EFEKTIFITAS TEKNIK CINEMA THERAPY DENGAN GENRE EDUKASI UNTUK MEREDUKSI PERILAKU NARSISTIK MAHASANTRI IBNU KATSIR 2 JEMBER

Authors

  • Weni Kurnia Rahmawati S.Pd, M.Pd UNIVERSITAS PGRI AROPURO JEMBER
  • Nailul Fauziyah S.Sos., M.Pd UNIVERSITAS PGRI AROPURO JEMBER
  • Izza Thufailah UNIVERSITAS PGRI AROPURO JEMBER

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32586

Keywords:

Teknik Cinema Therapy, Narsistik, Mahasantri

Abstract

Dalam hidup bermasyarakat pasti kita akan menemui permasalahan kitabelum pernah kita temui sebelumnya. Dan disini peneliti menemukan perilakunarsistik yang dialami oleh beberapa mahasantri di Jember. Peneliti juga akanmelakukan penelitian kepada mahasantri dengan menggunkana metode penelitianeksperimen dengan menggunakan kuesioner untuk mengukur tingkat narsistiksebelum dan setelah dilakukannya penelitian .Perilaku narsistik merupakan salah satu bentuk gangguan kepribadianyang menunjukkan kecenderungan seseorang untuk memiliki rasa cinta diri yangberlebihan, kurangnya empati terhadap orang lain, serta kecenderungan untukmencari perhatian dan pujian dari lingkungan sekitar.Cinema therapy adalah penggunaan film untuk membantu individu belajarmengenai dirinya sendiri dengan memerikasa bagaimana respon merekan terhadappenggambaran peran dan situasi yang berbeda. Cinema theraphy merupakanteknik terapeutik khusus yang didalamnya menggunakan film yangdisesuaikan dengan tema yang mencerminkan masalah atau situasiyangdihadapi.Tujuan umum dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitascinema therapy dalam mengurangi perilaku narasistik pada mahasantri. Tujuankhusus dilakukan penelitian ini adalah untuk menegetahui tingkat narsistik padamahasantri sebelum dan setelah intervensi cinema therapy, dan mengetahuipengaruh cinema therapy terhadap mahasantri yang memiliki perilaku narsistik.Penelitian menunjukkan bahwa cinema therapy dapat mengurangi tingkatnarsistik pada mahasantri

Downloads

Download data is not yet available.

References

Azlina, Y. (2022). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik

Cinema Therapy Dalam Meningkatkan Komunikasi Interpersonal Pada Siswa

Smp Xyz. Akrab Juara : Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 7(2), 29.

https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v7i2.1791

Cendra, R., Wardhani, A., Murdiana, S., Ismail, I., Makassar, U. N., & Pettarani

Makassar, J. A. (2024). Efektivitas Teknik Cinema (Rieska dkk.) | 42 Madani.

Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(2), 42–49.

Christianty, N. (2024). GENERASI Z bagi penggunanya yang dapat dijangkau dari

berbagai kalangan ( Fazry & Apsari , 2021 ). 8(3), 465–470.

Dalimunthe, H. A., & Br Sihombing, D. M. (2020). Hubungan Penerimaan Diri

dengan Kecenderungan Narsistik pada Mahasiswa Pengguna Instagram di

Universitas Medan Area. Journal of Education, Humaniora and Social

Sciences (JEHSS), 2(3), 697–703. https://doi.org/10.34007/jehss.v2i3.144

Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku Narsis pada Media

Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian

Komunikasi, 20(2), 121–134. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.220

Fadilah, R. (2021). Analisis Kasus Gangguan Kepribadian Narsistik Dan Perilaku

Kriminalitas Antisosial Pada Pria Di Lapas Kota X. Jurnal Diversita, 7(1), 85–

96. https://doi.org/10.31289/diversita.v7i1.4892

Ferdyansah, R. (2022). CONSILIUM Journal : Journal Education and Counseling

p-ISSN :[2775-9465] e-ISSN :[27761223]. CONSILIUM Journal, 217–224.

Isna, N. M., & Winingsih, E. (2022). Efektivitas Bimbingan Kelompok Teknik

Cinema Therapy untuk Meningkatkan Efikasi Diri Karir Siswa. Jurnal BK

UNESA, 13(1), 760–771.

