PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 15 PADANG

Authors

  • Revi Hanisa Rahma Universitas Negeri Padang
  • Dedi Hermon Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32837

Keywords:

School Physical Environment, Interest in Learning

Abstract

Sekolah berperan penting dalam pendidikan dan kualitas masyarakat. Tanpa sekolah, pendidikan di Indonesia terganggu, yang dapat menyebabkan pengangguran. Sekolah mendidik anak-anak dan menyediakan sarana yang memadai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 15 Padang, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 15 Padang tahun ajaran 2025/2026, dengan sampel 313 siswa yang diambil secara proportional sampling. Analisis data menggunakan SPSS versi 22, meliputi uji normalitas, linearitas, korelasi, regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan fisik sekolah dan minat belajar siswa, dengan koefisien korelasi 0.533 (hubungan sedang) dan koefisien determinasi 28.4%, berarti lingkungan fisik sekolah berkontribusi 28.4% terhadap variasi minat belajar siswa, sedangkan 71.6% dipengaruhi faktor lain.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aminah, S. (2017). Pengaruh

lingkungan belajar terhadap

prestasi belajar siswa di SMA

Negeri 2 Muaro Jambi. Artikel

Ilmiah (Bimbingan Konseling), 1(1),

1–9.

Apriyani, R., Nugraha, U., & Yuliawan,

E. (2022). Minat Siswa Teradap

Mata Pelajaran Pendidikan

Jasmani Kelas X Sma Negeri 12

Kota Jambi Pada Masa New

Normal. Journal of SPORT (Sport,

Physical Education, Organization,

Recreation, and Training), 6(1), 38–

44.

https://doi.org/10.37058/sport.v6i1.

5022

Haris, M. A., & Mustari, M. (2023).

Meningkatan Kualitas

Pembelajaran Melalui Peningkatan

Pengelolaan Sarana Dan

Prasarana Pendidikandi Studi Di

Smpn 4 Narmada. Khazanah

Pendidikan, 17(1), 97.

https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.1

5839

Hia, E., Hulu, K., Harefa, A. R., Biologi,

P., Nias, U., Yos, J., Ujung, S.,

Gunungsitoli, K., Gunungsitoli, K., &

Utara, S. (2023). Pengaruh

Lingkungan Sekolah terhadap

Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1

Idanogawo. Journal on Education,

06(01), 6094–6102.

Julian, M. H. (2021). Pengaruh

Lingkungan Fisik Sekolah

Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah

Menengah Pertama Negeri 3

Rumbio Jaya Skripsi diajukan untuk

Memperoleh Gelar.

Macintyre, A., & Sontag, E. D. (1993).

Finiteness results for sigmoidal

“neural” networks. Proceedings of

the Annual ACM Symposium on

Theory of Computing, Part

F1295(June), 325–334.

https://doi.org/10.1145/167088.167

192

Maulina, S. I., & Ghofur, M. A. (2023).

The Influence of the Family

Environment, School Environment,

and Community Environment on

Economic Learning Outcomes of

State Senior High School 17

Surabaya Students. JKIP : Jurnal

Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 93–

104. http://journal.al-

matani.com/index.php/jkip/index

Nokwanti. (2013). Pengaruh Tingkat

Disiplin dan Lingkungan Belajar di

Sekolah terhadap Prestasi Belajar

Siswa SMP Negeri 2 Warungasem

Kabupaten Batang. Jurnal

Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran

Semarang, 1(1), 80–89.Nur Hidayah, S., Zulaihati, S., &

Sumiati, A. (2023). Pengaruh Minat

Belajar, Motivasi Belajar, Dan

Kecerdasan Emosional Terhadap

Prestasi Belajar Siswa Pada Mata

Pelajaran Akuntansi Keuangan Di

Smk Negeri 46 Jakarta. Prosiding

Konferensi Ilmiah Akuntansi, 10(0),

13220.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KI

A/article/view/18473

Nurdiana, R. (2023). Analisis

Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas

terhadap Minat Aktivitas Belajar

Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal

Pendidikan Islam Anak Usia Dini,

1(1), 1–7.

https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1

.16

Nurhayati, N., & Dewi, S. (2017).

Pengaruh Lingkungan Fisik

Sekolah Terhadap Minat Belajar

Siswa MTs NW Pringgabaya

Lombok Timur. Geodika: Jurnal

Kajian Ilmu Dan Pendidikan

Geografi, 1(2), 41.

https://doi.org/10.29408/geodika.v1

i2.859

Qomaria, L., Prihandono, T., &

Yushardi. (2018). Analisis

Lingkungan Fisik Sekolah Dalam

Mendukung Proses Pembelajaran

Fisika Di Sma Negeri 4 Jember.

ORBITA: Jurnal Hasil Kajian,

Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan

Fisika, 1–8.

Ricardo, & Meilani, R. I. (2017).

Dampak Minat Dan Motivasi Belajar

Terhadap Hasil Belajar Siswa (The

Impacts Of Students’ Learning

Interest And Motivation On Their

Learning Outcomes). Jurnal

Pendidikan Manajemen

Perkantoran, 2(2), 188–201.

https://ejournal.upi.edu/index.php/j

pmanper/article/view/8108

Supardi. (2016). Kinerja Guru.

Jakarta: Grafindo Persada.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian

Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif,

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sunyoto, Danang. (2012). Teori,

Kuesioner, dan Analisis Data

Sumber Daya Manusia.

Yogyakarta:CAP

Downloads

Published

2025-10-04