HUBUNGAN ANTARA KOMUNIKASI INTERPERSONAL DENGAN PENYESUAIAN DIRI PESERTA DIDIK DI SMP NEGERI 23 KERINCI
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32513Abstract
This study aims to This study aims to determine: 1) the interpersonalcommunication of students at SMP Negeri 23 Kerinci, 2) the self-adjustment ofstudents at SMP Negeri 23 Kerinci, and 3) to examine the relationship betweeninterpersonal communication and students' self-adjustment at SMP Negeri 23Kerinci. The background of this research is the still prevalent issue of correlationalproblems. The sample consisted of 113 students selected using a simple randomsampling technique. The research instrument used was a questionnaire. Theresults of the study show that: 1) the interpersonal communication of students at SMPNegeri 23 Kerinci falls into the inappropriate category, 2) the self-adjustment of studentsat SMP Negeri 23 Kerinci is categorized as fairly appropriate, and 3) there is a relationshipbetween interpersonal communication and self-adjustment of students at SMP Negeri 23Kerinci, with a correlation value of 0.075, indicating that a relationship exists betweenthese two variables.Keywords: interpersonal communication, self-adjustment, junior high schoolstudentsDownloads
References
Agustin, D. I., & Claretta, D. (2024).
Efektivitas Komunikasi Interpersonal
dalam Dukungan Sosial terhadap
Penerimaan Diri Penderita Bipolar.
JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan,
7(2), 1643–1647.
Alfikalia, A. M. (2013). Faktor-faktor
Pendukung Kompetensi Komunikasi
Interpersonal: Studi Kasus pada
Mahasiswa Tingkat Pertama di
Universitas Paramadina. Jurnal ILMU
KOMUNIKASI, 6(1), 25–44.
Angela, R. riri, & Marissa, A. (2023).
Pengaruh Dukungan Sosial terhadap
Penyesuaian Diri Mahasiswa Tingkat
Satu di Masa Pandemi. Jurnal
Pendidikan Dan Konseling, 5(1), 518–
523.
Annisa Amalia Achmad, R. D. D. N.
(2022). Hubungan Konsep Diri Dan
Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi
Interpersonal Pada Mahasiswa
Perantau Di Universitas Persada
Indonesia Y.A.I. Journal Psikologi
Kreatif Inovatif, 3(1), 96–105.Bilicha, P. N., Bachry, P. N.,
Rakhmandari, R. A., & Rusdi, A.
(1970). Komunikasi Interpersonal
Mahasiswa Baru Ditinjau Dari
Tawadhu’ Dan Penyesuaian Diri.
Psikis : Jurnal Psikologi Islami, 5(2),
109–118.
Chairani, M., Wiendijarti, I., &
Novianti, D. (2009). Komunikasi
Interpersonal Guru Dan Orang Tua
Dalam Mencegah Kenakalan Remaja
Pada Siswa (Studi Deskriptif Pada
Siswa Kelas Xi Sma Kolombo
Sleman). Jurnal Ilmu Komunikasi,
7(2), 143–152. www.pdffactory.com
Diana Maulida Zakiah, Fithria Rizka
Sirait, E. S. (2022). Jurnal Teknologi ,
Kesehatan Dan Ilmu Sosial. Jurnal
Teknologi, Kesehatan Dan Ilmu
Sosial, 4(2), 328–338.
Dyah Helen Permatasari, Siti Fitriana,
A. (2024). Tingkat Penyesuaian Diri
Siswa di SMK Negeri 2 Semarang.
7(2), 248–254.
Eka Kurnia, Maria Dwi Yanika, H. N.
(2012). Perbedaan Penyesuaian Diri
Antara Mahasiswa yang Aktif
Berorganisasi dengan yang Tidak
Aktif Berorganisasi Pada Universitas
Bunda Mulia. Psibernetika, 5(1), 15.
Fahrunnisa, H., & Murad, A. (2023).
Tabularasa: Jurnal Ilmiah Magister
Psikologi Hubungan Empati dan
Dukungan Sosial Teman Sebaya
dengan Komunikasi Interpersonal
pada Siswa Madrasah Aliyah Negeri
(MAN) Binjai. Jurnal Ilmiah Magister
Psikologi, 5(1), 11–20.
Fani Kumalasari, L. N. A. (2012).
Hubungan Antara Dukungan Sosial
dengan Penyesuaian Diri Remaja di
Panti Asuhan. 1(1).
Fitriani, L., Perdani, Z. P., & Riyantini,
Y. (2020). Hubungan Tingkat Stres
Remaja dengan Kemampuan
Beradaptasi di Pondok Pesantren
Kota Tangerang. Jurnal Kesehatan
Pertiwi, 2(1), 125–128.
