PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM PENCERGAHAN PERILAKU BULLYING KELAS VII SMP NEGERI 27 PADANG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32821Keywords:
Bimbingan Kelompok , Perilaku Bullying, Peserta didikAbstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perilaku bullying yang terjadi di sekolah, seperti memeras teman, berkata kotor, mengejek, hingga tindakan fisik yang menimbulkan ketidaknyamanan dalam proses belajar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan bimbingan kelompok dalam pencegahan perilaku bullying pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 27 Padang, ditinjau dari indikator bullying verbal, fisik, relasional, dan elektronik.Downloads
References
Aisyah, A., & Kardo, R. (2023).
Peningkatan Komunikasi Peserta
Didik Melalui Layanan
Bimbingan Kelompok dengan
Menggunakan Metode Diskusi Di
MAN 3 Padang Improving
Student Communication Through
Group Guidance Services Using
the Discussion Method at MAN 3
Padang ( Experimental Study in
C. 9(2), 161–169.
Arikunto. (2006). Metodologi Penelitian .
Yogyakarta:Bina Aksara.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian
Suatu Pendekatan Praktik. Rineka
Cipta.
Asrorurrosyidin, M., & dkk. (2024). Vol.
2, No. 1b, Juli Tahun 2024. 2(1).
Baharuddin, Z., Aryani, F., Pandang, A.,
Konseling, B., & Makassar, U. N.
(2024). Pengaruh Layanan
Bimbingan Kelompok Teknik Role
Play Terhadap Peningkatan Self
Efficacy dalam Belajar. 5(2), 61–
68.
Bungin. M. Burhan. (2005). Mteodologi
Penelitian Kuantitatif Komunitas
Ekonomi dan Kebiijakan Publik
Serta Ilmu Sosial Lainnya.
Jakarta:Kencana Prenada Media
Grup.
Efrina Salma Nugraha, Alpian, Y., &
Prawiyogi, A. G. (2019). Analisis
Kebijakan Penerapan Pencegahan
Anti Bullying Di Sekolah Dasar.
Concept and Communication,
null(23), 301–316.
Faristin, V. A., Ismanto, H. S., &
Indonesia, S. (2023). [VOLUME 1
NOMOR 1, AGUSTUS] (2023)
Faktor-Faktor yang
Mempengaruhi Motivasi Belajar
Siswa SMA Factors Influencing
High School Students’ Learning
Motivation. 1(20), 125–153.
Ghazali, A., Swastinah, T., & Budiono,
A. N. (n.d.). Efektifitas layanan
bimbingan kelompok terhadap
minat belajar siswa. 60–67.Hartanti.M.Psi, D. J. (2022). Bimbingan
Kelompok. In Book.
Hasanah, B. U., & Munir, A. F. (2024).
Implementasi Bimbingan
kelompok untuk mengembangkan
sikap Altruisme siswa SMP dalam
Menghadapi Era Society. 2, 21–
30.
Haslan, M. M., & Fauzan, A. (2021).
Faktor-Faktor Mempengaruhi
Terjadinya Perilaku Perundungan
( Bullying ) pada Siswa SMPN Se-
Kecamatan Kediri Lombok Barat.
9(2), 24–29.
Istiqomah, S., Nurkholidah, E., &
Pranowo, T. A. (2023). Efektivitas
bimbingan kelompok teknik role
playing untuk peningkatakan
kepercayaan diri siswa sekolah
menengah pertama. 8(1), 138–
144.
Lestari, W. S. (2016). ANALISIS
FAKTOR-FAKTOR PENYEBAB
BULLYING DI KALANGAN
PESERTA DIDIK. 3(2), 147–157.
Maiseptian, F., Dewita, E., Iqra, J. I.,
Muhammadiyah, U., Barat, S.,
Muhammadiyah, U., & Barat, S.
(2022). Efektivitas Layanan
Bimbingan Kelompok
Menggunakan Teknik Cognitive
Behavior Therapy ( CBT ) untuk
Meningkatkan Kemandirian
Belajar Remaja Fadil Maiseptian
Erna Dewita Rosdialena
Pendahuluan Kondisi pendidikan
Indonesia menjadi tolak ukur nilai
dan martab. 16, 102–117.
Mahmud.(2011). Metodologi Penelitian
Penelitian Pendidikan. Bandung:
Pustaka Setia
Nurihsan. (2006). Bimbingan Dan
Konseling Dalam Berbagai Latar
Kehidupan. Bandung: Refika
Aditama
Permata, J. T., & Nasution, F. Z. (2022).
Perilaku Bullying Terhadap
Teman Sebaya Pada Remaja.
Educativo: Jurnal Pendidikan,
1(2), 614–620.
Prayitno. (2017). Konseling Profesional
Yang Berhasil. Padang:UNP
Press.
Purnaningtias, F., & dkk. (2020). Analisis
peran pendidikan moral untuk
mengurangi aksi. 4(1).
Riduwan. (2006). Metode dan Teknik
Menyusun Tesis.
Bandung:Alfabeta.
Riduwan. (2012). Belajar Mudah
Penelitian Untuk Guru Karyawan
dan Pemula. Bandung: Alfabeta.
Safitri, N. M. (2021). dengan teman
sebaya tersebut di dalam
Tinjauan Pustaka ( 2007 : iii )
diperoleh data bahwa bimbingan
kelompok memiliki skor Zayiroh
ini menunjukan bahwa bimbingan
kelompok. 7–9.
Sugiyono. (2009). Metode Penelitian
Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif
dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian
Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Bandung: Alfabeta.
Sisca Indriyani. 2019 “Analisis Perilaku
Bullying Siswa Seklah Menengah
Atas Al-azhar 3 Bandar Lampung
Tahun 2018/2019” Skripsi. FKIP,
Program Studi Bimbingan dan
Konseling, Universitas Lampung :
Lampung
Utomo, K. D. M. (2019). Cognitive
Behavuioral Therapy untuk
Meningkatkan Self-Efficacy
Akademis pada Siswa SMAKorban Bullying Relevansional
solution : Journal of Counseling
and Personal Development,
Nomor (1), Halaman 40-50
YM,Wella Prans (2020). Hubungan
Kontrol Diri dengan Perilaku
Bullying pada Peserta Didik Fase
F di SMA Negeri 2 Bukittinggi
Skripsi.
Yuyarti, R., Alizamar, A., & Sukmawati,
I. (2013). Upaya Guru Bimbingan
dan Konseling dalam Mencegah
Perilaku Bullying di SMA Negeri
Se Kota Padang. Konselor ,
2(3),21-25
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.