STRATEGI KEPALA SEKOLAH DALAM MENGELOLA SEKOLAH DENGAN JUMLAH PESERTA DIDIK TERBATAS DI DAERAH PEDESAAN

Authors

  • seprian ilham STAI Ar Risalah Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32888

Keywords:

Strategi Kepala Sekolah; Sekolah Pedesaan; Peserta Didik Terbatas.

Abstract

Sekolah dasar di daerah pedesaan dengan jumlah peserta didik terbatas dalam menghadapi tantangan kompleks, mulai dari keterbatasan sumber daya, minimnya tenaga pendidik, hingga kondisi geografis yang rawan bencana. Permasalahan tersebut menuntut kepala sekolah untuk mengembangkan strategi manajemen yang adaptif agar pembelajaran tetap terjaga. Penelitian ini bertujuan menganalisis strategi kepala sekolah dalam mengelola sekolah kecil di pedesaan, dengan fokus pada pengelolaan sumber daya, memberikan standar akreditasi, serta kesiapsiagaan menghadapi risiko bencana. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data diperoleh melalui wawancara mendalam dengan kepala sekolah, guru, komite sekolah, wali nagari Tamparungo, dan pihak puskesmas, serta diperkuat dengan observasi lapangan dan teaah dokumen. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan empat strategi utama kepala sekolah, yaitu: (1) rasionalisasi anggaran berbasis prioritas untuk mengatasi keterbatasan dana; (2) pengawasan akademik dan pengembangan pembelajaran kontekstual melalui pemanfaatan sumber daya lokal; (3) akreditasi manajemen yang menekankan penjaminan mutual melalui pembagian tugas dan simulasi audit internal; serta (4) kemitraan dengan komite sekolah, wali nagari, dan puskesmas untuk mendukung sarana, kesehatan, serta program kesiapsiagaan bencana. Strategi terakhir meliputi edukasi kebencanaan, simulasi evakuasi, penyediaan perlengkapan darurat, hingga komunikasi positif untuk menjaga rasa aman siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah di sekolah kecil pedesaan bersifat adaptif, partisipatif, dan kontekstual, sehingga mampu menjaga keberlangsungan pendidikan meskipun di tengah keterbatasan dan ancaman lingkungan.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bagwell, J. (2020). Leading Through a Pandemic: Adaptive Leadership and Purposeful Action. Journal of School Administration Research and Development, 5, 30–34. https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1301295.pdf

Creswell, J. W. (2016). Research Design: Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran. Pustaka Pelajar.

Fargas-Malet, M., & Bagley, C. (2022). Is small beautiful? A scoping review of 21st-century research on small rural schools in Europe. European Educational Research Journal, 21(5), 822–844. https://doi.org/10.1177/14749041211022202

Fatthum, S., & Mustika, D. (2016). Peran Kepala Sekolah dalam Proses Perencanaan Manajemen Sarana Dan Prasarana di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Indonesia. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPI/article/download/8934/8609/17253

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 13 Tahun 2018 tentang Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah dan Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Nonformal. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://peraturan.bpk.go.id/Details/138189/permendikbud-no-13-tahun-2018

Kementerian Pendidikan, K. R. dan T. (2025). Profil SD Negeri 29 Tamparungo (NPSN 10308310). Referensi.Data.Kemdikbud.Go.Id. https://dapo.kemendikdasmen.go.id/sekolah/469D70D40C0F3C9EF1C0

Kim, L. E., Crellin, S. E., & Glandorf, H. L. (2024). The potential solutions to the challenges faced by leaders of small schools in the UK: A systematic review. International Journal of Educational Research, 124. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2023.102301

Miles, M. B. ; H. A. M. S. J. (2014). Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook (3rd Edition). SAGE Publications, Inc.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). PT Remaja Rosdakarya.

Pemerintah Republik Indonesia. (2013). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan atas PP No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Pemerintah Republik Indonesia (Opsional). https://peraturan.bpk.go.id/Details/5364/pp-no-32-tahun-2013

Rezky Adlina. (2024). Akreditasi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan di Sekolah Dasar Islam Terpadu Fadhilah Pekanbaru. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sullivan, T. (2013). School-Site Strategy for Distributing Leadership. Leadership and Policy in Schools, 12(3), 181–199. https://doi.org/10.1080/15700763.2013.834061

Downloads

Published

2025-09-11