ANALISIS KESULITAN MURID DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA MATERI PECAHAN KELAS III DI SD NEGERI BULUS

Authors

  • Dwi Astri Anggraeni Universitas Muhammadiyah Purworejo
  • Nur Ngazizah Universitas Pasundan
  • Suyoto Universitas Muhamadiyah Purworejo

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32620

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan murid dalam menyelesaikan soal cerita Matematika berdasarkan toeri newman pada materi pecahan kelas III di SD Negeri Bulus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam pemelitan ini adalah 14 murid kelas III SD Negeri Bulus, dari 14 murid diambil 5 murid untuk diwawancara melalui teknik purposive sampling. Data yang didapatkan diperoleh dari lembar observasi murid dan wawancara terhadap murid terkait kesulitan murid menyelesaikan soal cerita Matematika berdasarkan teori Newman pada materi pecahan. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dam Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data kesulitan murid menyelesaikan soal cerita Matematika pada materi pecahan yang dilihat dari 5 indikator kesulitan berdasarkan teori Newman, yaitu murid dengan kategori sangat baik tidak mengalami indikator kesulitan, murid dengan kategori baik mengalami 2 indikator kesulitan, murid dengan kategori cukup mengalami 3 indikator kesulitan, murid dengan kategori kurang mengalami 5 indikator kesulitan, murid dengan kategori sangat buruk mengalami 5 indikator kesulitan, yang membedakan murid dengan kategori kurang dan sangat kurang adalah murid dengan kategori kurang dapat membaca dan mengerjakan tetapi mendapat nilai yang kurang dari rata-rata sedangkan murid dengan kategori sangat kurang tidak dapat membaca dengan lancar dan tidak dapat mengerjakan soal tes.

Downloads

Download data is not yet available.

References

murid menyelesaikan soal cerita

Matematika berdasarkan teori

Newman pada materi pecahan di

kelas III SD Negeri Bulus murid

memiliki kategori kesulitan yang

berbeda-beda. Berdasarkan kategori

kesulitan murid, maka didapatkan

kesimpulan yaitu dari 14 murid kelas

III diketahui terdapat 3 murid

berkategori sangat baik, 4 murid

berkategori baik, 3 murid berkategori

cukup, 2 murid berkategori kurang,

dan 2 murid berkategori sangat

kurang.

Murid dengan kategori sangat baik

tidak mengalami indikator kesulitan,

murid dengan kategori baik

mengalami 2 indikator kesulitan yaitu

kesulitan memhami soal dan

kesulitan penulisan jawaban, murid

dengan kategori cukup mengalami 3

indikator kesulitan yaitu kesulitan

membaca soal, kesulitan memhami

soal, dan kesulitan penulisan

jawaban, murid dengan kategori

kurang mengalami 5 indikator

kesulitan yaitu kesulitan membaca

soal, kesulitan memahami soal,

kesulitan transformasi, kesulitan

keterampilan proses, dan kesulitan

penulisan jawaban, murid dengan

kategori sangat buruk mengalami 5

indikator kesulitan yaitu kesulitan

membaca soal, kesulitan memahami

soal, kesulitan transformasi, kesulitan

keterampilan proses, dan kesulitan

penulisan jawaban, yang

membedakan murid dengan kategori

kurang dan sangat kurang adalah

murid dengan kategori dapat

membaca dan mengerjakan tetapi

mendapat nilai yang kurang dari rata-

rata sedangkan murid dengan

kategori sangat kurang tidak dapat

membaca dengan lancar dan tidak

dapat mengerjakan soal tes.

DAFTAR PUSTAKA

Sari, P. D. R., & Subekti, E. E. 2023.

Analisis Kesulitan Siswa dalam

Menyelesaikan Soal Pemecahan

Masalah Matematika Materi

Operasi Hitung Pecahan di Kelas

V SD Negeri Kauman Blora. Jurnal

Wawasan Pendidikan. 3(1). Hal.

227-237.

Huljannah, M., Nadjamuddin, A.,

Kalaka, F. R. S., & Nteya, R. S.

2022. Analisis Kesulitan Siswa

Kelas III dalam Menyelesaikan

Soal Cerita Materi Pecahan

Sebagai Bentuk Manajemen

Pengajaran. Irfani (e-

Journal). 18(2). Hal. 202-214.

Ritno, R., & Syamsuri, A. S. 2021.

Pengaruh Kemampuan Membaca

dan Menulis Terhadap

Kemampuan Menyelesaikan Soal

Cerita Matematika. Jurnal Riset

Downloads

Published

2025-09-01

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>