siswa antar kedua kelompok.hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran RADEC memberikan pengaruh yang signifikan. Berdasarkan hasil uji Independent Sample t-Test, diperoleh nilai Sig. (2-tailed) sebesar 0,046, yang lebih kecil dari taraf signifikansi 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor posttest minat belajar siswa di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Nilai rata-rata posttest siswa pada kelas eksperimen sebesar 84,78 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol sebesar 82,52, dengan selisih sebesar 2,259 poin. Artinya, model pembelajaran RADEC terbukti berpengaruh secara signifikan dalam meningkatkan minat belajar siswa dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional.Downloads
References
Harahap, Dina Mariana, Rosmawati
Harahap, and Mutsyuhito Solin.
2021. “Pengembangan Bahan
Ajar Membaca Untuk Kegiatan
Literasi.” Jurnal Penelitian
Pendidikan Bahasa Dan Sastra
6(2):94–98.
Heri, Totong. 2019.
“MENINGKATKAN MOTIVASI
MINAT BELAJAR SISWA.”
Rausyan Fikr : Jurnal Pemikiran
Dan Pencerahan 15(1). doi:
10.31000/rf.v15i1.1369.
Juriah, Icah, Mara Untung Ritonga,
and Abdurahman Adisaputra.
2025. “Analisis Bahan Ajar
Bahasa Indonesia Terhadap
Tingkat Pemahaman Isi Bacaan
Siswa Analysis of Indonesian
Language Teaching Materials on
the Level of Students’ Reading
Content Understanding.” Edu
Society: Jurnal Pendidikan, Ilmu
Sosial, Dan Pengabdian Kepada
Masyarakat 5(1):802–10.
Kristanti, Ni Nyoman Delia, and I.
Wayan Sujana. 2022. “Media
Pembelajaran Interaktif Berbasis
Pembelajaran Kontekstual
Muatan IPS Pada Materi
Kenampakan Alam.” Jurnal
Penelitian Dan Pengembangan
Pendidikan 6(2):202–13. doi:
10.23887/jppp.v6i2.46908.
Nurzannah, Siti. 2022. “Peran Guru
Dalam Pembelajaran.”
ALACRITY : Journal of Education
2(3):26–34. doi:
10.52121/alacrity.v2i3.108.
Prawiyogi, Anggy Giri, Tia Latifatu
Sadiah, Andri Purwanugraha,
and Popy Nur Elisa. 2021.
“Penggunaan Media Big Book
Untuk Menumbuhkan Minat
Membaca Di Sekolah Dasar.”
Jurnal Basicedu 5(1):446–52.
doi: 10.31004/basicedu.v5i1.787.
Ramdoni, Fuji, Khaerudin Kurniawan,
and Vismaia Damaianti. 2022.
“Model RADEC (Read, Answer,
Discuss, Explain, and Create)
Dalam Pembelajaran Menulis
Teks Berita.” Prosiding Seminar
Internasional Riksa Bahasa XVI
326–35.
Sugiarti, Sani, Anugrah RamadhanFirdaus, Jajang Bayu Kelana,
Ikip Siliwangi, and Kata Kunci.
2024. “Penggunaan Model
Pembelajaran RADEC Untuk
Meningkatkan Kemampuan
Berpikir Kritis Pada
Pembelajaran IPA Kelas V
Sekolah Dasar Using the
RADEC Learning Model to
Improve Critical Thinking Skills in
Class V Elementary School
Science Learning.” (76).
Zaifullah, Hairuddin Cikka, and M.
Iksan Kahar. 2021. “STRATEGI
GURU DALAM
MENINGKATKAN INTERAKSI
DAN MINAT BELAJAR
TERHADAP KEBERHASILAN
PESERTA DIDIK DALAM
MENGHADAPI
PEMBELAJARAN TATAP MUKA
DI MASA PANDEMI COVID 19
Zaifullah1,.” Guru Tua : Jurnal
Pendidikan Dan Pembelajaran
4(2):9–18.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.