PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBASIS MEDIA MONOPOLI TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA PEMBELAJARAN IPAS KELAS IV MI USHULUDDIN SINGKAWANG

Pendekatan kuantitatif

Authors

  • Kobant Afdahlu Kobant Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Evinna Cinda Hendriana Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang
  • Kamaruddin Institut Sains dan Bisnis Internasional Singkawang

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32690

Keywords:

Model PBL; Media Monopoli; IPAS

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengidentifikasi terdapat atau tidaknya perbedaan

kemampuan pemecahan masalah siswa setelah diterapkan media monopili

terhadap Pembelajaran IPAS Kelas IV MI Ushuluddin Singkawang; (2)

Mengidentifikasi seberapa besar pengaruh model Problem Based Learning

berbasis media monopoli Terhadap Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran IPAS

Kelas IV MI Ushuluddin Singkawang; (3) Mengidentifikasi respon siswa terhadap

penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran IPAS kelas IV MI

Ushuluddin. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis quasi

eksperimen dengan desain penelitian posttest-only control group design. Populasi

dalam penelitian ini seluruh siswa kelas IV Mi Ushuluddin Singkawang yang

berjumlah 128 siswa dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 64

siswa di kelas IVC dan IVD. Pengambilan sampel dalam penelitian menggunakan

teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Teknik analisis

data yang digunakan adalah uji t dua sampel, effect size, dan persentase angket

respon siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) terdapat perbedaan

kemampuan pemecahan masalah siswa setelah di terapkan media monopoli

terhadap pembelajaran IPAS, hal ini ditunjukkan dari hasil thitung 6,048 dan ttabel 2,040

(2) terdapat pengaruh model Problem Based Learning berbasis media monopoli

terhadap pemecahan masalah pada Pembelajaran IPAS Kelas IV, hal ini dibuktikan

dari hasil uji effect size menunjukan bahwa nilai sebesar 1,4 > 0,8 sehingga masuk

dalam kategori tinggi. (3) respon siswa menunjukkan respon yang positif, dibuktikan

dengan hasil perhitungan persentase yang mendapatkan hasil 93% dengan

kategori sangat baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Atmojo, S. (2024). Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Dan Motivasi Siswa Pada Pembelajaran IPA Di Kelas V SD Negeri 1 Padokan. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 14(1), 48-57.

Herawaty, S., ddk, (2021). Pengembangan Media Monopoli Matematika Berbasis Android untuk Menumbuhkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Minat Belajar Siswa. SINAPMASAGI (Seminar Nasional Pembelajaran Matematika, Sains dan Teknologi, 1.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Melathi, D. R., dan Putra, L. V. (2022). Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Permainan Monopoli Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. JANACITTA: Journal of Primary and Children’s Education, 5(1).

Putri, D. A. H., Fauziah, N., & Wati, W. W. (2022). Analisis Effect Size Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Dan Pemecahan Masalah Dalam Pembelajaran Sains. ORBITA: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Fisika, 8(2), 205-211.

Prasetyoningsih, D. D. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Berdasarkan Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa pada Mata Pelajaran IPA SD (Doctoral dissertation, State University of Surabaya).

Rahma, I.,dkk, (2020). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Sekolah Menengah Atas Pada Materi Ekosistem. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(3).

Rozali, A., Irianto, D. M., & Yuniarti, Y. (2022). Kajian problematika teacher centered learning dalam pembelajaran siswa studi kasus: SDN Dukuh, Sukabumi. COLLASE (Creative of Learning Students Elementary Education), 5(1), 77-85.

Wardani, D. S. (2020). Usaha peningkatan keterampilan pemecahan masalah melalui model problem based learning di kelas V SDN Babatan V/460 Surabaya. Collase (Creative of Learning Students Elementary Education), 3(4), 104-117.

Zahra, H., dkk, (2022). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Di Kabupaten Sukabumi Pada Materi Sistem Ekskresi. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 8(3).

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)