PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN GUGUS II NARMADA

Penelitian Eksperimen

Authors

  • Sapti Universitas Mataram
  • Asrin Universitas Mataram
  • Setiani Novitasari Universitas Mataram
  • Aisa Nikmah Rahmatih Universitas Mataram

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32467

Keywords:

Project Based Learning, Collaboration Skills, Learning Motivation in Natural and Social Sciences.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV Di SDN Gugus II Narmada. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Dasan Tereng yang merupakan bagian dari Gugus II Narmada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain quasi eksperiment dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV B SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas kontrol, penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik multivariate of variance (MANOVA) dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai (sig. 0.00 < 0.05; kontribusi 43.66) untuk keterampilan kolaborasi, nilai (sig. 0,00 < 0.05; kontribusi 45.92) untuk motivasi belajar IPAS, serta nilai (sig. 0,00 < 0.05) untuk keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS secara simultan. Hal ini menunjukkan (H₀) ditolak dan (Hₐ) diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN Gugus II Narmada.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abidin, S., Purnamawat, & Mappalotteng, A. M. (2023). Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 462–471.

Alfiyyana, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Self-Efficacy Siswa Kelas X MIPA MAN 2 Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.

Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, 05(04), 36–38.

Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Tirtayasa, Sultan Ageng, 1–3.

Handiani, M. P. (2025). Analisis Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(1), 33–36.

Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443.

Jayanti, E. D., Rosianawati, A., & Srikonita, R. (2023). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–7.

Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.

Kemendikbud. (2023). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di jenjang SD.

Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan KIT IPA DI SD Negeri 34 Cakranegara. 1(1), 14–19.

Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sdn Sindangsari Iii. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.

Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 86–107.

Mones, A. Y., Aristiawan, Muhtar, & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tanatngan Dan Peluang,” 1–11.

Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI

Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50.

Nurhijatina, H., & Rosikh, A. (2022). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI NW Kawo. 14(2), 197–213.

Pebrianti, T., & Hasanah. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Di Sekitar Kita Di Kelas IV SD Negeri 101952 Tualang. PeTeKa, 7(2), 231–236.

Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52.

Safitri, T. R., Intiana, S. R. H., & Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 05, 20–28.

Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).

Utami, A. W., & Nisa, A. F. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn Sidomulyo. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 6(1), 63–70.

Yardani, J. (2022). Panduan Pelaksanaan Project-Based Learning ( PBL ).

Downloads

Published

2025-09-02

Most read articles by the same author(s)