PENERAPAN MEDIA AUDIOVISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SEKOLAH DASAR DALAM PEMBELAJARAN SENI BUDAYA
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i3.32816Keywords:
learning outcomes, audiovisual media, cultural artsAbstract
This study aims to examine the effectiveness of using audiovisual media in improving learning outcomes of elementary school students in Cultural Arts subjects. This research uses a literature review method sourced from various relevant national scientific journals between 2019 and 2025. Data was collected through searching articles using certain keywords such as "learning outcomes", "audiovisual media", and "elementary cultural arts". The results of the analysis show that the use of audiovisual media, such as learning videos, interactive animations, and other audio-visual recordings, is able to improve student learning outcomes in cognitive, affective, and psychomotor aspects. The increase in learning outcomes can be seen from the pretest and posttest scores which have increased significantly after the application of this media. However, some of the obstacles faced are limited facilities, lack of teacher understanding, and not maximizing the integration of technology in learning. This study provides evidence that the effective use of audiovisual media can support the improvement of learning quality and students' attraction to Cultural Arts materials in elementary schools.Downloads
References
Afrom, Ichyatul, Yuliati Eka Asi, Jimy O. Andin, and Kenny Yohanes Tiado. 2020. “Penerapan Multimedia Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dalam Seni Drama Di Kelas IX SMP Nusantara Palangka Raya.” Jurnal Tambuleng : Pendidikan Seni Drama, Tari, Dan Musik 1 (1): 72–82.
Akbar, Muhammad, Nur Rahmah Suryani, and M.Tahir. 2023. “Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran SBDP Melalui Media Audio Visual Di Kelas V SDN 6 Ampenan Kota Mataram Tahun Ajaran 2023.” Jurnal Literasi Dan Pembelajaran Indonesia 3 (2): 277–81. https://jurnalfkip.samawa-university.ac.id/JLPI/article/view/1/43.
Alif, Nur Aulia, Hikmawati Usman, and Hartoto. 2023. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sbdp Siswa Kelas V Upt Spf Sd Inpres Btn Ikip I Kota Makassar.” Jurnal Metafora Pendidikan 1 (2): 86–98. http://www.journal.arthamaramedia.co.id/index.php/jmp.
Ayuni, Gia Widi, and Syeilendra. 2024. “Meningkatkan Hasil Belajar Praktek Tari Galombang Melalui Media Audio Visual Di Kelas VII ( A ) SMP Negeri 22 Padang.” Jurnal Kajian Ilmu Seni, Media Dan Desain 1 (6).
AZIZAH, RIRI ULFAH. 2024. “SYSTEMATICLITERATURE REVIEW: PENGARUHMODEL PEMBELAJARAN DALAMMENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAMDAN BUDI PEKERTI.” Skripsi. UNIVERSITAS ISLAMNEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA. https://doi.org/10.4018/ijide.2021010101.
BUDIARTI, WIDA. 2017. “PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VIII MTs MA’ARIF NU 7 PURBOLINGGO TAHUN PELAJARAN 2016/2017.” Skripsi. INSTITUN AGAMA ISLAM NEGERI (IAIN) METRO.
Fitriani, Feri Firmansyah, and Naomi Diah Budi Setyaningrum. 2024. “Pengaruh Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Seni Tari.” Jurnal Pendidikan Seni & Seni Budaya 9 (1): 114–24.
Hardianti, Siti. 2018. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII SMPI DARUL HIKMAH MAKASSAR.” Skripsi. UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR.
Hasana, Nur, and Herlina. 2021. “Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar Sbdp Kelas V Sdn Ujung Tibu.” Elementary School of Education E-Journal 9 (2): 137–46.
Iswadi, Tiara Ananda. 2023. “Penerapan Media Audio Visual Dalam Metode Small Group Discussion Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VII Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) Di Mts Negeri 4 Jakarta.” Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
Nafiati, Dewi Amaliah. 2021. “Revisi Taksonomi Bloom: Kognitif, Afektif, Dan Psikomotorik.” Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum 21 (2): 151–72. https://doi.org/10.21831/hum.v21i2.29252.
