PENGARUH LINGKUNGAN FISIK SEKOLAH TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA DI SMA NEGERI 15 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32837Keywords:
School Physical Environment, Interest in LearningAbstract
Sekolah berperan penting dalam pendidikan dan kualitas masyarakat. Tanpa sekolah, pendidikan di Indonesia terganggu, yang dapat menyebabkan pengangguran. Sekolah mendidik anak-anak dan menyediakan sarana yang memadai. Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh lingkungan fisik sekolah terhadap minat belajar siswa di SMA Negeri 15 Padang, menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa SMA Negeri 15 Padang tahun ajaran 2025/2026, dengan sampel 313 siswa yang diambil secara proportional sampling. Analisis data menggunakan SPSS versi 22, meliputi uji normalitas, linearitas, korelasi, regresi linier sederhana, uji hipotesis, dan koefisien determinasi. Hasil menunjukkan pengaruh positif dan signifikan antara lingkungan fisik sekolah dan minat belajar siswa, dengan koefisien korelasi 0.533 (hubungan sedang) dan koefisien determinasi 28.4%, berarti lingkungan fisik sekolah berkontribusi 28.4% terhadap variasi minat belajar siswa, sedangkan 71.6% dipengaruhi faktor lain.Downloads
References
Aminah, S. (2017). Pengaruh
lingkungan belajar terhadap
prestasi belajar siswa di SMA
Negeri 2 Muaro Jambi. Artikel
Ilmiah (Bimbingan Konseling), 1(1),
1–9.
Apriyani, R., Nugraha, U., & Yuliawan,
E. (2022). Minat Siswa Teradap
Mata Pelajaran Pendidikan
Jasmani Kelas X Sma Negeri 12
Kota Jambi Pada Masa New
Normal. Journal of SPORT (Sport,
Physical Education, Organization,
Recreation, and Training), 6(1), 38–
44.
https://doi.org/10.37058/sport.v6i1.
5022
Haris, M. A., & Mustari, M. (2023).
Meningkatan Kualitas
Pembelajaran Melalui Peningkatan
Pengelolaan Sarana Dan
Prasarana Pendidikandi Studi Di
Smpn 4 Narmada. Khazanah
Pendidikan, 17(1), 97.
https://doi.org/10.30595/jkp.v17i1.1
5839
Hia, E., Hulu, K., Harefa, A. R., Biologi,
P., Nias, U., Yos, J., Ujung, S.,
Gunungsitoli, K., Gunungsitoli, K., &
Utara, S. (2023). Pengaruh
Lingkungan Sekolah terhadap
Minat Belajar Siswa SMK Negeri 1
Idanogawo. Journal on Education,
06(01), 6094–6102.
Julian, M. H. (2021). Pengaruh
Lingkungan Fisik Sekolah
Terhadap Kinerja Guru Di Sekolah
Menengah Pertama Negeri 3
Rumbio Jaya Skripsi diajukan untuk
Memperoleh Gelar.
Macintyre, A., & Sontag, E. D. (1993).
Finiteness results for sigmoidal
“neural” networks. Proceedings of
the Annual ACM Symposium on
Theory of Computing, Part
F1295(June), 325–334.
https://doi.org/10.1145/167088.167
192
Maulina, S. I., & Ghofur, M. A. (2023).
The Influence of the Family
Environment, School Environment,
and Community Environment on
Economic Learning Outcomes of
State Senior High School 17
Surabaya Students. JKIP : Jurnal
Kajian Ilmu Pendidikan, 4(1), 93–
104. http://journal.al-
matani.com/index.php/jkip/index
Nokwanti. (2013). Pengaruh Tingkat
Disiplin dan Lingkungan Belajar di
Sekolah terhadap Prestasi Belajar
Siswa SMP Negeri 2 Warungasem
Kabupaten Batang. Jurnal
Pendidikan Ekonomi IKIP Veteran
Semarang, 1(1), 80–89.Nur Hidayah, S., Zulaihati, S., &
Sumiati, A. (2023). Pengaruh Minat
Belajar, Motivasi Belajar, Dan
Kecerdasan Emosional Terhadap
Prestasi Belajar Siswa Pada Mata
Pelajaran Akuntansi Keuangan Di
Smk Negeri 46 Jakarta. Prosiding
Konferensi Ilmiah Akuntansi, 10(0),
13220.
https://jurnal.umj.ac.id/index.php/KI
A/article/view/18473
Nurdiana, R. (2023). Analisis
Pengaruh Lingkungan Fisik Kelas
terhadap Minat Aktivitas Belajar
Anak Usia Dini. Thufuli: Jurnal
Pendidikan Islam Anak Usia Dini,
1(1), 1–7.
https://doi.org/10.62070/thufuli.v1i1
.16
Nurhayati, N., & Dewi, S. (2017).
Pengaruh Lingkungan Fisik
Sekolah Terhadap Minat Belajar
Siswa MTs NW Pringgabaya
Lombok Timur. Geodika: Jurnal
Kajian Ilmu Dan Pendidikan
Geografi, 1(2), 41.
https://doi.org/10.29408/geodika.v1
i2.859
Qomaria, L., Prihandono, T., &
Yushardi. (2018). Analisis
Lingkungan Fisik Sekolah Dalam
Mendukung Proses Pembelajaran
Fisika Di Sma Negeri 4 Jember.
ORBITA: Jurnal Hasil Kajian,
Inovasi, Dan Aplikasi Pendidikan
Fisika, 1–8.
Ricardo, & Meilani, R. I. (2017).
Dampak Minat Dan Motivasi Belajar
Terhadap Hasil Belajar Siswa (The
Impacts Of Students’ Learning
Interest And Motivation On Their
Learning Outcomes). Jurnal
Pendidikan Manajemen
Perkantoran, 2(2), 188–201.
https://ejournal.upi.edu/index.php/j
pmanper/article/view/8108
Supardi. (2016). Kinerja Guru.
Jakarta: Grafindo Persada.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian
Pendidikan: Kuantitatif, Kualitatif,
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2022). Metode Penelitian
Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Sunyoto, Danang. (2012). Teori,
Kuesioner, dan Analisis Data
Sumber Daya Manusia.
Yogyakarta:CAP
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.