PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO ANIMASI BERBASIS CANVA DALAM PEMBELAJARAN PKn DI MTsN 5 AGAM

Authors

  • Fitri Eliza Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Buchari Nurdin Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Azwar Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32716

Keywords:

Learning Media, Animated Video, Canva, Civic Education

Abstract

This study was motivated by the low interest and learning motivation of students in Civic Education (PKn) at MTsN 5 Agam, which has mostly relied on lecture methods with minimal use of technology. The objectives of this research are: (1) to design Civic Education learning using Canva-based animated video media, (2) to describe the implementation of this media in the learning process, and (3) to analyze the supporting and inhibiting factors in its use. This research employed a qualitative descriptive approach. Data were collected through observation, interviews, and documentation involving Civic Education teachers and seventh-grade students. Data analysis was conducted through data reduction, data display, and conclusion drawing. The findings indicate that the use of Canva-based animated video media creates a more engaging and enjoyable learning atmosphere and helps students better understand the material on religious diversity in Indonesia. Supporting factors include the availability of internet access, supporting devices such as laptops and projectors, and active student participation. However, challenges were found in limited facilities, particularly the number of projectors, classroom lighting, and video duration management that sometimes exceeded the allocated time. Overall, Canva-based animated video media is effective in increasing students’ interest and understanding in Civic Education learning. Keywords: Learning Media, Animated Video, Canva, Civic Education

Downloads

Download data is not yet available.

References

dapat meningkatkan minat belajar

siswa pada mata pelajaran PKn.

Demikian pula, penelitian Nurul Huda

(2023) menemukan bahwa video

animasi berbasis PowToon mampu

meningkatkan hasil belajar siswa.

Perbedaan penelitian ini terletak pada

aplikasi yang digunakan, di mana

Canva dipilih karena lebih mudah

diakses, memiliki banyak template

gratis, dan fleksibel dalam desain. Hal

ini menegaskan bahwa Canva dapat

menjadi alternatif inovatif bagi guru

dalam mengembangkan media

pembelajaran berbasis teknologi

digital.

Kendala yang ditemukan, seperti

terbatasnya jumlah proyektor,

pencahayaan ruang kelas, serta

durasi video yang kadang melebihi

alokasi waktu, menunjukkan bahwa

penggunaan media teknologi

membutuhkan dukungan sarana dan

manajemen pembelajaran yang baik.

Hal ini sejalan dengan pendapat

Yulianti (2021) bahwa efektivitas

media pembelajaran tidak hanya

ditentukan oleh kualitas medianya,

tetapi juga kesiapan guru,

ketersediaan fasilitas, dan kondisi

lingkungan belajar. Dengan demikian,

meskipun video animasi Canva

terbukti efektif meningkatkan kualitas

pembelajaran PKn, optimalisasi

pemanfaatannya tetap memerlukan

dukungan dari pihak sekolah dalam

penyediaan sarana yang memadai.

Dengan melihat hasil penelitian

ini, dapat disimpulkan bahwa

penggunaan media video animasi

berbasis Canva tidak hanya

meningkatkan motivasi dan

pemahaman siswa, tetapi juga

memberikan pengalaman belajar yang

lebih interaktif. Hal ini sekaligus

menunjukkan pentingnya inovasi guru

dalam memanfaatkan teknologi digital

untuk mengatasi kelemahan metode

pembelajaran konvensional.

D. Kesimpulan

Penelitian ini menunjukkan bahwa

penggunaan media pembelajaran

video animasi berbasis Canva dalam

pembelajaran Pendidikan Pancasila

dan Kewarganegaraan (PKn) di MTsN

5 Agam terbukti efektif dalam

meningkatkan kualitas pembelajaran.

Pertama, pada tahap perancangan,

guru mampu menyusun modul ajar

dan mengintegrasikan video animasi

Canva sesuai dengan capaian

pembelajaran, khususnya pada materi

keberagaman agama di Indonesia.

Kedua, dalam pelaksanaannya, media

animasi Canva berhasil menciptakan

Downloads

Published

2025-09-01