MENINGKATKAN AKTIVITAS BELAJAR, KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS, DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING, NUMBER HEADS TOGETHER, DAN MAKE A MATCH PADA MUATAN MATEMATIKA DI SDN TANJUNG PAGAR 3 BANJARMASIN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32490Keywords:
Learning Activity, Critical Thinking, Learning Outcomes, CTL, NHT, Make a MatchAbstract
Kajian ini bertujuan untuk menilai sejauh mana penerapan gabungan model Contextual Teaching and Learning (CTL), Numbered Heads Together (NHT), dan Make a Match (MM) dapat meningkatkan keaktifan belajar, kemampuan berpikir kritis, serta hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran matematika di kelas IV SDN Tanjung Pagar 3 Banjarmasin. Sebanyak 27 siswa kelas IV menjadi subjek penelitian. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi pada setiap siklus. Hasil penelitian pada akhir siklus kedua memperlihatkan peningkatan pada seluruh indikator pembelajaran, yaitu aktivitas guru, aktivitas belajar siswa, keterampilan berpikir kritis, serta hasil belajar yang masuk kategori Baik dan Sangat Baik. Oleh sebab itu, kombinasi penerapan CTL, NHT, dan MM bisa dijadikan alternatif strategi pembelajaran yang efektif untuk mendukung pembelajaran matematika di tingkat sekolah dasar.Downloads
References
Agusta, A. R., Darmiyati, & Ali Rachman, A. F. N. (2024). Student Satisfaction With Educational Services at the Integrated Islamic Primary School of Qurrata’ayun Hulu Sungai Selatan. International Journal Education, School Management and Administration, 2(1), 1–11.
Ain, N. Q., & Suriansyah, A. (2024). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Menggunakan Model Pembelajaran Lentera Pada Pembelajaran IPS Kelas V SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. 2(2), 332–340.
Akhmad Darobi, Tri Saptuti Susiani, & Moh Salimi. (2024). Penerapan Model Contextual Teaching And Learning (CTL) Dalam Peningkatan Hasil Belajar IPA Pada Siswa Kelas V SDN Ambalkumolo Tahun Ajaran 2021/2022. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 12(2), 67-82.
Anto, R., Payadnya, I. P. A. A., & Sumarjiana, I. K. L. (2021). Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Perjuangan Kapten Mudita Untuk Meningkatkan Berpikir Kritis Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Santiaji Pendidikan, 11(3), 13-28.
Asrani, D. (2024). Peran CTL dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa SD. Jurnal Pendidik Matematika SD, 5(1), 45–58.
Asrani, D. (2024). Integrasi media pembelajaran serta NHT dalam pembelajaran matematika. Jurnal Inovasi Pendidikan, 3(2), 101–115.
Azani, A., Sarmila, S., & Gusmaneli, G. (2024). Hakikat Belajar Dan Pembelajaran. Mutiara: Jurnal Penelitian Dan Karya Ilmiah, 2(3), 17–37. https://doi.org/10.30736/atl.v1i2.85.
Elma, Y. S., Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., & Agusta, A. R. (2025). Digitalisasi Pembelajaran sebagai Sarana Pembentukan Interaksi Sosial Positif Peserta Didik di SDN Antasan Besar 1. Jurnal Teknologi Pendidikan, 5(1), 2025.
Erlina, D. A., & Sutarni, S. (2024). Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa Melalui Pembelajaran Realistic Mathematics Education ( RME ). Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 08(01), 454–463.
Fa’uni, A. M., Fauzi, Z. A., Asyfa Nabila, L. R., Qadli, M. F., & Rahmah, N. (2024). Pengaruh Model PBL pada keterampilan berpikir kritis siswa kelas III sekolah dasar. Journal on Education, 7(1), 4332–4340.
Fauzi, Z. A. (2024). Pengaruh PBL serta NHT pada aktivitas belajar siswa SD. Jurnal Pendidikan Inovatif, 4(1), 65–78.
Hamdani, M., Prayitno, B. ., & Karyanto, P. (2019). Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Metode Eksperimen. Proceeding Biology Education Conference, 16(01), 139–145.
Hanum, L., Hasan, M., Pada, A. U. T., Rahmatan, H., Rahmayani, R. F. I., Elisa, E., Noorhapizah, N. (2023). Development of Learning Devices Based on Ethnoscience Project Based Learning to Improve Students’ Critical Thinking Skills. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 11(2), 288–305.
Hasanah, A., Falah, F. F., Paulina, N., Nabila, A., Rosydah, L., & Fauzi, Z. A. (2024). Babuta'an Traditional Games in increasing students' learning motivation. International Journal of Multilingual Education and Applied Linguistics, 1(2).
Hayati, R. P., Suriansyah, A., Purwanti, R., & Agusta, A. R. (2024). Implementasi Model Cakap Berbasis Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara Berbantuan Media Visual. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 14(3), 334–351.
Helwa Ayuni. (2024). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kerjasama serta Berpikir Kritis Menggunakan Model PROGRES serta Media TTS pada Siswa Kelas IV SDN Terantang 2 Barito Kuala. Skripsi S1 PGSD, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.
Jannah, F. (2024). Efektivitas model Make a Match dalam meningkatkan hasil belajar matematika siswa SD. Jurnal Pembelajaran Kontekstual, 2(3), 120–133.
