PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS VIDEO ANIMASI PADA MATA PELAJARAN IPAS KELAS V SEKOLAH DASAR
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32852Keywords:
Learning media, Animated Videos, ScienceAbstract
ABSTRACT This study aims to develop or create learning media in the form of animated videos for fifth-grade elementary school students in the subject of Science with the material "Properties of Light". In addition, this study also aims to evaluate the validity and ease of use of learning media in the form of animated videos. The method applied is Research and Development (R&D) using the ADDIE approach, which includes analysis, design, development, implementation, and evaluation. The tools used to create this animated video media product are by utilizing Bing Image Creator to create characters and backgrounds, Canva for image editing, and CapCut for audio and motion alignment. The animated video that was successfully developed consists of an opening, material explanation, summary, interactive quiz, and closing. The results of the validation carried out by media experts showed an average percentage of 87.5% (Very Valid), while from material experts it reached 88.97% (Very Valid). In a small trial involving 4 students, the response given was 87.08% (Very Practical). When applied to 13 fifth-grade students of SD Negeri 2 Tugu Harum, the percentage obtained was 88.6% (Very Practical). The teacher's response also showed a figure of 95.46% (Very Practical). The results obtained from this study indicate that the animated video-based learning media that has been developed is proven to be valid, appropriate for use, and effective in increasing student motivation and understanding in science lessons, especially about the properties of light. Keywords: Learning media, Animated Videos, Science ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan atau menciptakan media pembelajaran berupa video animasi bagi siswa kelas V SD dalam mata pelajaran IPAS dengan materi "Sifat-sifat Cahaya". Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mengevaluasi kevalidan dan kemudahan penggunaan media belajar berupa video animasi tersebut. Metode yang diterapkan adalah Research and Development (R&D) menggunakan pendekatan ADDIE, yang meliputi analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Alat yang digunakan untuk membuat produk media video animasi ini yaitu dengan memanfaatkan Bing Image Creator untuk membuat karakter dan latar belakang, Canva untuk mengedit gambar, serta CapCut untuk audio dan penyelarasan gerakan. Video animasi yang berhasil dikembangkan terdiri dari pembukaan, penjelasan materi, ringkasan, kuis interaktif, dan penutup. Hasil dari validasi yang dilakukan oleh ahli media menunjukkan persentase rata-rata sebesar 87,5% (Sangat Valid), sementara dari ahli materi mencapai 88,97% (Sangat Valid). Dalam uji coba kecil yang melibatkan 4 siswa, respon yang diberikan adalah 87,08% (Sangat Praktis). Ketika diterapkan pada 13 siswa di kelas V SD Negeri 2 Tugu Harum, persentase yang diperoleh adalah 88,6% (Sangat Praktis). Respon dari guru juga menunjukkan angka 95,46% (Sangat Praktis). Hasil yang didapat dari penelitian ini menunjukkan bahwa media pembelajaran berbasis video animasi yang telah dikembangkan terbukti valid, pantas digunakan, dan efektif dalam meningkatkan motivasi serta pemahaman siswa dalam pelajaran IPAS, terutama tentang sifat-sifat cahaya. Kata Kunci: Media pembelajaran, Video Animasi, IPASDownloads
References
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian Media, Tujuan, Fungsi, Manfaat dan Urgensi Media Pembelajaran. Journal of Student Research (JSR), 1(2), 1–17.
Gumilar, E. B. (2023). Problematika Pembelajaran Ipa Pada Kurikulum Merdeka Di Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1), 129.
Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Hapsari, G. P. P., & Zulherman, Z. (2021). Pengembangan Media Video Animasi Berbasis Aplikasi Canva untuk Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.Men. Jurnal Basicedu, 5(4), 2384–2394.
Okpatrioka. (2023). Research And Development (R&D) Penelitian Yang Inovatif Dalam Pendidikan. Dharma Acariya Nusantara: Jurnal Pendidikan, Bahasa Dan Budaya, 1(1), 86–100. https://doi.org/10.47861/jdan.v1i1.154
Pramono, K. H. (2022). Pengembangan Media Video Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Matakuliah Metode Penelitian Teater Menggunakan Model R&D. TONIL: Jurnal Kajian Sastra, Teater Dan Sinema, 19(1), 9–16. https://doi.org/10.24821/tnl.v19i1.6949
Ramadhani Asiri, F., Simarmata, R., Barella, Y., Jl Profesor Dokter H Hadari Nawawi, J. H., Laut, B., Pontianak Tenggara, K., Pontianak, K., & Barat, K. (2024). Strategi Belajar Mengajar (Project Based Learning). Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 3(2), 255–266. https://doi.org/10.30640/dewantara.v3i2.2644
Said, S. (2023). Peran Tekonologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Abad 21. Jurnal PenKoMi : Kajian Pendidikan & Ekonomi., 6(2), 194–202.
Savitri, K. P. B., & Manuaba, I. B. S. (2022). Pengembangan Video Animasi Berbasis Model PBL sebagai Media Pembelajaran Muatan Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas V. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(2), 344–354.
Simamora, B. (2022). Skala Likert, Bias Penggunaan dan Jalan Keluarnya. Jurnal Manajemen, 12(1), 84–93. https://doi.org/10.46806/jman.v12i1.978
Yunika, F. D. (2023). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran Di Era 4.0. CES (Confrence Of Elementary Studies), 286–291.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.