Pengaruh Model Pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group (CLTBG) Berbantuan Media Baamboozle terhadap Pemahaman Konsep Matematika Kelas III di MIN 10 Bandar Lampung

Authors

  • wilma azzilla Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Heny Wulandari Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung
  • Hasan Sastra Negara Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32914

Keywords:

Collaborative Learning, Tehnique Buzz Group, Baamboozle, Pemahaman Konsep

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Collaborative Learning Technique Buzz Group (CLTBG) berbantuan media Baamboozle terhadap pemahaman konsep matematika siswa kelas III di MIN 10 Bandar Lampung. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada rendahnya pemahaman konsep matematika siswa yang ditunjukkan oleh hasil pra tes di tiga kelas, di mana sekitar 91,58% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III, dengan sampel dua kelas yaitu kelas III A sebagai kelas eksperimen dan kelas III C sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes pretest dan posttest. Hasil analisis data menunjukkan bahwa terdapat perbedaan signifikan antara hasil pemahaman konsep matematika siswa sebelum dan sesudah perlakuan pada kelas eksperimen. Hal ini dibuktikan dengan nilai signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,043 < 0,05 dan nilai effect size (Cohen’s d) sebesar 0,47 yang menunjukkan pengaruh sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CLTBG berbantuan media Baamboozle berpengaruh positif dalam meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Buku:

Tiwery, B. (2019). Kekuatan dan Kelemahan Metode Pembelajaran dalam Penerapan HOST (Higher Order Thinking Skills). Malang: Media Nusa Creative.

Widodo, B. S. (2021). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Sistematis & Komprehensif. Yogyakarta: Eiga Mega.

Rahman, H., & Dkk. (2019). Model-Model Pembelajaran Anak Usia Dini: Teori & Implementasi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Jurnal:

Afifah, N. N. (2023). Implementation of Buzz Group Strategy Learning to Improve Thematic Learning Achievement Theme 2 Always Save Energy Subtheme 2 Energy Benefits in Grade Iv Students of Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jakarta Academic Year 2021/2022. Journal of Social Research, 2(2), 359–375. https://doi.org/10.55324/josr.v2i2.595

Amalinda, R. (2024). Penggunaan Media Interaktif Baamboozle Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Di SMP Negeri 24 Malang. Jurnal Pembelajaran, Bimbingan, Dan Pengelolaan Pendidikan, 3(7). https://doi.org/10.17977/um065.v4.i7.2024.2

Darmawan, R., & Aghni, R. I. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Baamboozle Terhadap Peningkatan Keterampilan Kolaborasi Siswa Program Keahlian Akuntansi Dan Keuangan Lembaga. POLYGOT : Jurnal Ilmiah, 20(1), 77–97.

Fakih Khusni, M., Munadi, M., & Matin, A. (2022). Impelementasi Kurikulum Merdeka Belajar di MIN 1 Wonosobo. Jurnal Kependidikan Islam, 12(1), 60–71. https://doi.org/10.15642/jkpi.2022.12.1.60-71

Hadi, A., Marniati, M., Ngindana, R., Kurdi, M. S., Kurdi, M. S., & Fauziah, F. (2023). New Paradigm of Merdeka Belajar Curriculum in Schools. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 15(2), 1497–1510. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i2.3126

Helmi, A., & Husein baysha, M. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Buzz Gruop terhadap Hasil Belajar Siswa Proses Menemukan secara Berkelompok Seperti Bermain , Siswa Minat Untuk Belajar. Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(April), 1–10.

Khoidir, A., Sholehuddin, & Kholijah, S. L. (2021). Pengaruh Metode Pembelajaran Diskusi dengan Tipe Buzz Group Terhadap Keaktifan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPS. Jurnal Basicedu, 5(5), 4120–4126. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1347

Nurani, M., Riyadi, R., & Subanti, S. (2021). Profil Pemahaman Konsep Matematika Ditinjau Dari Self Efficacy. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 10(1), 284. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3388

Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian Pendidikan. Pendidikan Dan Konseling, 4, 88–99.

Raya, A. K., Soleh, S. M., & Wulandari, H. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis : Dampak Model Pembelajaran Superitem Berbantuan Scaffholding. Desimal: Jurnal Matematika, 1(3), 363–371. https://doi.org/10.24042/djm.v1i3.3107

Sugiono. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Sutopo, Ed.). Bandung: Alfabeta.

Wulandari, W., Andris Susanto, D., & Hawa, F. (2024). Using Bamboozle Games To Improve Students’ Vocabulary In Understanding Narrative Text. Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(3), 141–147. Retrieved from https://ejournal.lumbungpare.org/index.php/jim/index

Yulianti, M. M. T. (2020). Penerapan Metode Diskusi Kelompok (Buzz-Grup) Untuk Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Siswa. Jurnal Evaluasi Dan Pembelajaran, 2(2), 102–110. https://doi.org/10.52647/jep.v2i2.18

Yuniar, M., Hermawan, Y., & Nurdianti, R. R. S. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Roar (Read, Observe, Auditory, Review) Berbantukan Media Baamboozle Dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI. Jurnal Sains Student Research, 1(1), 536–548. Retrieved from https://doi.org/10.61722/jssr.v1i1.193

Downloads

Published

2025-09-11