IMPLEMENTASI PROJECT BASED LEARNING DALAM KEGIATAN PROYEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DI SMA N 4 SOLOK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32838Keywords:
Project Based Learning, Pancasila Student Profile, Merdeka CurriculumAbstract
Pendidikan abad ke-21 menuntut inovasi pembelajaran yang tidak hanya berorientasi pada aspek kognitif, tetapi juga penguatan karakter dan keterampilan abad 21. Salah satu wujud implementasi kurikulum merdeka adalah Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) yang bertujuan membentuk karakter peserta didik sesuai nilai-nilai Pancasila. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan implementasi model Project Based Learning (PJBL) dalam kegiatan P5 di SMA Negeri 4 Solok, meliputi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi, serta hambatan dan strategi yang ditempuh guru maupun siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri atas reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PJBL dalam kegiatan P5 di SMA N 4 Solok terlaksana dengan cukup baik. Guru menyusun modul projek, memanfaatkan media pembelajaran yang relevan, serta menyusun instrumen evaluasi yang sesuai. Siswa terlibat aktif dalam setiap tahap kegiatan, mulai dari eksplorasi budaya lokal, perancangan proyek, praktik lapangan, hingga presentasi hasil berupa produk nyata. Kendala yang dihadapi meliputi keterbatasan waktu, kurangnya pemahaman guru terkait konsep P5 berbasis PjBL, serta sarana pendukung yang belum optimal. Meski demikian, strategi berupa kolaborasi guru, penyesuaian jadwal, serta bimbingan intensif mampu menjadi solusi. Secara keseluruhan, penerapan PJBL dalam kegiatan P5 dengan tema kearifan lokal di SMA N 4 Solok efektif meningkatkan keterampilan kolaborasi, kreativitas, kemandirian, serta kecintaan siswa terhadap budaya lokal. Hal ini menunjukkan bahwa PJBL dapat menjadi pendekatan yang tepat dalam mewujudkan dimensi Profil Pelajar Pancasila, meskipun masih membutuhkan peningkatan dalam aspek sosialisasi, manajemen waktu, dan penyediaan fasilitas.Downloads
References
serupa oleh Supriyanto (2021) juga
menunjukkan bahwa pembelajaran
berbasis proyek dapat meningkatkan
keterampilan abad 21 sekaligus
memperkuat karakter siswa. Dengan
demikian, penelitian ini menegaskan
bahwa PjBL merupakan strategi
pembelajaran yang tepat untuk
mewujudkan tujuan P5 dalam
Kurikulum Merdeka.
Meskipun demikian, penelitian
juga menemukan adanya hambatan,
di antaranya keterbatasan waktu,
sarana yang belum optimal, serta
pemahaman guru yang masih
terbatas mengenai integrasi P5
berbasis PjBL. Kondisi ini sesuai
dengan pernyataan Fauzan, S.Pd.
selaku Wakil Kepala Sekolah bidang
kurikulum, bahwa guru masih
kesulitan dalam menentukan tema,
menyusun modul, dan mengatur
alokasi waktu kegiatan. Hal ini
menunjukkan perlunya peningkatan
kompetensi guru melalui pelatihan,
workshop, maupun pendampingan
teknis. Sejalan dengan pendapat
Mujiburrahman (2022), keberhasilan
penerapan PjBL sangat ditentukan
oleh kesiapan guru dalam
merancang, melaksanakan, dan
mengevaluasi pembelajaran berbasis
proyek.
Secara keseluruhan,
implementasi PjBL dalam kegiatan
P5 di SMA Negeri 4 Solok telah
memberikan kontribusi positif dalam
penguatan Profil Pelajar Pancasila.
Pembelajaran ini tidak hanya
meningkatkan pengetahuan
akademik, tetapi juga menumbuhkan
karakter dan keterampilan yang
relevan dengan tuntutan abad 21.
Namun demikian, agar penerapannya
lebih optimal, dibutuhkan dukungan
dari berbagai pihak, termasuk
penyediaan fasilitas yang memadai,
pengelolaan waktu yang lebih efektif,
serta program penguatan kapasitas
guru. Dengan dukungan tersebut,
PjBL berpotensi besar menjadi model
pembelajaran yang berkelanjutan
dalam mewujudkan generasi pelajar
Pancasila yang unggul.
D. Kesimpulan
Penelitian ini menyimpulkan
bahwa implementasi Project Based
Learning (PjBL) dalam kegiatan
Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila (P5) di SMA Negeri 4
Solok telah berjalan dengan cukup
baik dan memberikan dampak positif
bagi siswa. Melalui PjBL, siswa
terlibat aktif dalam setiap tahap
pembelajaran, mulai dari
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.