PENGARUH MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM DAN SOSIAL (IPAS) SISWA KELAS IV SDN 61 KARARA KOTA BIMA
penelitian kuantitatif
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32957Keywords:
Audio visual Media, Conceptual Understanding,IPASAbstract
This study aims to determine the effect of audiovisual media on the conceptual understanding of Natural and Social Sciences (IPAS) learning among fourth-grade students at SDN 61 Karara, Bima City. The research uses a quantitative approach with an experimental design, specifically a one-group pretest-posttest design. The sample consists of 22 students, and data were collected using a test comprising 15 multiple-choice questions. Data analysis was conducted through normality tests and paired sample t-tests using SPSS 27 for Windows. The results showed an increase in the average concept understanding score from 32.79 in the pretest to 83.20 in the posttest. The t-test results indicated a significant difference before and after the implementation of audiovisual media. Thus, audiovisual media is proven to have an effect on improving conceptual understanding. This media can be an effective alternative learning strategy at the elementary school level, especially in the IPAS subject. Keywords: Audio visual Media, Conceptual Understanding,IPAS Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media audio visual terhadap pemahaman konsep pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) siswa kelas IV SDN 61 Karara Kota Bima. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian eksperimen desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian berjumlah 22 siswa dan data dikumpulkan menggunakan tes yang terdiri dari 15 soal pilihan ganda. Analisis data dilakukan melalui uji normalitas dan paired sample t-test menggunakan SPSS 27 for windows. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan rata-rata score pemahaman konsep dari 32,79 pada pretest menjadi 83,20 pada posttest. Hasil uji t menunjukkan nilai signifikan sebelum dan sesudah diterapkannya media audio visual. Dengan demikian, media audio visual terbukti berpengaruh dalam meningkatkan pemahaman konsep. Media ini dapat menjadi alternatif strategi pembelajaran yang efektif di jenjang sekolah dasar, khususnya pada mata pelajaran IPAS.Downloads
References
Azzahra, F. D., Rini, C. P., & Oktrifianty, E. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Pemahaman Konsep Ipa Siswa Kelas iv Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Perkhasa: Jurnal Penelitian Pendidikan Dasar, 10(2), 1001-1011.
F. Idris (2022). Nursalam, and M. Madani, “Pengaruh Media Animasi Audio Visual terhadap Persepsi dan Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa pada Pelajaran IPS Kelas V,” JPD J. Pendidik. Dasar, vol. 13, no. 2, pp. 26–36, 2022.
F. T. Nomleni and T. S. N. Manu (2018). “Pengembangan Media Audio Visual dan Alat Peraga dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Pemecahan Masalah,” Sch. J. Pendidik. dan Kebud., vol. 8, no. 3, pp. 219–230, 2018.
I. K. Kurniawan, D. Parmiti, and N. Kusmariyatni (2020). “Pembelajaran IPA dengan Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa,” J. Edutech Undiksha,vol. 8, no. 2, p. 80, 2020.
Meylovvia, D., & Julianto, A. (2023). Inovasi Pembelajaran IPAS Pada Kurikulum Merdeka Belajar Di SDN 25 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 4(1),8491
Nuryani, S., Maula, L. HM., &s
Nurmeta, I. K. (2023). Implementasi
Kurikulum Merdeka Dalam Pembelajaran IPAS Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 599-603.
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2014). Media Pendidikan: Pengertian, Pengembangan, dan Pemanfaatannya. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Suryani, I., & Muliyani, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Heuristic Vee Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Fluida Statis. Journal of Natural Science and Integration, 2(2), 173-180.
Susanti, N. K. E., Asrin, A., & Khair, B. N. (2021). Analisis tingkat pemahaman konsep ipa siswa kelas v sdn gugus v kecamatan cakranegara. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 686-690.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.