PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DISCOVERY LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS SISWA KELAS XII SMA PERTIWI 1 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32840Keywords:
Discovery Learning, Kemampuan Komunikasi Matematis, Pembelajaran KonvensionalAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan komunikasi matematis siswa yang rendah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dengan model Discovery Learning apakah kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada menerapkan pembelajaran konvensional. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan posttest only control group design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII SMA Pertiwi 1 Padang. Teknik yang digunakan pada penelitian ini adalah random sampling. Terpilih sebagai sampel penelitian ini adalah kelas XII F1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XII F6 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu Post-test, berbentuk essay dengan reliabilitas 0,754. Selanjutnya pengujian hipotesis menggunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh P-Value < 0,05 yaitu 0,04 < 0,05 pada taraf . Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan menerapkan model Discovery Learning kemampuan komunikasi matematis siswa lebih baik dari pada dengan menerapkan pembelajaran konvensional.Downloads
References
A Armini. (2024). Pendidikan Sebagai
Sarana Pengembangan Sumber Daya
Manusia. Jakarta: Prenada Media.
Fendrik. (2019). Pentingnya
Matematika dalam Kehidupan
Sehari-hari. Bandung: Alfabeta.
Hendriana, H., & Soemarmo, U.
(2014). Strategi Pembelajaran
Matematika Kontemporer.
Bandung: Refika Aditama.
Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik
dan Kontekstual dalam
Pembelajaran Abad 21. Bogor:
Ghalia Indonesia.
Kemendikbud. (2013). Permendikbud
Nomor 65 Tahun 2013 tentang
Standar Proses Pendidikan Dasar
dan Menengah. Jakarta:
Kementerian Pendidikan dan
Kebudayaan.
Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R.
(2015). Penelitian Pendidikan
Matematika. Bandung: Refika
Aditama.
Evaluasi Pendidikan, 5(2), 88–96.
Saifuddin, A. (2014). Strategi
Pembelajaran Aktif dengan
Discovery Learning. Jakarta:
Rajawali Pers.
Sekarsari, A., & Wicaksono, T. (2023).
Sintaks Pembelajaran Discovery
Learning pada Kurikulum Merdeka.
Jurnal Inovasi Pendidikan, 13(4),
144–152.
Siahaan, R., & Surya, E. (2018).
Tujuan Pembelajaran Matematika
di Sekolah. Jurnal Pendidikan
Matematika, 12(2), 99–107.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Pendidikan: Pendekatan
Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sunaryo, S., dkk. (2024). Indikator
Kemampuan Komunikasi
Matematis. Jurnal Pendidikan
Matematika, 18(1), 55–63.
Widiana, I. W., & Jampel, I. N. (2016).
Implementasi Pembelajaran
Konvensional di Sekolah
Menengah. Jurnal Pendidikan
Indonesia, 5(1), 77–87.
Widyastuti, R. (2015). Discovery
Learning sebagai Alternatif
Pembelajaran Matematika. Jurnal
Pendidikan Matematika, 7(1), 23–
31.
Wijayanto, A. (2014). Pengaruh
Discovery Learning terhadap
Kemampuan Komunikasi
Matematis Siswa. Jurnal
Pendidikan Matematika, 8(2), 101–
110.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.