DETERMINASI WORK LIFE BALANCE, BUDAYA ORGANISASI DAN KOMPETENSI TERHADAP KUALITAS KINERJA LAYANAN KARYAWAN PT. BANK RIAU KEPRI SYARIAH (PERSERODA) DI BINTAN DAN TANJUNGPINANG DENGAN KOMITMEN ORGANISASI SEBAGAI VARIABEL INTERVENING
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32869Keywords:
work life balance, budaya organisasi, kompetensi, kualitas kinerja layanan dan komitmen organisasiAbstract
Penelitian ini mengkaji determinasi work life balance, budaya organisasi dan kompetensi terhadap kualitas kinerja layanan karyawan PT. Bank Riau Kepri Syariah (Perseroda) di Bintan dan Tanjungpinang dengan Komitmen Organisasi sebagai variabel intervening. Sampel dalam penelitian ini adalah 114 orang karyawan PT. BRK Syariah yang berstatus Pegawai di Bintan dan Tanjungpinang. Alat analisis yang digunakan adalah analisis jalur (path analysis) dan analisis mediasi menggunakan software SEM-PLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Work Life Balance (X1) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y). Budaya Organisasi (X2) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y). Kompetensi (X3) tidak memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y). Komitmen Organisasi (Z) memiliki pengaruh signifikan terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y). Pengaruh tidak langsung Work Life Balance (X1) terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y) melalui Komitmen Organisasi (Z) tidak signifikan. Pengaruh tidak langsung Budaya Organisasi (X2) terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y) melalui Komitmen Organisasi (Z) tidak signifikan. Pengaruh tidak langsung Kompetensi (X3) terhadap Kualitas Kinerja Layanan (Y) melalui Komitmen Organisasi (Z) signifikan.Downloads
References
Adipratama, Dede Mirtha. (2023). Pengaruh Servant Leadership dari Perspektif Kewirausahaan Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Komitmen Organisasi Sebagai Mediator/Variabel Intervening(Studi Kasus Pelayanan Kepangkatan Pada Subbagian Kepegawaian Asisten Bidang Pembinaan Kejaksaan Tinggi J. Jurnal Manajemen Terapan Dan Keuangan (Mankeu), 12(3), 688–702.
Ardiansyah, Choirul Adam, & Surjanti, Jun. (2020). Pengaruh Work Life Balance Terhadap Kinerja Karyawan Melalui Komitmen Organisasi Pada Karyawan PT. Bhinneka Life Indonesia Cabang Surabaya. Jurnal Ilmu Manajemen2, 8(4), 1211–1221.
Endang, Firman, Ahmad, & Fitriany. (2023). Pengaruh Kompetensi, Motivasi Dan Disiplin Kerja Terhadap Kualitas Pelayanan Pada Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pangkajene Dankepulauan. Jurnal Aplikasi Manajemen & Kewirausahaan, 5(2), 84–95.
Hadi, Sutrisno, & Arikunto, Suharsini. (2021). BAB III METODE PENELITIAN.
Izar, Fatkhul, & Soliha, Euis. (2025). Peran Mediasi Komitmen Organisasi pada Pengaruh Kompetensi, Semangat Kerja, dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 7(5), 1380–1396.
Laksana, Muhammad Fajar. (2019). Praktis Memahami Manajemen Pemasaran. Depok: Khalifah Mediatama.
Lubis, Elida Fitri Khairuna. (2024). Pengaruh Work-Life Balance Terhadap Kualitas Pelayanan Dengan Kepuasan Kerja Sebagai Variabel Mediator Pada Aparatur Pemerintah Kabupaten Langkat.
Maryati, Maryati, & Khoiri, M. (2022). Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Time Universe Studio. Eqien-Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 11(1), 542–550.
Nurhayati, N, Latif, M., & Anwar, K. (2024). The Influence of Organizational Culture, Career Expectations, and Leadership Beliefs On Achievement Motivation In Integrated Islamic Primary Schools Riau Islands …. Dinasti International Journal of …, 5(5), 1150–1168. Retrieved from https://dinastipub.org/DIJEMSS/article/view/2700%0Ahttps://dinastipub.org/DIJEMSS/article/download/2700/1803
Nurhayati, Nurhayati. (2024). Pengaruh Komunikasi Interpersonal, Budaya Organisasi dan Komitmen Organisasi Guru di Sekolah Dasar Islam terpadu Kepulauan riau. Jurnal Literasiologi, 11(1).
Nurshadrina, Nazwa, & Rahmawati, Siti. (2024). Pengaruh Budaya Organisasi dan Kepuasan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Human Capital Management PT Perusahaan Gas Negara TBK. Journal of Management: Small and Medium Enterprises (SMEs), 17(2), 403–418.
Rogi, Verly Z., Tasik, Femmy, & Rumawas, Wehelmina. (2024). Pengaruh Kompetensi, Penempatan Kerja Terhadap Komitmen Organisasi dan Kinerja Pegawai di Sekretariat Kota Bitung. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), 14(3), 232–240.
Samuel, Samuel, Setyadi, Djoko, & Tricahyadinata, Irsan. (2020). Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Komitmen Organisasional Afektif yang Dimediasi oleh Kepercayaan. Jurnal Bisnis Dan Manajemen (JBM), 94–114.
Sriutami, Dea, Orinaldi, Mohammad, & Diwantara, Victor. (2023). Pengaruh Kompetensi Karyawan, Etika Bisnis Islam Terhadap Kualitas Pelayanan Nasabah Bank Syariah Indonesia Di Kecamatan Rimbo Bujang Kab. Tebo Provinsi Jambi. Journal of Student Research, 1(5), 500–521.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.; Setiyawami, Ed.). Bandung: ALFABETA.
Susilowati, Sahim, Aswin Naldi, Pratikno, Yuni, & Nurakhim, Bambang. (2024). Pengaruh Kompetensi dan Budaya Kerja Melalui Komitmen Organisasi Sebagai Variabel Mediasi Terhadap Kinerja Pegawai Pada Pusat Data dan Informasi Kementerian Pertahanan. Jurnal Cahaya Mandalika, 3(1), 496–512.
Tjiptono, Fandy. (2019). Pemasaran Jasa Edisi Terbaru. Yogyakarta: Andi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.