ANALISIS KESULITAN MURID DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA BERDASARKAN TEORI NEWMAN PADA MATERI PECAHAN KELAS III DI SD NEGERI BULUS
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32620Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan murid dalam menyelesaikan soal cerita Matematika berdasarkan toeri newman pada materi pecahan kelas III di SD Negeri Bulus. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan dalam pemelitan ini adalah 14 murid kelas III SD Negeri Bulus, dari 14 murid diambil 5 murid untuk diwawancara melalui teknik purposive sampling. Data yang didapatkan diperoleh dari lembar observasi murid dan wawancara terhadap murid terkait kesulitan murid menyelesaikan soal cerita Matematika berdasarkan teori Newman pada materi pecahan. Analisis data yang digunakan yaitu model Miles dam Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang diperoleh berdasarkan analisis data kesulitan murid menyelesaikan soal cerita Matematika pada materi pecahan yang dilihat dari 5 indikator kesulitan berdasarkan teori Newman, yaitu murid dengan kategori sangat baik tidak mengalami indikator kesulitan, murid dengan kategori baik mengalami 2 indikator kesulitan, murid dengan kategori cukup mengalami 3 indikator kesulitan, murid dengan kategori kurang mengalami 5 indikator kesulitan, murid dengan kategori sangat buruk mengalami 5 indikator kesulitan, yang membedakan murid dengan kategori kurang dan sangat kurang adalah murid dengan kategori kurang dapat membaca dan mengerjakan tetapi mendapat nilai yang kurang dari rata-rata sedangkan murid dengan kategori sangat kurang tidak dapat membaca dengan lancar dan tidak dapat mengerjakan soal tes.Downloads
References
murid menyelesaikan soal cerita
Matematika berdasarkan teori
Newman pada materi pecahan di
kelas III SD Negeri Bulus murid
memiliki kategori kesulitan yang
berbeda-beda. Berdasarkan kategori
kesulitan murid, maka didapatkan
kesimpulan yaitu dari 14 murid kelas
III diketahui terdapat 3 murid
berkategori sangat baik, 4 murid
berkategori baik, 3 murid berkategori
cukup, 2 murid berkategori kurang,
dan 2 murid berkategori sangat
kurang.
Murid dengan kategori sangat baik
tidak mengalami indikator kesulitan,
murid dengan kategori baik
mengalami 2 indikator kesulitan yaitu
kesulitan memhami soal dan
kesulitan penulisan jawaban, murid
dengan kategori cukup mengalami 3
indikator kesulitan yaitu kesulitan
membaca soal, kesulitan memhami
soal, dan kesulitan penulisan
jawaban, murid dengan kategori
kurang mengalami 5 indikator
kesulitan yaitu kesulitan membaca
soal, kesulitan memahami soal,
kesulitan transformasi, kesulitan
keterampilan proses, dan kesulitan
penulisan jawaban, murid dengan
kategori sangat buruk mengalami 5
indikator kesulitan yaitu kesulitan
membaca soal, kesulitan memahami
soal, kesulitan transformasi, kesulitan
keterampilan proses, dan kesulitan
penulisan jawaban, yang
membedakan murid dengan kategori
kurang dan sangat kurang adalah
murid dengan kategori dapat
membaca dan mengerjakan tetapi
mendapat nilai yang kurang dari rata-
rata sedangkan murid dengan
kategori sangat kurang tidak dapat
membaca dengan lancar dan tidak
dapat mengerjakan soal tes.
DAFTAR PUSTAKA
Sari, P. D. R., & Subekti, E. E. 2023.
Analisis Kesulitan Siswa dalam
Menyelesaikan Soal Pemecahan
Masalah Matematika Materi
Operasi Hitung Pecahan di Kelas
V SD Negeri Kauman Blora. Jurnal
Wawasan Pendidikan. 3(1). Hal.
227-237.
Huljannah, M., Nadjamuddin, A.,
Kalaka, F. R. S., & Nteya, R. S.
2022. Analisis Kesulitan Siswa
Kelas III dalam Menyelesaikan
Soal Cerita Materi Pecahan
Sebagai Bentuk Manajemen
Pengajaran. Irfani (e-
Journal). 18(2). Hal. 202-214.
Ritno, R., & Syamsuri, A. S. 2021.
Pengaruh Kemampuan Membaca
dan Menulis Terhadap
Kemampuan Menyelesaikan Soal
Cerita Matematika. Jurnal Riset
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.