CITRA PAHLAWAN DALAM TOKOH CERITA RAKYAT “CIUNG WANARA” DAN RELEVANSINYA SEBAGAI PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH

Authors

  • Nurdiantini Universitas Sebelas April
  • Arip Budiman Universitas Sebelas April
  • Ece Sukmana Universitas Sebelas April

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32948

Keywords:

citra pahlawan, Ciung Wanara, cerita rakyat, pendidikan karakter.

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan citra pahlawan dalam cerita rakyat Ciung Wanara serta relevansinya terhadap penguatan pendidikan karakter di sekolah. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis isi. Tahapan analisis meliputi pemilihan cerita Ciung Wanara, identifikasi struktur naratif dengan teori Propp, telaah perjalanan tokoh melalui kerangka The Hero’s Journey Campbell, interpretasi citra pahlawan dengan delapan klaster Goethals dan Allison, serta kategorisasi nilai karakter sesuai dimensi Penguatan Pendidikan Karakter (PPK). Hasil penelitian menunjukkan bahwa Ciung Wanara digambarkan sebagai sosok pahlawan yang berani, tangguh, bijaksana, adil, dan berbakti. Karakter tersebut sesuai dengan nilai karakter PPK, yaitu religius, nasionalis, mandiri, gotongroyong, dan integritas. Citra pahlawan dalam cerita tidak hanya merefleksikan idealisme moral masyarakat Sunda, tetapi juga dapat dijadikan teladan konkret bagi peserta didik. Dengan demikian, Ciung Wanara memiliki nilai strategis sebagai media pembelajaran. Integrasi cerita rakyat ini di sekolah mampu memperkuat pendidikan karakter, menumbuhkan rasa cinta tanah air, dan memperkokoh identitas budaya bangsa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku :

Eriyanto. (2013). Analisis Naratif Dasar-dasar dan Penerapannya dalam Analisis Teks Berita Media. Jakarta: Prenadamedia Grup.

Kriyantono, R. (2012). Teknik Praktis Riset Komunikasi: Disertai Contoh Praktis Riset Media, Public Relations, Advertising, Komunikasi Organisasi, Komunikasi Pemasaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Moleong, L. J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Nurgiyantoro, B. (2013). Teori pengkajian fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Zoetmulder, P. J. (1995). Kamus Jawa Kuno-Indonesia. Jakarta: Gramedia.

Artikel in Press :

Fibrianti, Dwi. (2020). Pola Perjalanan Pahlawan. Universitas Airlangga: Surabaya. Diakses dari: https://repository.unair.ac.id/95980/ 1/1.%20HALAMAN%20JUDUL.pdf

Jurnal :

Sukmana, Ece. (2018). Aspek Sosial Budaya dalam Cerita Rakyat Enyeng di Desa Cipancar. Deiksis: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. 5. 18. 10.33603/deiksis.v5i1.838. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publi cation/331953842_Aspek_Sosial_ Budaya_dalam_Cerita_Rakyat_En yeng_di_Desa_Cipancar

Valiantien, N., Arian, S. (2021). Sifat Kepahlawanan Tokoh Bujang dalam Novel Pulang Karya Tere Liye. Universitas Mulawarman: Diglosia. Diakses dari: https://www.researchgate.net/publi cation/356212173_Sifat_Kepahlaw anan_Tokoh_Bujang_dalam_NovelPulang_Karya_Tere_Liye

Downloads

Published

2025-09-01