PENGEMBANGAN E-LKPD BERBASIS MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR TIGA VARIABEL FASE E MAN 3 PASAMAN BARAT

Authors

  • Annisa Aulia Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Radhya Yusri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Alfi Yunita Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32749

Keywords:

E-LKPD, Problem Based Learning (PBL), Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel, ADDIE, Validitas dan Praktis

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemanfaatan teknologi yang masih kurang pada bahan ajar sesuai dengan tuntutan kurikulum merdeka yang menuntut peserta didik untuk berpikir kritis dan belajar secara mandiri, sehingga membuat peserta didik kesulitan dalam memahami materi pembelajaran, khususnya materi sistem persamaan linear tiga variabel. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan E-LKPD valid dan praktis pada materi sistem persamaan linear tiga variabel.Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Produk yang dikembangkan berupa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi sistem persamaan linear tiga variabel. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X Fase E MAN 3 Pasaman Barat. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini berupa lembar validasi dan lembar uji praktikalitas.Berdasarkan hasil validitas E-LKPD oleh validator ahli media dan ahli materi diperoleh persentase penilaian akhir kevalidan E-LKPD 90,14% dengan kategori sangat valid. Nilai kepraktisan dengan pendidik memperoleh nilai akhir 86,66% dengan kategori sangat praktis dan nilai akhir uji praktikalitas peserta didik diperoleh persentase 86,28% dengan kategori sangat praktis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa E-LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Sistem Persamaan Linear Variabel Kelas X Fase E MAN 3 Pasaman Barat dinyatakan valid dan praktis untuk digunakan oleh pendidik dan peserta didik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, H., & Setyawati, R. W. (2016). Pentingnya peningkatan kemampuan pemecahan masalah melalui PBL untuk mempersiapkan generasi unggul menghadapi MEA [The importance of improving problem-solving ability through PBL to prepare a superior generation for AEC]. Proceedings of the National Mathematics Seminar (PRISMA) / Prosiding Seminar Nasional Matematika (PRISMA), 151–160.

Endah, S. N. (2020). Pengembangan Handout dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk Memfasilitasi Siswa dalam Membuat Model Matematika pada Materi Program Linear. Repository UM Metro, 5–24.

Faridi, F. (2023). Penggunaan Media Interaktif Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Materi Bilangan Berpangkat Kelas Ixa Smp Negeri 2 Kandangserang. EDUTECH : Jurnal Inovasi Pendidikan Berbantuan Teknologi, 3(1), 122–129. https://doi.org/10.51878/edutech.v3i1.2121

Firtsanianta, H., & Khofifah, I. (2022). Efektivitas E-LKPD Berbantuan Liveworksheets Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Conference of Elementary Studies, 140–147.

Hakim, M. A. A., Sunarto, & Totalia, S. A. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI IIS dalam Mata Pelajaran Ekonomi di SMAN 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016. Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Sebelas Maret, 2(2), 1–13.

Husna, L. D., & Hasibuan, Y. R. (2025). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik SMA dalam Menyelesaikan Materi Statistika. 07(02), 9663–9672.

Maritsa, A., Hanifah Salsabila, U., Wafiq, M., Rahma Anindya, P., & Azhar Ma’shum, M. (2021). Pengaruh Teknologi Dalam Dunia Pendidikan. Al-Mutharahah: Jurnal Penelitian Dan Kajian Sosial Keagamaan, 18(2), 91–100. https://doi.org/10.46781/al-mutharahah.v18i2.303

Wawat, W. (2022). Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Dengan Menerapkan Model Problem Posing. Edukasiana: Jurnal Inovasi Pendidikan, 1(2), 59–65. https://doi.org/10.56916/ejip.v1i2.19

Yusof, A. M., Yusri, R., & Sharina, A. (2024). A Proposed Integration Model of Project Based Learning and Simulation to Improve the Learning Quality. International Journal of Advanced Research in Future Ready Learning and Education, 34(1), 63-76.

Downloads

Published

2025-09-11