PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE BERBASIS EDUCATION FOR SUSTAINABLE DEVEPLOMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32960Keywords:
Puzzle, Kemampuan Pemecahan Masalah, MatematikaAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemecahan masalah siswa dan belum optimalnya integrasi Pendidikan untuk Pembangunan Berkelanjutan (ESD) dalam pembelajaran. Selain itu, media pembelajaran yang digunakan masih belum optimal dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development,Implementation, Evaluation). Subjek penelitian adalah 38 siswa kelas III SDN Mekar Mukti 01. Media puzzle yang dikembangkan dirancang untuk materi pecahan, dimana setiap kepingan berisi soal dan jawaban. Integrasi ESD dilakukan dengan mengaitkan materi pecahan dengan isu keberlanjutan, seperti Sustainable Development Goals (SDGs) No. 6 tentang air bersih dan sanitasi layak.Hasil validasi ahli materi memperoleh skor 98,3% dengan kategori "sangat layak," dan penilaian ahli media memperoleh skor 76,7% dengan kategori "layak". Uji kepraktisan yang diperoleh dari respons siswa mendapatkan nilai persentase 87,98% dengan kategori "sangat praktis". Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa media puzzle berbasis ESD yang dikembangkan layak dan praktis digunakan sebagai bahan ajar untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif yang efektif untuk pembelajaran matematika materi pecahan.Downloads
References
Kemendikbudristek. (2023). Literasi
Membaca, Peringkat Indonesia di
PISA 2022.
Laporan Pisa Kemendikbudristek, 1–
25.
OECD. (2023). PISA 2022 Results
Factsheets Indonesia. OECD
(Organisation for Economic Co-
Operation and Development)
Publication, 1–9.
Metode Penelitian dan Pengembangan
(R&D): Konsep, Jenis, Tahapan
dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah
Profesi Pendidikan.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian
Kuantitatif Kualitatif, dan R&D,
penerbit Alfabeta Bandung
Assyauqi, M. I. (2020). Model
Pengembangan Borg and Gall.
Hamalik, (2023) Pengembangan
Media Puzzle Suku Kata Untuk
Melatih Kemampuan Membaca
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.