PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII SMA PERTIWI 1 PADANG

Authors

  • Muhammad Hakim Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Sefna Rismen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Alfi Yunita Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32840

Keywords:

Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran Konvensional

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan model Discovery Learning apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas XII F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII F6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Post-test, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,754. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05 pada taraf . Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada dengan menerapkan pembelajaran konvensional. 

Downloads

Download data is not yet available.

References

A Armini. (2024). Pendidikan Sebagai

Sarana Pengembangan Sumber Daya

Manusia. Jakarta: Prenada Media.

Fendrik. (2019). Pentingnya

Matematika dalam Kehidupan

Sehari-hari. Bandung: Alfabeta.

Hendriana, H., & Soemarmo, U.

(2014). Strategi Pembelajaran

Matematika Kontemporer.

Bandung: Refika Aditama.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik

dan Kontekstual dalam

Pembelajaran Abad 21. Bogor:

Ghalia Indonesia.

Kemendikbud. (2013). Permendikbud

Nomor 65 Tahun 2013 tentang

Standar Proses Pendidikan Dasar

dan Menengah. Jakarta:

Kementerian Pendidikan dan

Kebudayaan.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.

(2015). Penelitian Pendidikan

Matematika. Bandung: Refika

Aditama.

Evaluasi Pendidikan, 5(2), 88–96.

Saifuddin, A. (2014). Strategi

Pembelajaran Aktif dengan

Discovery Learning. Jakarta:

Rajawali Pers.

Sekarsari, A., & Wicaksono, T. (2023).

Sintaks Pembelajaran Discovery

Learning pada Kurikulum Merdeka.

Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(4),

144–152.

Siahaan, R., & Surya, E. (2018).

Tujuan Pembelajaran Matematika

di Sekolah. Jurnal Pendidikan

Matematika, 12(2), 99–107.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Pendidikan: Pendekatan

Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sunaryo, S., dkk. (2024). Indikator

Kemampuan Komunikasi

Matematis. Jurnal Pendidikan

Matematika, 18(1), 55–63.

Widiana, I. W., & Jampel, I. N. (2016).

Implementasi Pembelajaran

Konvensional di Sekolah

Menengah. Jurnal Pendidikan

Indonesia, 5(1), 77–87.

Widyastuti, R. (2015). Discovery

Learning sebagai Alternatif

Pembelajaran Matematika. Jurnal

Pendidikan Matematika, 7(1), 23–

31.

Wijayanto, A. (2014). Pengaruh

Discovery Learning terhadap

Kemampuan Komunikasi

Matematis Siswa. Jurnal

Pendidikan Matematika, 8(2), 101–

110.

Downloads

Published

2025-09-11