PENGARUH PEMBELAJARAN MODIFIKASI PERMAINAN TERHADAP KEMAMPUAN PUKULAN LURUS PENCAK SILAT PADA SISWA KELAS VII SMP IT BINA INSANI KARAWANG – CIKAMPEK
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32552Keywords:
Game Modification, Pencak Silat, Straight Punch, Physical Education, Innovative LearningAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran dengan modifikasipermainan terhadap peningkatan kemampuan teknik pukulan lurus dalam pencak silat padasiswa kelas VII SMP IT Bina Insani Karawang – Cikampek. Latar belakang penelitian iniadalah rendahnya antusiasme dan kemampuan siswa dalam pembelajaran pencak silat,khususnya pada teknik pukulan lurus. Untuk mengatasi hal tersebut, diterapkan pendekatanpembelajaran yang inovatif dan menyenangkan melalui modifikasi permainan.Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain one group pretest-posttest. Sampel penelitian terdiri dari 30 siswa kelas VII yang dipilih melalui teknikpurposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes keterampilan pukulan lurus yangdilakukan sebelum dan sesudah perlakuan. Perlakuan berupa enam kali pertemuanpembelajaran menggunakan berbagai permainan yang dimodifikasi agar siswa lebih aktifdan terlibat.Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada hasil tes posttestdibandingkan pretest. Temuan ini menunjukkan bahwa pembelajaran dengan modifikasipermainan berdampak positif terhadap peningkatan kemampuan pukulan lurus siswa.Dengan demikian, pembelajaran pencak silat melalui pendekatan modifikasi permainandapat menjadi salah satu strategi efektif dalam pendidikan jasmani yang tidak hanyameningkatkan keterampilan fisik, tetapi juga membangun motivasi dan semangat belajarsiswa.Downloads
References
Aquino, T., & Kristiandika, Y. (2021).
PENGARUH KUALITAS LAYANAN,HARGA, DAN CITRA GO-JEK
TERHADAP LOYALITAS
PELANGGAN PT GO-JEK
INDONESIA DI KOTA
PALEMBANG SKRIPSI Untuk
Memenuhi Sebagian Dari Syarat-
Syarat Guna Mencapai Gelar
Sarjana.
Hasmyati, D. E. (2023). Membedah
Keilmuan Pendidikan Jasmani
Kesehatan dan Rekreasi.
Lestari, S. D. A. (2022). Penerapan
Modifikasi Permainan Terhadap
Hasil Belajar passing Bawah
Bolavoli (Studi Pada Siswa Kelas
VIII SMP Negeri 4 Pasuruan).
Jurnal Pendidikan Olahraga Dan
Kesehatan, Universitas Negeri
Padang, 03(1), 88–95.
Rajifiar Barqah, D. F. D. (2024).
PENGARUH DISCOVERY
LEARNINGTERHAD AP
AKTIVITAS BELAJAR SISWAPADA
PEMBELAJARAN PENJASKELAS
VIII STUDI KASUS DI SMPN 2
KARAWANG BARAT. 24(7), 28–42.
Riantoso, S. (2021). Modifikasi media
pembelajaran pendidikan jasmani di
SMP Menyuke Kabupaten Landak.
Journal Pendidikan Jasmani FKIP
UNTAN, 53, 1–11.
sandiriantoso5692@gmail.com
Siregar, F. S., Siregar, A., Pendidikan, F.
I., Medan, U. N., Sei, P., Kab, T.,
Serdang, D., Ajaran, T., Sei, P., Kab,
T., Sei, P., Kab, T., Serdang, D., &
Bermain, V. (2021). Jurnal Ilmiah
STOK Bina Guna Medan
PENINGKATAN TEHNIK LEMPAR
TANGKAP BOLA DALAM
PERMAINAN BOLA KASTI
MENGGUNAKAN VARIASI
BERMAIN PADA SISWA KELAS V
SD NEGERI 105290 TIMBANG
DELI KABUPATEN DELI
SERDANG TAHUN AJARAN 2020 /
2021 IMPROVEMENT OF
CATCHING THE B. 9, 79–85.
Yulasri, R. E. (2021). Konsep Pendidikan
sebagai Suatu Sistem dan
Komponen Sistem Pendidikan.
Analytical Biochemistry, 11(1), 1–5.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.