HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 23 KERINCI

Authors

  • Indah Pitriani Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Suryadi Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yasrial Chandra Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32513

Abstract

This study aims to This study aims to determine: 1) the interpersonalcommunication of students at SMP Negeri 23 Kerinci, 2) the self-adjustment ofstudents at SMP Negeri 23 Kerinci, and 3) to examine the relationship betweeninterpersonal communication and students' self-adjustment at SMP Negeri 23Kerinci. The background of this research is the still prevalent issue of correlationalproblems. The sample consisted of 113 students selected using a simple randomsampling technique. The research instrument used was a questionnaire. Theresults of the study show that: 1) the interpersonal communication of students at SMPNegeri 23 Kerinci falls into the inappropriate category, 2) the self-adjustment of studentsat SMP Negeri 23 Kerinci is categorized as fairly appropriate, and 3) there is a relationshipbetween interpersonal communication and self-adjustment of students at SMP Negeri 23Kerinci, with a correlation value of 0.075, indicating that a relationship exists betweenthese two variables.Keywords: interpersonal communication, self-adjustment, junior high schoolstudents

Downloads

Download data is not yet available.

References

Agustin, D. I., & Claretta, D. (2024).

Efektivitas Komunikasi Interpersonal

dalam Dukungan Sosial terhadap

Penerimaan Diri Penderita Bipolar.

JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,

7(2), 1643–1647.

Alfikalia, A. M. (2013). Faktor-faktor

Pendukung Kompetensi Komunikasi

Interpersonal: Studi Kasus pada

Mahasiswa Tingkat Pertama di

Universitas Paramadina. Jurnal ILMU

KOMUNIKASI, 6(1), 25–44.

Angela, R. riri, & Marissa, A. (2023).

Pengaruh Dukungan Sosial terhadap

Penyesuaian Diri Mahasiswa Tingkat

Satu di Masa Pandemi. Jurnal

Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 518–

523.

Annisa Amalia Achmad, R. D. D. N.

(2022). Hubungan Konsep Diri Dan

Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi

Interpersonal Pada Mahasiswa

Perantau Di Universitas Persada

Indonesia Y.A.I. Journal Psikologi

Kreatif Inovatif, 3(1), 96–105.Bilicha, P. N., Bachry, P. N.,

Rakhmandari, R. A., & Rusdi, A.

(1970). Komunikasi Interpersonal

Mahasiswa Baru Ditinjau Dari

Tawadhu’ Dan Penyesuaian Diri.

Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(2),

109–118.

Chairani, M., Wiendijarti, I., &

Novianti, D. (2009). Komunikasi

Interpersonal Guru Dan Orang Tua

Dalam Mencegah Kenakalan Remaja

Pada Siswa (Studi Deskriptif Pada

Siswa Kelas Xi Sma Kolombo

Sleman). Jurnal Ilmu Komunikasi,

7(2), 143–152. www.pdffactory.com

Diana Maulida Zakiah, Fithria Rizka

Sirait, E. S. (2022). Jurnal Teknologi ,

Kesehatan Dan Ilmu Sosial. Jurnal

Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu

Sosial, 4(2), 328–338.

Dyah Helen Permatasari, Siti Fitriana,

A. (2024). Tingkat Penyesuaian Diri

Siswa di SMK Negeri 2 Semarang.

7(2), 248–254.

Eka Kurnia, Maria Dwi Yanika, H. N.

(2012). Perbedaan Penyesuaian Diri

Antara Mahasiswa yang Aktif

Berorganisasi dengan yang Tidak

Aktif Berorganisasi Pada Universitas

Bunda Mulia. Psibernetika, 5(1), 15.

Fahrunnisa, H., & Murad, A. (2023).

Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister

Psikologi Hubungan Empati dan

Dukungan Sosial Teman Sebaya

dengan Komunikasi Interpersonal

pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri

(MAN) Binjai. Jurnal Ilmiah Magister

Psikologi, 5(1), 11–20.

Fani Kumalasari, L. N. A. (2012).

Hubungan Antara Dukungan Sosial

dengan Penyesuaian Diri Remaja di

Panti Asuhan. 1(1).

Fitriani, L., Perdani, Z. P., & Riyantini,

Y. (2020). Hubungan Tingkat Stres

Remaja dengan Kemampuan

Beradaptasi di Pondok Pesantren

Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan

Pertiwi, 2(1), 125–128.

