PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI MTsN 5 AGAM
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32716Keywords:
Learning Media, Animated Video, Canva, Civic EducationAbstract
This study was motivated by the low interest and learning motivation of students in Civic Education (PKn) at MTsN 5 Agam, which has mostly relied on lecture methods with minimal use of technology. The objectives of this research are: (1) to design Civic Education learning using Canva-based animated video media, (2) to describe the implementation of this media in the learning process, and (3) to analyze the supporting and inhibiting factors in its use. This research employed a qualitative descriptive approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving Civic Education teachers and seventh-grade students. Data analysis was conducted through data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the use of Canva-based animated video media creates a more engaging and enjoyable learning atmosphere and helps students better understand the material on religious diversity in Indonesia. Supporting factors include the availability of internet access, supporting devices such as laptops and projectors, and active student participation. However, challenges were found in limited facilities, particularly the number of projectors, classroom lighting, and video duration management that sometimes exceeded the allocated time. Overall, Canva-based animated video media is effective in increasing students’ interest and understanding in Civic Education learning. Keywords: Learning Media, Animated Video, Canva, Civic EducationDownloads
References
dapat meningkatkan minat belajar
siswa pada mata pelajaran PKn.
Demikian pula, penelitian Nurul Huda
(2023) menemukan bahwa video
animasi berbasis PowToon mampu
meningkatkan hasil belajar siswa.
Perbedaan penelitian ini terletak pada
aplikasi yang digunakan, di mana
Canva dipilih karena lebih mudah
diakses, memiliki banyak template
gratis, dan fleksibel dalam desain. Hal
ini menegaskan bahwa Canva dapat
menjadi alternatif inovatif bagi guru
dalam mengembangkan media
pembelajaran berbasis teknologi
digital.
Kendala yang ditemukan, seperti
terbatasnya jumlah proyektor,
pencahayaan ruang kelas, serta
durasi video yang kadang melebihi
alokasi waktu, menunjukkan bahwa
penggunaan media teknologi
membutuhkan dukungan sarana dan
manajemen pembelajaran yang baik.
Hal ini sejalan dengan pendapat
Yulianti (2021) bahwa efektivitas
media pembelajaran tidak hanya
ditentukan oleh kualitas medianya,
tetapi juga kesiapan guru,
ketersediaan fasilitas, dan kondisi
lingkungan belajar. Dengan demikian,
meskipun video animasi Canva
terbukti efektif meningkatkan kualitas
pembelajaran PKn, optimalisasi
pemanfaatannya tetap memerlukan
dukungan dari pihak sekolah dalam
penyediaan sarana yang memadai.
Dengan melihat hasil penelitian
ini, dapat disimpulkan bahwa
penggunaan media video animasi
berbasis Canva tidak hanya
meningkatkan motivasi dan
pemahaman siswa, tetapi juga
memberikan pengalaman belajar yang
lebih interaktif. Hal ini sekaligus
menunjukkan pentingnya inovasi guru
dalam memanfaatkan teknologi digital
untuk mengatasi kelemahan metode
pembelajaran konvensional.
D. Kesimpulan
Penelitian ini menunjukkan bahwa
penggunaan media pembelajaran
video animasi berbasis Canva dalam
pembelajaran Pendidikan Pancasila
dan Kewarganegaraan (PKn) di MTsN
5 Agam terbukti efektif dalam
meningkatkan kualitas pembelajaran.
Pertama, pada tahap perancangan,
guru mampu menyusun modul ajar
dan mengintegrasikan video animasi
Canva sesuai dengan capaian
pembelajaran, khususnya pada materi
keberagaman agama di Indonesia.
Kedua, dalam pelaksanaannya, media
animasi Canva berhasil menciptakan
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.