Artificial Intelligence (AI) dalam Kepenulisan Ilmiah: Manfaat dan Tantangan Penggunaan Tools Parafrase

Authors

  • Nur Syahriani UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Winarti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Gongma Sari Siagian UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32683

Keywords:

: Kecerdasan Buatan (A1); Tools Parafrase; Etika Akademik

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara mendalam manfaat dan tantangan penggunaan tools parafrase berbasis kecerdasan buatan (AI) dalam dunia kepenulisan, khususnya dalam konteks akademik seta sikap mahasiswa terhadap etika penggunaan teknologi AI. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur kepada lima mahasiswa dari program studi magister Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tools parafrase AI, seperti QuillBot dan ChatGPT, dianggap sangat membantu dalam mempercepat proses penulisan, meningkatkan variasi bahasa, serta mempermudah pemahaman teks. Namun demikian, terdapat sejumlah tantangan signifikan, antara lain distorsi makna dalam hasil parafrase, ketidaksesuaian gaya bahasa dengan konteks tulisan, keterbatasan pemrosesan bahasa lokal (seperti bahasa Indonesia), serta risiko plagiarisme terselubung. Selain itu, muncul pula kekhawatiran mengenai ketergantungan berlebihan terhadap teknologi, yang dapat menghambat pengembangan keterampilan menulis dan berpikir kritis. Penelitian ini menyimpulkan bahwa meskipun tools parafrase berbasis AI menawarkan efisiensi dan kemudahan, penggunaannya memerlukan pemahaman etis, literasi digital yang memadai, serta kebijakan institusional yang jelas agar manfaatnya dapat dioptimalkan tanpa mengorbankan integritas akademik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Al-Sofi, B. B. M. A. (2024). Artificial intelligence-powered tools and academic writing: to use or not to use ChatGPT. Saudi Journal of Language Studies, 4(3), 145–161.

Alharbi, W. (2023). AI in the foreign language classroom: A pedagogical overview of automated writing assistance tools. Education Research International, 2023(1), 4253331.

Amadi, A. S. M., & Hikmah, K. (2025). Persepsi Mahasiswa Tentang Pemanfaatan Teknologi AI dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Perguruan Tinggi Islam Indonesia. Journal of Education Research, 6(2), 291–301.

Andriyani, W., Natsir, F., Asri, Y. N., Hidayat, M. S., Yati, Y., Afandi, I. R., … Wahyuningtyas, I. (2024). Ai Generatif Dan Mutu Pendidikan. Penerbit Widina.

Anggrianto, C., Iswanto, R., Pratomo, E. R., Wardaya, M., Sutanto, S. M., Santoso, A. R., … Utomo, P. R. (2024). AI & Desain: Ancaman atau Peluang? Penerbit Universitas Ciputra.

Creswell, J. W. (2016). 30 Essenstial Skills for the Qualitative Researcher (Olivia Weber-Stenis, Ed.). United States of Amerika: SAGE Publications.

Damanik, N. E., Hutagaol, E. B., Sembiring, M. A. B., & Sitorus, O. (2025). PENTINGNYA TEKS ARTIKEL ILMIAH DALAM PENELITIAN. Jurnal Pendidikan Kreativitas Pembelajaran, 7(2).

Dergaa, I., Chamari, K., Zmijewski, P., & Saad, H. Ben. (2023). From human writing to artificial intelligence generated text: examining the prospects and potential threats of ChatGPT in academic writing. Biology of Sport, 40(2), 615–622.

Fansury, A. H., Rampeng, R., Moelier, D. D., & Asyrafunnisa, A. (2023). Pelatihan AI Writing Tools Untuk Melatih Writing Skills Bagi Siswa SMP di Toraja Utara. Tongkonan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2), 154–166.

Fitrianto, H. (2020). The Roles of Islamic Education in Building Self-Regulated Learner in the Era of Distance Education. At-Ta’dib, 15.

Gafar, M. F. (2024). Jembatan ilmu: AI dalam konteks akademis untuk masa depan pendidikan. CV Brimedia Global.

Ghimby, A. B. D. (2022). Pengaruh self regulated learning terhadap kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar. JOEL: Journal of Educational and Language Research, 1(12), 2091–2104.

Hasibuan, A., & Hasibuan, D. (2025). Artificial Intelligence in a Writing Courses: EFL Students’ Perceptions. ANNUAL INTERNATIONAL CONFERENCE ON ISLAMIC EDUCATION AND MULTICULTURALISM (AICIEM), 1(1), 142–157.

Heriyudananta, M. (2021). Analisis kompetensi menulis karya tulis ilmiah mahasiswa di Indonesia. Ascarya: Journal of Islamic Science, Culture, and Social Studies, 1(1), 47–55.

Khalifa, M., & Albadawy, M. (2024). Using artificial intelligence in academic writing and research: An essential productivity tool. Computer Methods and Programs in Biomedicine Update, 100145.

Kim, Y., Lee, M., Kim, D., & Lee, S.-J. (2023). Towards explainable ai writing assistants for non-native english speakers. ArXiv Preprint ArXiv:2304.02625.

Kusuma, D. A. (2020). Dampak penerapan pembelajaran daring terhadap kemandirian belajar (self-regulated learning) mahasiswa pada mata kuliah geometri selama pembelajaran jarak jauh di masa pandemi covid-19. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 5(2), 169–175.

