PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVEPLOMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR

Authors

  • Jasmine Treezha Awallia Universitas pelita bangsa
  • Jasmine treezha Universitas pelita bangsa

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32960

Keywords:

Puzzle, Kemampuan Pemecahan Masalah, Matematika

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan belum optimalnya integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih belum optimal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design,  Development,Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas III SDN Mekar Mukti 01. Media puzzle yang dikembangkan dirancang untuk materi pecahan, dimana setiap kepingan berisi soal dan jawaban. Integrasi ESD dilakukan dengan mengaitkan materi pecahan dengan isu keberlanjutan, seperti Sustainable Development Goals (SDGs) No. 6 tentang air bersih dan sanitasi layak.Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 98,3% dengan kategori "sangat layak," dan penilaian ahli media memperoleh skor 76,7% dengan kategori "layak". Uji kepraktisan yang diperoleh dari respons siswa mendapatkan nilai persentase 87,98% dengan kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media puzzle berbasis ESD yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Kemendikbudristek. (2023). Literasi

Membaca, Peringkat Indonesia di

PISA 2022.

Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–

25.

OECD. (2023). PISA 2022 Results

Factsheets Indonesia. OECD

(Organisation for Economic Co-

Operation and Development)

Publication, 1–9.

Metode Penelitian dan Pengembangan

(R&D): Konsep, Jenis, Tahapan

dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah

Profesi Pendidikan.

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian

Kuantitatif Kualitatif, dan R&D,

penerbit Alfabeta Bandung

Assyauqi, M. I. (2020). Model

Pengembangan Borg and Gall.

Hamalik, (2023) Pengembangan

Media Puzzle Suku Kata Untuk

Melatih Kemampuan Membaca

Downloads

Published

2025-09-12

Most read articles by the same author(s)