Galih Wicaksono, N. N. (2013).

Penerapan Teknik Bermain Peran

dalam Bimbingan Kelompok untuk

Meningkatkan Kemampuan

Komunikasi Interpersonal Siswa

Kelas X Multimedia SMK IKIP

Surabaya. Journal Mahasiswa

Bimbingan Konseling, 1, 61–78.

Hulu, Y. (2022). Pengaruh

Komunikasi Interpersonal Terhadap

Penyesuaian Diri Siswa Kelas Xi Sma

Negeri 1 Lahusa Tahun Pelajaran

2020/2021. Counseling For All (Jurnal

Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 13–

22.

Jannah, M. (2013). Uji Validitas

Konstruk Pada Instrumen

Penyesuaian Diri Haber & Runyon

(1964) Dengan Metode Confirmatory

FactorAnalysis (Cfa). Pengukuran

Psikologi Dan Pendidikan Indonesia,

11(6), 422–433.

Kt. Kartika Sari Dewi, Gede

Sedanayasa, N. N. M. A. (2014).

Kontribusi Kualitas Komunikasi

Interpersonal terhadap Penyesuaian

Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2

Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014.

E-Journal Undiksa Jurusan

Bimbingan Konseling, 1.

Kusasi, M. (2014). Hubungan Empati

dan Komunikasi Interpersonal

Dengan Kualitas Hidup. Psikostudia:

Jurnal Psikologi, 3(1).

Lusiawati. (2019). Kecerdasan Emosi

dan Penyesuaian Remaja Awal diPanti Asuhan Hasanah Samarinda.

Psikoborneo, 1(2), 91–101.

Malasari Harahap, Bambang

Sulardiono, D. S. (2018). Analisis

Tingkat Kematangan Gonad Teripang

Keling (Holothuria atra) di Perairan

Menjangan Kecil, Karimunjawa. 3(2),

91–102.

Marta Ratih Kusumaningsih, O. P. M.

(2013). Hubungan Antara Komunikasi

Interpersonal dengan Penyesuaian

Diri pada Siswa Remaja. Psikologi,

02(01), 1–8.

Murifah Mardiani Sanaky, La Moh.

saleh, H. D. T. (2021). Analisis

Faktor-Faktor Keterlambatan pada

Proyek Pembangunan Gedung

Asrama MAN 1 Tulehu Maluku

Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–

439.

Oktariani, & Syaputri, E. (2022).

Meningkatkan Konsep Diri Positif

Untuk Penyesuaian Diri Pada Remaja

di Panti Asuhan. Servitium Smart

Journal, 1(1), 25–29.

Radiko Arvyanda, Enrico Fernandito,

P. L. (2023). Analisis Perbedaan

Bahasa dalam Komunikasi

Antarmahasiswa. Jurnal Harmoni

Nusa Bangsa, 1(1), 67.

Ricky Marcelino Chandra, Michael

Kurniawan Sudjianto, E. A. (2023).

Faktor-Faktor Komunikasi (Yang

Perlu Dimiliki) Generasi Z dalam

Mempersiapkan Karir. Student

Research Journal, 1(3), 349–361.

Suryadi, C. I. U. (2018). Profil

Penyesuaian Diri Siswa Di Smp

Pembangunan Laboratorium Unp

Padang. JURNAL EDUKASI: Jurnal

Bimbingan Konseling, 4(1), 89.

Syahroni, M. I. (2022). Prosedur

Penelitian Kuantitatif. 2(3), 211–213.

Tampubolon, A. F., & Munir, A.

(2025). Hubungan Antara

Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi

Interpersonal Pada Siswa SMA

Hosana Medan. Jouska: Jurnal Ilmiah

Psikologi, 4(1), 30–37.

Wakhid, U. N., & Khisbiyah, Y.

(2025). Hubungan Penyesuaian Diri

dan Komunikasi Interpersonal

dengan Culture Shock Mahasiswa

Baru dari Luar Pulau Jawa. Jurnal

Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 9(2), 86.

Yuliana SventyYasmine, R. H.

(2025). Edumatic : Jurnal Pendidikan

Informatika ChatGPT sebagai Alat

Bantu dalam Penulisan Karya Ilmiah

Mahasiswa : Analisis Keterlibatan dan

Kreativitas. 9(1), 99–108.

Downloads

Published

2025-09-30