Linggasari, E., & Rochaendi, E. (2022). Indonesian language learning in elementary schools through life skills education model. Literasi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 13(1), 40–62.

Luthfiah, N., Salminawati, S., & Dahlan, Z. (2024). Persepsi Mahasiswa tentang Penggunaan Artificial Intelligence Quillbot dalam Mengatasi Plagiarisme dan Kesadaran Etika Akademik Mahasiswa. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 7(1), 259–266. https://doi.org/10.37329/cetta.v7i1.3153

Malik, A. R., Pratiwi, Y., Andajani, K., Numertayasa, I. W., Suharti, S., & Darwis, A. (2023). Exploring artificial intelligence in academic essay: higher education student’s perspective. International Journal of Educational Research Open, 5, 100296.

Manuel, M. Y., Aini, M., & Agustina, T. P. (2025). Persepsi dan Sikap Siswa Terhadap Penggunaan Artificial Intelligence. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 15(1), 47–59.

Masrifah, M., & Hendriani, W. (2022). Resiliensi Akademik Ditinjau dari Strategi Self-Regulated Learning (SLR) pada Mahasiswa Pascasarjana Multidisiplin. Jurnal Psikologi Terapan (JPT), 5(2), 95–105.

Matthew B. Miles, Michael Huberman, J. S. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. In Library of Congress Cataloging (Third). Amerika.

Maysuri, T., Harnisa, S., & Putro, R. W. S. (2024). Paraphase Technique Training in Literature Citation for History Education Students at Pattimura University. Jurnal Pengabdian Arumbai, 2(2), 177–183.

Nazari, N., Shabbir, M. S., & Setiawan, R. (2021). Application of Artificial Intelligence powered digital writing assistant in higher education: randomized controlled trial. Heliyon, 7(5).

Oktafia, N., Latifah, A. M., El Haris, A. D., Andrianie, S., & Krismona, E. B. (2025). Mahasiswa dan AI: Transformasi Cara Berpikir Kritis dan Penyelesaian Masalah di Era Digital. Prosiding Konseling Kearifan Nusantara (KKN), 4, 10–33.

Pakasy, R. S., Pratama, R. A., & Hakim, H. L. (2024). Implikasi Hukum Penggunaan Artificial Intelegent Mempengaruhi Hak Cipta Karya Tulis Ilmiah. Jurnal Media Akademik (JMA), 2(11).

Pratiwi, D., Raharjo, B. T., Aulia, M., & Surya, R. P. I. (2025). Pemanfaatan AI-Based Puzzle Maker untuk Penguasaan Kosakata Bahasa Inggris di Sekolah Dasar. BERBAKTI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(3), 315–322.

Putri, A. F., Hayati, S. N., & Putri, A. R. (2025). REVOLUSI PEMBELAJARAN ARTIFICIAL INTELLIGENCE DALAM MEMBANGUN EFISIENSI BELAJAR. JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 9(1), 677–684.

Rahayu, W., & Sarifah, I. (2024). Membangun Lingkungan Pembelajaran Adaptif: Sebuah Sistematic Literatur Review. Jurnal Teknologi Pendidikan, 13(2), 39–50.

Sabrina, E., Syahputra, F., Lubis, A. Y., Fadilillah, D., Lubis, G. Z., Hia, R. N. S., … Ramadhan, W. S. (2025). ChatGPT dalam Proses Pembelajaran: Dampaknya terhadap Pemahaman dan Kreativitas Mahasiswa. MUDABBIR Journal Research and Education Studies, 5(1), 587–598.

Saepuloh, D., & Subandriyo, J. (2025). Pemanfaatan Kecerdasan Buatan dalam Penulisan Karya Ilmiah: Peluang, Tantangan, dan Implikasi Etis: Utilization of Artificial Intelligence in Scientific Writing: Opportunities, Challenges, and Ethical Implications. Publishing Letters, 2(1).

Simanungkalit, K. E., Sultoni, A., & Hilmi, H. S. (2025). Efektivitas, Tantangan Implementasi dan Manfaat ChatGPT dalam Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa pada Pembelajaran Bahasa Indonesia: Systematic Literature Review: Effectiveness, Implementation Challenges, and Benefits of ChatGPT in Enhancing Students. TobaEdu: Jurnal Pendidikan Dan Pengabdian Multidisipliner, 1(1), 33–46.

Sinaga, A. I., Nasution, A. F., & Albina, M. (2024). Analisis Pengaruh Pemanfaatan Artificial Intelligence Terhadap Kreativitas Menulis Karya Ilmiah Mahasiswa FITK UINSU Medan.

Song, C., & Song, Y. (2023). Enhancing academic writing skills and motivation: assessing the efficacy of ChatGPT in AI-assisted language learning for EFL students. Frontiers in Psychology, 14, 1260843.

Susanti, E., Nasution, T., & Simamora, S. K. (2023). Peran Dosen IPS Dalam Membangun Karakter (Disiplin, Jujur Dan Bertanggungjawab) Pada Mahasiswa Prodi Tadris IPS FITK UINSU Medan.

Syaifulloh, A. (2024). Proses pengambilan keputusan mahasiswa dalam menggunakan artificial intelligence (AI) untuk tugas akademik di perguruan tinggi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Wahab, W. (2024). Strategi Mahasiswa Dalam Meyelesaikan Tugas Akhir Berbasis Kecerdasan Buatan ChatGPT. Diklat Review: Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 8(1), 186–197.

Downloads

Published

2025-09-01