Galih Wicaksono, N. N. (2013).
Penerapan Teknik Bermain Peran
dalam Bimbingan Kelompok untuk
Meningkatkan Kemampuan
Komunikasi Interpersonal Siswa
Kelas X Multimedia SMK IKIP
Surabaya. Journal Mahasiswa
Bimbingan Konseling, 1, 61–78.
Hulu, Y. (2022). Pengaruh
Komunikasi Interpersonal Terhadap
Penyesuaian Diri Siswa Kelas Xi Sma
Negeri 1 Lahusa Tahun Pelajaran
2020/2021. Counseling For All (Jurnal
Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 13–
22.
Jannah, M. (2013). Uji Validitas
Konstruk Pada Instrumen
Penyesuaian Diri Haber & Runyon
(1964) Dengan Metode Confirmatory
FactorAnalysis (Cfa). Pengukuran
Psikologi Dan Pendidikan Indonesia,
11(6), 422–433.
Kt. Kartika Sari Dewi, Gede
Sedanayasa, N. N. M. A. (2014).
Kontribusi Kualitas Komunikasi
Interpersonal terhadap Penyesuaian
Diri Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2
Sawan Tahun Pelajaran 2013/2014.
E-Journal Undiksa Jurusan
Bimbingan Konseling, 1.
Kusasi, M. (2014). Hubungan Empati
dan Komunikasi Interpersonal
Dengan Kualitas Hidup. Psikostudia:
Jurnal Psikologi, 3(1).
Lusiawati. (2019). Kecerdasan Emosi
dan Penyesuaian Remaja Awal diPanti Asuhan Hasanah Samarinda.
Psikoborneo, 1(2), 91–101.
Malasari Harahap, Bambang
Sulardiono, D. S. (2018). Analisis
Tingkat Kematangan Gonad Teripang
Keling (Holothuria atra) di Perairan
Menjangan Kecil, Karimunjawa. 3(2),
91–102.
Marta Ratih Kusumaningsih, O. P. M.
(2013). Hubungan Antara Komunikasi
Interpersonal dengan Penyesuaian
Diri pada Siswa Remaja. Psikologi,
02(01), 1–8.
Murifah Mardiani Sanaky, La Moh.
saleh, H. D. T. (2021). Analisis
Faktor-Faktor Keterlambatan pada
Proyek Pembangunan Gedung
Asrama MAN 1 Tulehu Maluku
Tengah. Jurnal Simetrik, 11(1), 432–
439.
Oktariani, & Syaputri, E. (2022).
Meningkatkan Konsep Diri Positif
Untuk Penyesuaian Diri Pada Remaja
di Panti Asuhan. Servitium Smart
Journal, 1(1), 25–29.
Radiko Arvyanda, Enrico Fernandito,
P. L. (2023). Analisis Perbedaan
Bahasa dalam Komunikasi
Antarmahasiswa. Jurnal Harmoni
Nusa Bangsa, 1(1), 67.
Ricky Marcelino Chandra, Michael
Kurniawan Sudjianto, E. A. (2023).
Faktor-Faktor Komunikasi (Yang
Perlu Dimiliki) Generasi Z dalam
Mempersiapkan Karir. Student
Research Journal, 1(3), 349–361.
Suryadi, C. I. U. (2018). Profil
Penyesuaian Diri Siswa Di Smp
Pembangunan Laboratorium Unp
Padang. JURNAL EDUKASI: Jurnal
Bimbingan Konseling, 4(1), 89.
Syahroni, M. I. (2022). Prosedur
Penelitian Kuantitatif. 2(3), 211–213.
Tampubolon, A. F., & Munir, A.
(2025). Hubungan Antara
Keterbukaan Diri Dengan Komunikasi
Interpersonal Pada Siswa SMA
Hosana Medan. Jouska: Jurnal Ilmiah
Psikologi, 4(1), 30–37.
Wakhid, U. N., & Khisbiyah, Y.
(2025). Hubungan Penyesuaian Diri
dan Komunikasi Interpersonal
dengan Culture Shock Mahasiswa
Baru dari Luar Pulau Jawa. Jurnal
Ilmiah Psikologi Candrajiwa, 9(2), 86.
Yuliana SventyYasmine, R. H.
(2025). Edumatic : Jurnal Pendidikan
Informatika ChatGPT sebagai Alat
Bantu dalam Penulisan Karya Ilmiah
Mahasiswa : Analisis Keterlibatan dan
Kreativitas. 9(1), 99–108.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.