Kelompok, B., Teknik, M., Meningkatkan, U., Kepercayaan, P., Peserta, D.,

Guidance, G., & Cinematherapy, U. (2024). Jurnal Bimbingan dan Konseling

Pandohop Group Guidance Using Cinematherapy Techniques to Increase

Understanding of Student Self-Confidence. 4, 75–83.

Maretha, T., Susanti, R. H., & Sari, E. K. W. (2020). Keefektifan Teknik Cinema

Therapy untuk Meningkatkan Sikap Altruistik Siswa Kelas VIII DI SMPN 1

Gondanglegi Kabupaten Malang. JKI (Jurnal Konseling Indonesia), 5(2), 54–

61. https://doi.org/10.21067/jki.v5i2.4438

Muliani, N. (2021). Pencegahan Kecenderungan Narsistik Melalui Kontrol Diri.

Jurnal Al-Irsyad: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 311–324.

https://doi.org/10.24952/bki.v3i2.4668

Muryana. (2012). Psikoterapi Islami terhadap Gangguan Jiwa dan Relevansinya

Bagi Resolusi Kekerasan Seksual dalam Perkawinan. Religi, VIII(1), 30–48.

Nindita, C., Candra Kirana, R., Nurfitri Fesenrey, M., Trianggraini, L., Siskandar,

R., & Lestari, H. (2023). Kepribadian Narsistik dan Perilaku Hate Comment

Pengguna Media Sosial. Jurnal Kajian Islam Modern, 9(01), 42–51.

https://doi.org/10.56406/jkim.v9i01.162

Normanita, R. W., Kurniawan, K., & Nusantoro, E. (2018). Meningkatkan InteraksiSosial dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan

Teknik Cinematherapy. Indonesian Journal of Guidance and Counseling:

Theory and Application, 7(3), 1–7.

Novitasari, Z., Cahyaningrum, V. D., Setyoningsih, Y. D., & Susilo, H. (2022).

Penerapan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Cinematherapy Untuk

Meningkatkan Empati Siswa SMA Negeri 1 Malo. Nusantara of Research :

Jurnal Hasil-Hasil Penelitian Universitas Nusantara PGRI Kediri, 9(2), 177–

186. https://doi.org/10.29407/nor.v9i2.18130

Oktamia Anggraini Putri. (2022). Jurnal Pendidikan dan Konseling. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 4(20), 1349–1358.

Putri, L. H. (2021). Perilaku Narsisme dan Harga Diri Terhadap Penggunaan Media

Sosial Tiktok Pada Siswa SMA. Empati-Jurnal Bimbingan Dan Konseling,

8(1), 49–73. https://doi.org/10.26877/empati.v8i1.7806

Sari, D. R. (2020). Cinema Therapy untuk Meningkatkan Academic Self-Efficacy

Siswa Kelas XI-IPS SMA Negeri 4 Bojonegoro. Jurnak BK UNESA, 11(1),

95–101.

Saripah, I., Albari, M. R., Pratiwi, T. I., & Nadhirah, N. A. (2023). Perilaku

Narsistik Remaja di Media Sosial dan Implikasinya bagi Bimbingan dan

Konseling. Indonesian Journal of Educational Counseling, 7(1), 32–41.

https://doi.org/10.30653/001.202371.256

Trihastuti Sitorus, C., Rahma Puspitasari, A., Kirana Erniyanti, W., Hulwah Zahira,

Z., & Anggita Perdini, T. (2023). Kecenderungan Narsistik Pada Mahasiswa

Pengguna Aktif Tiktok. Psychological Security D, 1(1), 379–392.

Wulan Sari, E. K., & Kowan, L. M. (2023). Keefektifan Teknik Cinematherapy

untuk Mengurangi Kebiasaan Mengonsumsi Minuman Keras Mahasiswa

Maumere Universitas PGRI Kanjuruhan Malang. JKI (Jurnal Konseling

Indonesia), 8(2), 43–48. https://doi.org/10.21067/jki.v8i2.8288

Zaeni, S. I. (2022). Probelamtika Prilaku Narsistik pada Remaja dalam Bermedia

Sosial. Society, 13(2), 2–5.

Downloads

Published

2025-08-21