ANALISIS MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA KELAS V UPTD SD NEGERI BAENGAS 1 BANGKALAN

Authors

  • Nina Rosiana PGSD FKIP Universita Trunojoyo Madura
  • Alfiatul Hasanah Universitas Trunojoyo Madura
  • Husnul Khotimah PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Arnetta Amelia Putri PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Ilham Widiyanto Saputra PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura
  • Ahmad Sudi Pratikno PGSD FKIP Universitas Trunojoyo Madura

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32739

Keywords:

Student's Motivation, Factor, Learning Achievment

Abstract

Motivasi belajar merupakan dorongan dalam diri seseorang untuk melakukan yang terbaik dengan bekerja keras demi mencapai hasil yang optimal sesuai dengan kondisi yang diharapkan, serta mampu bersaing dengan siswa lain sesuai kriteria tertentu. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti di SDN Baengas 1, ditemukan bahwa motivasi belajar siswa, khususnya kelas V, masih tergolong rendah. Kondisi ini menunjukkan bahwa masih terdapat cukup banyak siswa yang kurang memiliki kemauan dan kesungguhan dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat motivasi belajar siswa kelas V di SDN Baengas 1 serta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus agar dapat menggambarkan permasalahan secara mendalam. Penelitian ini menunjukkan bahwa rendahnya motivasi belajar siswa dipengaruhi oleh beberapa faktor, antara lain: (1) kurangnya rasa percaya diri siswa, (2) kurangnya kesiapan dalam mengikuti proses pembelajaran, (3) minimnya dorongan dan perhatian dari orang tua, (4) keterbatasan variasi dalam metode pembelajaran yang digunakan guru, dan (5) rendahnya antusiasme siswa terhadap belajar. Faktor-faktor tersebut berdampak pada kegiatan belajar yang cenderung pasif sehingga pemahaman siswa terhadap materi menjadi kurang optimal dan hasil belajar tidak maksimal. Oleh karena itu, motivasi belajar siswa perlu dijaga serta dikembangkan secara berkelanjutan. Apabila motivasi menurun, maka siswa akan mengalami kesulitan dalam mengikuti pembelajaran dengan baik, dan pada akhirnya tujuan pendidikan tidak dapat tercapai sebagaimana mestinya.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustini, Bukhori. 2018. Research Ilmiah : Peran Guru Dalam Pengelolaan Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Iqra’ Fakultas Tatbiah Dan Ilmu Keguruan IAIN Manado, Vol.12 (02), Hal 107-122.

Alpian, Y., Anggraeni, S. W., Wiharti, U., & Soleha, N. M. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal buana pengabdian. Vol 1. No 1.

Amina, Emda. 2017. Education Research : Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Lamtanida Journal. Vol.5 No 02.

Emda, A. 2018. Kedudukan Motivasi Belajar Siswa Dalam Pembelajaran. Jurnal Lantanida. Vol 5. No 2.

Indriastuti, A. 2017. Pengaruh kesiapan belajar siswa dan keterampilan mengajar guru terhadap hasil belajar. Jurnal Informasi Dan Komunikasi Administrasi Perkantoran. Vol 2. No 1.

Oktaviana, Setyianingrum. 2015. Faktor penyebab rendahnya keaktifan belajar anak Tunanetra Kurang Lihat (Low Vision) Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri 1 Bantul. Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan. Vol 1. No. 2.

Rukiyati. (2019). Tujuan Pendidikan Nasional Dalam Perspektif Pancasila. Jurnal Humaika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum. Vol 19. No 1.

Sunarti, Rahman. 2021. Pentingnya Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Jurnal Merdeka Belajar Dalam Menyambut Era Masyarakat. Vol 8. No 02.

Volvi Silva, B. (2017). Pengaruh kesiapan belajar Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Ekonomikelas X di SMA Bina Jaya Palembang. Jurnal ilmiah pendidikan dan ekonomi. Vol 1.

Yayan, Alpian. 2019. Pentingnya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian. E - Journal Research. Vol 1. No 1.

Downloads

Published

2025-09-12