PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENCERGAHAN PERILAKU BULLYING KELAS VII SMP NEGERI 27 PADANG

Authors

  • Nurul Chairani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Rici Kardo Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Suryadi Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32821

Keywords:

Bimbingan Kelompok , Perilaku Bullying, Peserta didik

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku bullying yang terjadi di sekolah, seperti memeras teman, berkata kotor, mengejek, hingga tindakan fisik yang menimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dalam pencegahan perilaku bullying pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Padang, ditinjau dari indikator bullying verbal, fisik, relasional, dan elektronik.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aisyah, A., & Kardo, R. (2023).

Peningkatan Komunikasi Peserta

Didik Melalui Layanan

Bimbingan Kelompok dengan

Menggunakan Metode Diskusi Di

MAN 3 Padang Improving

Student Communication Through

Group Guidance Services Using

the Discussion Method at MAN 3

Padang ( Experimental Study in

C. 9(2), 161–169.

Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian .

Yogyakarta:Bina Aksara.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian

Suatu Pendekatan Praktik. Rineka

Cipta.

Asrorurrosyidin, M., & dkk. (2024). Vol.

2, No. 1b, Juli Tahun 2024. 2(1).

Baharuddin, Z., Aryani, F., Pandang, A.,

Konseling, B., & Makassar, U. N.

(2024). Pengaruh Layanan

Bimbingan Kelompok Teknik Role

Play Terhadap Peningkatan Self

Efficacy dalam Belajar. 5(2), 61–

68.

Bungin. M. Burhan. (2005). Mteodologi

Penelitian Kuantitatif Komunitas

Ekonomi dan Kebiijakan Publik

Serta Ilmu Sosial Lainnya.

Jakarta:Kencana Prenada Media

Grup.

Efrina Salma Nugraha, Alpian, Y., &

Prawiyogi, A. G. (2019). Analisis

Kebijakan Penerapan Pencegahan

Anti Bullying Di Sekolah Dasar.

Concept and Communication,

null(23), 301–316.

Faristin, V. A., Ismanto, H. S., &

Indonesia, S. (2023). [VOLUME 1

NOMOR 1, AGUSTUS] (2023)

Faktor-Faktor yang

Mempengaruhi Motivasi Belajar

Siswa SMA Factors Influencing

High School Students’ Learning

Motivation. 1(20), 125–153.

Ghazali, A., Swastinah, T., & Budiono,

A. N. (n.d.). Efektifitas layanan

bimbingan kelompok terhadap

minat belajar siswa. 60–67.Hartanti.M.Psi, D. J. (2022). Bimbingan

Kelompok. In Book.

Hasanah, B. U., & Munir, A. F. (2024).

Implementasi Bimbingan

kelompok untuk mengembangkan

sikap Altruisme siswa SMP dalam

Menghadapi Era Society. 2, 21–

30.

Haslan, M. M., & Fauzan, A. (2021).

Faktor-Faktor Mempengaruhi

Terjadinya Perilaku Perundungan

( Bullying ) pada Siswa SMPN Se-

Kecamatan Kediri Lombok Barat.

9(2), 24–29.

Istiqomah, S., Nurkholidah, E., &

Pranowo, T. A. (2023). Efektivitas

bimbingan kelompok teknik role

playing untuk peningkatakan

kepercayaan diri siswa sekolah

menengah pertama. 8(1), 138–

144.

Lestari, W. S. (2016). ANALISIS

FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB

BULLYING DI KALANGAN

PESERTA DIDIK. 3(2), 147–157.

Maiseptian, F., Dewita, E., Iqra, J. I.,

Muhammadiyah, U., Barat, S.,

Muhammadiyah, U., & Barat, S.

(2022). Efektivitas Layanan

Bimbingan Kelompok

Menggunakan Teknik Cognitive

Behavior Therapy ( CBT ) untuk

Meningkatkan Kemandirian

Belajar Remaja Fadil Maiseptian

Erna Dewita Rosdialena

Pendahuluan Kondisi pendidikan

Indonesia menjadi tolak ukur nilai

dan martab. 16, 102–117.

Mahmud.(2011). Metodologi Penelitian

Penelitian Pendidikan. Bandung:

Pustaka Setia

Nurihsan. (2006). Bimbingan Dan

Konseling Dalam Berbagai Latar

Kehidupan. Bandung: Refika

Aditama

Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022).

Perilaku Bullying Terhadap

Teman Sebaya Pada Remaja.

Educativo: Jurnal Pendidikan,

1(2), 614–620.

Prayitno. (2017). Konseling Profesional

Yang Berhasil. Padang:UNP

Press.

Purnaningtias, F., & dkk. (2020). Analisis

peran pendidikan moral untuk

mengurangi aksi. 4(1).

Riduwan. (2006). Metode dan Teknik

Menyusun Tesis.

Bandung:Alfabeta.

Riduwan. (2012). Belajar Mudah

Penelitian Untuk Guru Karyawan

dan Pemula. Bandung: Alfabeta.

Safitri, N. M. (2021). dengan teman

sebaya tersebut di dalam

Tinjauan Pustaka ( 2007 : iii )

diperoleh data bahwa bimbingan

kelompok memiliki skor Zayiroh

ini menunjukan bahwa bimbingan

kelompok. 7–9.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian

Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian

Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.

Bandung: Alfabeta.

Sisca Indriyani. 2019 “Analisis Perilaku

Bullying Siswa Seklah Menengah

Atas Al-azhar 3 Bandar Lampung

Tahun 2018/2019” Skripsi. FKIP,

Program Studi Bimbingan dan

Konseling, Universitas Lampung :

Lampung

Utomo, K. D. M. (2019). Cognitive

Behavuioral Therapy untuk

Meningkatkan Self-Efficacy

Akademis pada Siswa SMAKorban Bullying Relevansional

solution : Journal of Counseling

and Personal Development,

Nomor (1), Halaman 40-50

YM,Wella Prans (2020). Hubungan

Kontrol Diri dengan Perilaku

Bullying pada Peserta Didik Fase

F di SMA Negeri 2 Bukittinggi

Skripsi.

Yuyarti, R., Alizamar, A., & Sukmawati,

I. (2013). Upaya Guru Bimbingan

dan Konseling dalam Mencegah

Perilaku Bullying di SMA Negeri

Se Kota Padang. Konselor ,

2(3),21-25

Downloads

Published

2025-09-01