KELAYAKAN DAN EFEKTIFITAS PRODUK EVALUASI PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN KAHOOT! PADA IPAS KELAS V SDN SEMERU 6
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32834Keywords:
Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar, Kahoot, KelayakanAbstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan evaluasi pembelajaran berbasis Kahoot pada topik “Indonesiaku Kaya Hayatinya” di kelas V SDN Semeru 6 Kota Bogor. Latar belakang penelitian adalah penggunaan evaluasi konvensional yang masih memunculkan kecurangan serta rendahnya motivasi siswa. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model ADDIE. Hasil validasi menunjukkan produk sangat layak, dengan penilaian ahli media 94%, ahli bahasa 96%, ahli materi 92%, respons siswa 93%, dan respons guru 92%. Dari 20 soal yang dikembangkan, 15 dinyatakan valid dengan reliabilitas tinggi. Tingkat kesukaran rata-rata berada pada kategori sedang (0,57) dan daya pembeda baik (0,69). Uji efektivitas melalui N-Gain menghasilkan skor 0,22 (rendah), dengan peningkatan rata-rata nilai dari 47 menjadi 59. Dengan demikian, produk dinyatakan sangat layak digunakan, meskipun efektivitas peningkatan hasil belajar masih rendah. Kata Kunci: Evaluasi Pembelajaran, Hasil Belajar, Kahoot, KelayakanDownloads
References
Afifah, M., Hanum, R., Fithriani, R., & Saragih, L. F. (2022). The Effectiveness of Project Based Learning Assisted by Video in Improving Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Penelitian, 7(1), 24–36.
Aflisia, N., Karolina, A., Yanuarti, E., & Raihan, M. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Kahoot untuk Meningkatkan Penguasaan Unsur Bahasa Arab. Al-Muktamar As-Sanawi Li Al-Lughah Al-Arabiyyah (MUSLA), 1(1), 1–17.
Chandra, M. F., Irfandi, & Yuhelman, N. (2023a). LITERATUR REVIEW : Pengembangan Media Kahoot sebagai Media Pembelajaran Siswa. JIPMuktj:Jurnal Ilmu Pendidikan Muhammadiyah Kramat Jati, 4(1), 42–46.
Dalimunthe, A., Affandi, M., & Suryanto, E. D. (2021). Pengembangan Modul Praktikum Teknik Digital Model Addie. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan, 8(1), 17. https://doi.org/10.24114/jtikp.v8i1.26777.
Febrianto, R., & Puspitaningsih, F. (2020). Pengembangan Buku Ajar Evaluasi Pembelajaran. Journal Education Research and Development.
Hidayat, F., & Nizar, M. (2021). Model Addie (Analysis, Design, Development, Implementation and Evaluation) Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Inovasi Pendidikan Agama Islam (JIPAI), 1(1), 28–38. https://doi.org/10.15575/jipai.v1i1.11042.
Jannah, K., & Pahlevi, T. (2020). Pengembangan Instrumen Penilaian Berbasis Higher Order Thinking Skills Berbantuan Aplikasi “Kahoot!” Pada Kompetensi Dasar Menerapkan Penanganan Surat Masuk Dan Surat Keluar Jurusan OTKP Di SMK Negeri 2 Buduran. Jurnal Pendidikan Administrasi Perkantoran (JPAP), 8(1), 108–121. https://doi.org/10.26740/jpap.v8n1.p108-121.
Melcin, M. S., Erna, M., & Haryanti, S. (2021). Pengembangan Soal Berfikir Kritis Menggunakan Software iSpring Quizmaker Sebagai Media Display Pada Materi Kesetimbangan Ion Dan pH Larutan Garam. Jurnal Kimia & Pendidikan Kimia, 3(2), 177–189. https://doi.org/10.20414/spin.v3i2.3985.
PGSD, T. D. (2024). Panduan Penulisan Proposal dan Skripsi.
Supriatini, Refson, & Mustofa. (2020). Pengembangan Alat Evaluasi Menggunakan Kahoot pada Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Bindo Sastra, 5305, 48–62. http://jurnal.um-palembang.ac.id/index.php/bisastra/index.
Wardana, O. Y. (2024). Analisis Penggunaan Kahoot oleh Guru dan Siswa SMA Santa Maria 1 Cirebon. Tahsinia, 5(8), 1155–1168
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.