PENGARUH PERMAINAN TRADISONAL BENTENGAN TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA 5-6 TAHUN DI PAUD AT TAQWA

Authors

  • Nurmilasari Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Yon A. E Universitas Panca Sakti Bekasi
  • Arie Widyastuti Universitas Panca Sakti Bekasi

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32748

Keywords:

Permainan Tradisional Bentengan, Motorik Kasar, Pendidikan Anak Usia Dini

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan tradisional bentengan terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD At-Taqwa. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain pre-eksperimental, yaitu one group pretest-posttest design. Sampel penelitian terdiri dari 20 anak yang dipilih melalui teknik purposive sampling. Data dikumpulkan menggunakan lembar observasi untuk mengukur kemampuan motorik kasar sebelum dan sesudah intervensi permainan bentengan. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada kemampuan motorik kasar anak setelah diberikan intervensi permainan bentengan. Hal ini dibuktikan dengan hasil uji paired t-test yang menunjukkan nilai signifikansi (p) < 0,05. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa permainan tradisional bentengan memiliki pengaruh  terhadap perkembangan motorik kasar anak usia 5-6 tahun di PAUD AT TAQWA. Penelitian ini merekomendasikan agar permainan tradisional bentengan dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif kegiatan yang menyenangkan dan efektif untuk meningkatkan kemampuan motorik kasar anak di PAUD.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ahmad, N. & Arnas Anggoro Saputro. (2016). Perbandingan Permainan Tradisional Bentengan dan Gobak Sodor Terhadap Kesegaran Jasmani. Journal Proceeding. 2(1), 675-678.

Buahana, B.N., & Suparno, S. (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Benteng Terhadap Keterampilan Motorik Kasar Anak Prasekolah. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 2 (03) 507-512.

Ekayanti Tarigan, & Bukit, S. (2022). Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Foot Print Game di TK Negeri Pembina Pancur Batu T.A 2021/2022. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(2), 152–158.

Hayati, sholahul. 2020. Tangkas Fisik Motorik Dengan Permainan Tradisional, Celeban Timur: Pustaka Pelajar.

Irawan, E., Rusdin, R., Rusdin, R., Salahudin, S., Salahudin, S., Anhar, A., (2022). Pengaruh Permainan Tradisional Bentengan Terhadap Perilaku Sosial Anak Usia 8 Sampai 11 Tahun di Desa Nunggi. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 239–244.

Ismoko AP. Pengaruh permainan tradisional terhadap perkembangan motorik anak. (2023) Jemani (Jurnal Pendidikan Jasmani). 30(7), 137-145.

Iswinarti, (2017). Permainan Tradisional Prosedur dan Analisis Manfaat Psikologis, Universitas Muhammadiyah Malang Press. Malang.

Safitri A, Salwiah, Asmuddin. (2023). Meningkatkan kemmapuan motorik kasar anak mellaui permainan tradisisonal bentengan di TK Dharma wanita Kabupaten Muna: Jurnal Riset Golden Age PAUD AHO. 6(3), 205-213.

Sugiono, (2019). Metode Penelitian Pendidikan (kuantitatif. Kualitatif, kombinasi, R&D dan penelitian Pendidikan). Alfabeta

Sugiono, (2024). Metode Penelitian Eksperimen, In Alfabeta.

Downloads

Published

2025-09-01