PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROYEK TERINTEGRASI STEM PADA MATERI TRANSPOR DAN PERTUKARAN ZAT PADA MANUSIA FASE F DI SMA/MA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32839Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran biologi, khususnya pada materi sistem pernapasan manusia fase F. LKPD yang digunakan di sekolah masih bersifat konvensional, berisi soal latihan tanpa aktivitas nyata sehingga siswa cenderung pasif, mudah bosan, dan mengalami kesulitan memahami konsep. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan mengembangkan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) berbasis proyek terintegrasi STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) yang valid dan praktis digunakan pada pembelajaran biologi di SMA/MA. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4-D yang meliputi tahap define, design, develop, dan disseminate, namun dibatasi sampai tahap develop. Data diperoleh melalui uji validitas oleh ahli serta uji praktikalitas oleh guru dan peserta didik. Analisis data dilakukan secara deskriptif kuantitatif menggunakan persentaseHasil penelitian menunjukkan bahwa LKPD yang dikembangkan memperoleh skor validitas sebesar 96,10% dengan kategori sangat valid, meliputi aspek kelayakan isi, kebahasaan, didaktik, dan kegrafikan. Uji praktikalitas oleh tiga guru biologi mencapai skor 95% (sangat praktis), sedangkan uji praktikalitas oleh 31 peserta didik memperoleh skor 92% (sangat praktis). Temuan ini membuktikan bahwa LKPD berbasis proyek terintegrasi STEM tidak hanya menarik dan mudah digunakan, tetapi juga mampu membantu siswa belajar lebih aktif, kontekstual, dan bermakna. Dengan demikian, produk ini layak dijadikan alternatif bahan ajar untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka dan meningkatkan kualitas pembelajaran biologi.Downloads
Download data is not yet available.
Downloads
Published
2025-09-11
Issue
Section
Articles
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.