PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA KELAS XI SMK NEGERI 4 PADANG SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2025/2026
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32614Keywords:
Bullying, Mental Health, Influence, StudentsAbstract
-Downloads
References
Alfarina, R., & Widiasmara, N. (2022,
October). Tinjauan Naratif Kon-
seling Islam Dalam Menangani
Kasus Bullying yang Berdam-
pak terhadap Kesehatan Men-
tal pada Siswa di Sekolah. In
Bandung Conference Series:
Psychology Science (Vol. 2,
No. 3, pp. 780-789).
Abror, M. U., & Faizal, A. (2025).
Pengaruh Bullying Terhadap
Kesehatan Mental Remaja;
Penyebab Dan Pencegahan.
Jim: Jurnal Ilmu Multidi-
siplin, 1(1), 63-71.
Datau, W., Ardini, P. P., & Tine, N.
(2024). Deskripsi Dampak Bul-
lying Terhadap Kesehatan
Mental Anak Usia Dini Di Ling-
kungan Sekolah Kecamatan Si-
patana Kota Gorontalo. Pen-
das: Jurnal Ilmiah Pendidikan
Dasar, 9(3), 545-553.
Fakhriyani, D. V. (2019). Kesehatan
mental. Pamekasan: duta me-
dia publishing, 11-13.
Fitria, L., & Ifdil, I. (2020). Kecemasan
remaja pada masa pandemi
Covid-19. Jurnal EDUCATIO:
Jurnal Pendidikan Indonesia,
6(1), 1-4
Kanda, A. S., & Rosulliya, S. (2024).
Dampak bullying terhadap pe-
rubahan perilaku pada korban
bullying di SMK PGRI 2 Kota
Cimahi. Jurnal Ilmiah Research
Student, 1(3), 507-512.
Khoirunnisa, A. (2024). Dampak Bully-
ing Terhadap Kesehatan Men-
tal Anak SDN 1 Demak Ijo
(Doctoral dissertation, Univer-
sitas Widya Dharma).
Lusiana, S. N. E. L., & Arifin, S. (2022).
Dampak bullying terhadap
kepribadian dan pendidikan
seorang anak. Kariman: Jurnal
Pendidikan Keislaman, 10(2),
337-350.
Nofembri, A., Fitria, L., & Radyuli, P.
(2021). Hubungan Self Disclo-
sure dengan Kepercayaan Diri
Siswa dalam Mengemukakan
Pendapat di Depan Kelas.
Jurnal PTI (Pendidikan dan
Teknologi Informasi) Fakultas
Keguruan Ilmu Pendidikan Uni-
versita Putra Indonesia" YPTK"
Padang, 64-70
Nurlelah, N. (2019). Dampak bullying
terhadap kesehatan mental
santri (studi kasus di pondok
pesantren darul muttaqien pa-
rung). Fikrah: Journal of Islamic
Education, 3(1), 72-86.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.