PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN WORABUD (WORDWALL KERAGAMAN BUDAYA) PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KELAS V SD
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32573Keywords:
learning media, Wordwall, cultural diversity, Pancasila EducationAbstract
This research is motivated by the limited use of learning media at SDN Mlatiharjo 2, which still relies on worksheets, whiteboards, and simple slides, resulting in low student engagement. The study aims to develop Wordwall-based learning media (WORABUD) for Pancasila Education subject on Cultural Diversity material for Grade V and to test its feasibility. The method used is Research and Development (R&D) with the ADDIE model (Analyze, Design, Develop, Implement, Evaluate). The research subjects were 22 Grade V students. Validation was carried out by media experts, material experts, teachers, and students. The results showed that WORABUD was rated 'very feasible' by all validators. The media effectively increased student engagement through interactive game-based activities relevant to cultural diversity content. WORABUD is accessible, visually attractive, and provides an enjoyable and effective learning experience.Downloads
References
pembelajaran worabud (wordwall
keragaman budaya) “sangat layak”.
Semua validator yang dipilih sesuai
dengan pakar dan bidangnya.
Aspek visual menjadi
keunggulan utama media
pembelajaran worabud (wordwall
keragaman budaya). Desain tampilan
yang cerah, penggunaan ikon dan
ilustrasi budaya daerah, serta navigasi
yang mudah membuat media ini
disukai oleh siswa. Ahli media
menyarankan agar ukuran teks
diperbesar dan animasi dibuat lebih
responsif terhadap klik agar dapat
digunakan di berbagai perangkat.
media pembelajaran worabud
(wordwall keragaman budaya)
dinyatakan sangat layak oleh ahli
media karena telah memenuhi aspek
desain instruksional dan estetika
pembelajaran digital.
Setelah melalui tahap validasi,
peneliti melakukan uji coba untuk
mengukur kelayakan media
pembelajaran worabud (wordwall
keragaman budaya) secara langsung
di lapangan. Uji coba dilakukan di
kelas V SDN Mlatiharjo 2 dengan total
22 siswa sebagai responden.
Penilaian dilakukan melalui pengisian
angket dan pengamatan langsung
selama kegiatan belajar berlangsung.
Hasil dari angket respon siswa
secara keseluruhan memperoleh nilai
rata-rata sebesar 96,94% dan
dikategorikan sangat layak. Hal ini
menunjukan bahwa media
pembelajaran worabud (wordwall
keragaman budaya) sangat baik
digunakan sebagai sumber belajar
pada pendidikan Pancasila. Pada
aspek kebahasaan 95,83% yang
dikategorikan sangat baik dengan
indikator keterbacaan, kejelasan
informasi, dan penggunaan Bahasa
yang mudah dipahami. Aspek
kemanfaatan memperoleh nilai rata-
rata 96,02% yang dikategorikan
sangat baik dengan indikator
kemudahan penggunaan,
kemenarikan, peningkatan semangat
belajar. Aspek kegrafikan
memperoleh nilai rata-rata 98,58%
yang dikategorikan sangat baik
dengan indikator penggunaan huruf,
tata letak, ilustrasi, grafis gambar, dan
desain tampilan yang mudah
dimengerti. Aspek materi memperoleh
nilai rata-rata 97,16% yang
dikategorikan sangat baik dengan
indikator relevansi materi, dan
penugasan atau evaluasi yang dapat
membantu siswa lebih kreatif dan
interaktif. Berdasarkan dengan hasil
yang diperoleh maka media
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.