PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI DIGITAL TERHADAP KINERJA GURU DI SEKOLAH SD 19 BANGKALA BARAT KABUPATEN JENEPONTO

Authors

  • Ainun Lestari Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dr. Andi Adam, M.Pd Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Dr. Irmawati Thahir, ST., M.Pd Universitas Muhammadiyah Makassar

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32680

Keywords:

Digital Technology, Teacher Performance, Linear Regression, Pearson Correlation, Elementary Education

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknologi digital terhadap kinerja guru di SD 19 Bangkala Barat Kabupaten Jeneponto. Latar belakang penelitian ini didasari oleh pentingnya pemanfaatan teknologi dalam mendukung aktivitas pembelajaran yang lebih efektif dan efisien. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 8 orang guru. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penggunaan teknologi digital (X), sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penelitian telah memenuhi uji validitas dan reliabilitas dengan nilai Cronbach’s Alpha sebesar 0,760. Uji normalitas juga menunjukkan bahwa data terdistribusi normal. Uji korelasi Pearson menghasilkan nilai r sebesar 0,917 dengan signifikansi 0,001 yang menunjukkan hubungan sangat kuat dan signifikan antara penggunaan teknologi dengan kinerja guru. Selain itu, hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh positif antara kedua variabel dengan persamaan regresi Y = 48,945 + 0,352X. Nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,841 mengindikasikan bahwa 84,1% variasi kinerja guru dapat dijelaskan oleh penggunaan teknologi digital. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan teknologi digital berpengaruh secara signifikan terhadap peningkatan kinerja guru. Penerapan teknologi di lingkungan sekolah dasar perlu terus ditingkatkan guna mendukung kualitas pendidikan yang lebih baik.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Apryanto, F. (2022). Peran generasi muda terhadap perkembangan teknologi digital diera society 5.0. Media Husada Journal of Community Service, 2(2), 130-134.

Diah, A. P. 2021. Pemberdayaan Era Digital. Yogyakarta: Bursa Ilmu

Ertmer, P. A., & Ottenbreit-Leftwich, A. T. (2019). Teacher Technology Change: How Knowledge, Confidence, Beliefs, and Culture Intersect. Journal of Research on Technology in Education, 51(3), 231-248.

Febrianti, I. 2023. Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi Dalam Manajemen Perencanaan Pendidikan Untuk Meningkatkan Efisiensi Pendidikan. Academy of Education Journal, 14(2), 506-522.

Ghufron, G. (2020). Teori-Teori Kepemimpinan: Leadership Theories. Fenomena, 19(1), 73-79.

Hanafiah, F. F. 202. Pengaruh Kinerja Guru Terhadap Motivasi Belajar Anak Di Tk It Baitul Muslim Lampung Timur. Skripsi (S1). UIN. Lampung

Hidayah, Y. 2021. Pengaruh penggunaan teknologi informasi terhadap kinerja guru di sekolah dasar negeri 009 koto masjid kabupater Kampar. Skirpsi. UIN Sultan syarif kasim riau. Pekan Baru.

Hendriani, W. (2024). Implementasi penggunaan teknologi digital sebagai media pembelajaran pada pendidikan inklusi di Indonesia. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 10(2), 644-651.

Ibrahim. (2022). Pengaruh Penggunaan Aplikasi Raport Digital Terhadap Kinerja Guru. Pedagogika, 13(1), 2022.

Indriani, R., & Wirza, Y. (2020). Praktik guru dalam pemanfaatan teknologi di kelas Bahasa inggris. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(1), 98-110.

Ismail, A., Irfan, A., & Nuryadin, A. (2024). Pengaruh Penggunaan Teknologi Informasi dan Standar Pengelolaan Pendidikan Terhadap Peningkatan Kinerja Guru SD Negeri di Kecamatan Marusu Kabupaten Maros. POINT: Jurnal Ekonomi dan Manajemen, 6(2), 144-156.

Jonatan, J., & Waruwu, A. T. M. 2023. Peran Teknologi Digital Dalam Pengembangan Pembelajaran Di Era Digital. ANTHOR: Education and Learning Journal, 2(6), 805-811.

Downloads

Published

2025-08-31