Nurismy. 2024. “STUDI LITERATUR : PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SEKOLAH DASAR.” Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SYARIF HIDAYATULLAH JAKARTA.
PURWANINGSIH, PURWANINGSIH. 2023. “Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Pembelajaran Penemuan Pada Peserta Didik Kelas Viii Smp Negeri 8 Cikarang Utara Kabupaten Bekasi.” EDUCATOR : Jurnal Inovasi Tenaga Pendidik Dan Kependidikan 2 (4): 422–27. https://doi.org/10.51878/educator.v2i4.1929.
Rahma, Dinda Aliya, Mawardi, and Rahmawati Eka Saputri. 2025. “Media Audio Visual Dalam Pembelajaran Seni Budaya Tari Siswa Kelas V Sekolah Dasar Islam Asysyakirin Kota Tangerang.” Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) 4 (2): 5153–57.
Rissa Oktaviana. 2018. “IMPLEMENTASI E-OFFICE PADA BADAN PENELITIAN PENGEMBANGAN PROVINSI RIAU.” Skripsi. UNIVERSITAS ISLAM NEGERI SULTAN SYARIF KASIM RIAU PEKAN BARU.
Samsudin, Narwindy. 2022. “PENINGKATAN TEKNIK DASAR GERAK TARI MELALUI METODE DEMONSTRASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL Dalam PEMBELAJARAN SENI BUDAYA (TARI) Pada SISWA KELAS X Di SMAN 1 PASARWAJO.” Skripsi. Universitas Negeri Makassar.
Serungke, Mayang, Parulian Sibuea, Annisa Azzahra, Mutia Asmi Fadillah, Suci Rahmadani, and Rahmat Arian. 2023. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PROSES PEMBELAJARAN BAGI PESERTA DIDIK.” Jurnal Review Pendidikan Dan Pengajaran 6 (4). https://doi.org/10.55352/edu.v2i1.934.
Shovia, Rumaizha, Taufiqul Lutfiyah, Nuzuulul Ummah, Kurnia Dwi Prasetiyaningrum, and Fermana Valen Aguilera. 2024. “Pengaruh Media Pembelajaran Audio Visual Terhadap Pemahaman Konsep Gerak Tari Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar 2 (1): 601–10.
Suwitri, Ritu, Ana Novitasari, and Raimon Effendi. 2021. “Pengaruh Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Gerak Tari Siswa Sekolah Dasar.” Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan 3 (6): 4700–4707. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1539.
Turrohmah, M. 2017. “Hubungan Kompetensi Profesional Guru Qur’an Hadist Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Di MA Nurul Ulum Tulungagung Kecamatan Gading Rejo Kabupaten Pringsewu.” Skripsi. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung. https://www.zonareferensi.com/pengertian-hasil-belajar/.
Utami, Yulia Shinta Putri, Habib Cahyono, and Anggi Rahmani. 2023. “Penerapan Media Audio Visual Untuk Menigkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sbdp (Seni Budaya Dan Prakarya) Kelas V Sekolah Dasar.” Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi 7 (1): 2023. https://stkipsetiabudhi.e-journal.id/jpd.
Wardani, Lia. 2019. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Seni Budaya Dan Keterampilan Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Negeri 004 Rambah Samo.” Indonesian Journal of Basic Education 2 (1): 1–4.
Widiani, Ni Made. 2022. “Penggunaan Media Audio-Visual Pada Mata Pelajaran Seni Budaya Untuk Meningkatkan Keterampilan Membuat Karya Seni Siswa Kelas Ixb Semester 1 Smp N 2 Tabanan.” Majalah Ilmiah Untab 19 (1): 8–12.
Yasid, Juliawanti Abu, Haerun Ana, and Aris Badara. 2019. “PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI BERNYANYI UNISONO KELAS VI B MI PESRI KENDARI.” JURNAL Pembelajaran Seni & Budaya 4 (2): 65–69.
Zamroin, Fifa. 2022. “MEDIA AUDIO-VISUAL UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SBK.” Jurnal DIALEKTIKA: Jurnal Ilmu Sosial 20 (3): 139–44.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.