Jumrah, J., Hamdana, H., & Rahmayani, S. (2023). Peranan Model Pembelajaran NHT dalam Perbaikan Aktivitas serta Hasil Belajar Siswa. Griya Journal of Mathematics Education and Application, 3(3), 515–525. https://doi.org/10.29303/griya.v3i3.360
Kartikasari, D., Medriati, R., & Purwanto, A. (2021). Penerapan Discovery Learning Model dengan Pendekatan Saintifik untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa pada Konsep Kalor serta Perpindahan Kalor. Jurnal Kumparan Fisika, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.33369/jkf.1.2.1-7.
Khoirunimah, S. N. (2019). Peningkatan Motivasi serta Hasil Belajar Tematik Melalui Penerapan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Elementaria Edukasia, 2(1), 64–73.
Lestari, E. A., & Nuryanti. (2022). Pentingnya Kualitas Sumber Daya Manusia Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Anak. Pendidikan, Jurnal Konseling, Dan, 4, 1349–1358.
Lestari, D. (2024). Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model PBL Dan Make A Match Pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Memahami Isi Teks Eksplanasi Di Kelas 5 SDN Kuin Utara 6 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Konseling, 2(3), 1022-1029.
Mutiara & Asrani. (2024). Meningkatkan Motivasi serta Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Menggunakan Model BINTANG pada Kelas IV Sekolah Dasar. EduCurio: Education Curiosity, 2(3), 578–588
Nabila, A. (Asyfa Nabila), Fauzi, Z. A., Fa’uni, A. M., Rosydah, L., Qadli, M. F., & Rahmah, N. (2024). Meningkatkan aktivitas, keterampilan berpikir kritis menggunakan model PBL dibantu model CTNJ di kelas V SDN Kelayan Selatan 6. Jurnal Teknologi Pendidikan serta Pembelajaran, 1(3), 595–601.
Nabila, Asyfa. (2024). Meningkatkan keterampilan berpikir kritis, kolaborasi, serta komunikasi menggunakan model PBL dibantu dengan model GTT serta permainan tradisional Babulanan serta media Kintar di kelas V SDN Teluk Tiram 6. Jurnal Creativity and Innovation on Elementary School (JCIES), 2(2), 43–62. Universitas Lambung Mangkurat.
Prastitasari, Herti; Indra Haryanto Ali; Fathul Jannah; Yogi Prihandoko. (2025). Problem-Based Learning in Elementary School Mathematics Education. Jurnal Creativity and Innovation on Elementary School (JCIES), 1(1), 13–22. Universitas Lambung Mangkurat.
Prihandoko, Y., Prihandoko, Y., Saputra, M. D., & Noorhapizah, N. (2024). Digitalisasi Program BANGKIT pada Sekolah Unggul di Lingkungan Lahan Basah. Journal of Education Research, 5(4), 4604–4611.
Puteri, N., & Cinantya, C. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Menggunakan Model “ Nature ” Pada Siswa Sekolal Dasar Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran ( JTPP ). Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran (JTPP), 02(01), 320–325.
Putri, N. R., Widya, T. P., & Learning, P. B. (2024). BERPIKIR KRITIS SISWA MUATAN IPA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED. 7, 12808–12814.
Qalbi, M. D., Agusta, A. R., & Fathul Jannah. (2025). Meningkatkan Aktivitas, Keterampilan Kerjasama, Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Peserta Didik Menggunakan Model Pembelajaran CANGKAL serta Media WORDWALL pada Muatan IPS Kelas IV. Jurnal Pendidikan Sosial serta Konseling, 2(4), 1277–1285.
Rusdiamah. (2025). Efektivitas Pembelajaran Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dalam Pembentukan Karakter di TK Al Karomah serta TK Bhayangkari Kotabaru. Tesis Magister, Program Pascasarjana, Universitas Lambung Mangkurat. Pembimbing: Prof. Dr. Wahyu, M.S. & Dr. Noorhapizah, S.T., M.Pd.
Rohana, Raihanah Sari, Fathul Jannah, & Agusta, A. R. (2024). Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis serta Hasil Belajar Muatan IPS Menggunakan Model Pelangi di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(2), 864–877.
Said Husin, & Dahliana, D. (2024). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Model Kooperatif Tipe Make A Match. Jurnal Sultan Idris Pendidikan Profesi Guru, 2(2), 187–195.
Sanny Setianing Santoso, Kharisma Eka Putri & Frans Aditia Wiguna (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) Berbasis 4C pada Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD pada Materi Pecahan. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9(4), 23-37.
Suriansyah, A., Harsono, A. M. B., Widyarini, T. P., & Fauzi, Z. A. (2024). Apresiasi serta reward guru pada pembentukan motivasi belajar siswa di SDN Sungai Andai 3. Joyful Learning Journal, 13(4), 73–82.
Susilawati, S., Suhaimi, S., & Noorhapizah, N. (2024). The Influence of School Principal Supervision, Motivation, and Work Satisfaction on Teachers' Performance. Cypriot Journal of Educational Sciences, 17(7), 2523–2537.
Widodo, S., & Wardani, R. K. (2020). Mengajarkan Keterampilan Abad 21 4C (Communication, Collaboration, Critical Thinking and Problem Solving, Creativity and Innovation) di Sekolah Dasar. Journal Program Studi PGMI, 7(2), 73-87.
Yunita Sari, Amberansyah, Y., Fauzi, Z. A., & Dessy D. Sari. (2024). Meningkatkan aktivitas siswa, berpikir kritis, hasil belajar IPA melalui pendekatan saintifik (PBL), Snowball Throwing, Picture and Picture di SDN Pangeran 2 Banjarmasin. Jurnal Review Pendidikan serta Pengajaran (JRPP), 7(4), 13774–13778.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.