PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TERHADAP KETERAMPILAN KOLABORASI DAN MOTIVASI BELAJAR IPAS PESERTA DIDIK KELAS IV DI SDN GUGUS II NARMADA
Penelitian Eksperimen
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32467Keywords:
Project Based Learning, Collaboration Skills, Learning Motivation in Natural and Social Sciences.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV Di SDN Gugus II Narmada. Penelitian ini dilakukan di SDN 1 Dasan Tereng yang merupakan bagian dari Gugus II Narmada. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, menggunakan desain quasi eksperiment dengan tipe Nonequivalent Control Group Design. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas IV A SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas eksperimen dan peserta didik kelas IV B SDN 1 Dasan Tereng sebagai kelas kontrol, penentuan sampel yang digunakan adalah Purposive Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar observasi, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dianalisis menggunakan uji statistik multivariate of variance (MANOVA) dan N-Gain. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh nilai (sig. 0.00 < 0.05; kontribusi 43.66) untuk keterampilan kolaborasi, nilai (sig. 0,00 < 0.05; kontribusi 45.92) untuk motivasi belajar IPAS, serta nilai (sig. 0,00 < 0.05) untuk keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS secara simultan. Hal ini menunjukkan (H₀) ditolak dan (Hₐ) diterima, yang berarti dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran Project Based Learning terhadap keterampilan kolaborasi dan motivasi belajar IPAS peserta didik kelas IV di SDN Gugus II Narmada.Downloads
References
Abidin, S., Purnamawat, & Mappalotteng, A. M. (2023). Pengaruh Implementasi Model Project Based Learning (PJBL) Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa di SMK Negeri 5 Sidrap. Seminar Nasional Dies Natalis 62, 1, 462–471.
Alfiyyana, W. (2022). Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning Terhadap Keterampilan Kolaborasi dan Self-Efficacy Siswa Kelas X MIPA MAN 2 Kota Semarang. Universitas Islam Negeri Walisongo.
Alimuddin, A., Niaga Siman Juntak, J., Ayu Erni Jusnita, R., Murniawaty, I., & Yunita Wono, H. (2023). Teknologi Dalam Pendidikan: Membantu Siswa Beradaptasi Dengan Revolusi Industri 4.0. Menur Pumpungan, Kec. Sukolilo, Kota SBY, 05(04), 36–38.
Guntara, Y. (2021). Normalized Gain Ukuran Keefektifan Treatment. Universitas Tirtayasa, Sultan Ageng, 1–3.
Handiani, M. P. (2025). Analisis Penerapan Model Project Based Learning dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. 4(1), 33–36.
Hijjayati, Z., Makki, M., & Oktaviyanti, I. (2022). Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Kemampuan Literasi Baca-Tulis Siswa Kelas 3 di SDN Sapit. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(3b), 1435–1443.
Jayanti, E. D., Rosianawati, A., & Srikonita, R. (2023). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Motivasi Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Profesi Guru, 2(1), 1–7.
Kemdikbudristek. (2022). Capaian Pembelajaran Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) Fase A – Fase C. Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Kemendikbud. (2023). Hal-hal Esensial Kurikulum Merdeka di jenjang SD.
Khair, B. N., Astria, F. P., Wardani, K. S. K., Nurwahidah, N., Sriwarthini, N. L. P. N., & Rahmatih, A. N. (2021). Pelatihan Dan Pendampingan Penggunaan KIT IPA DI SD Negeri 34 Cakranegara. 1(1), 14–19.
Magdalena, I., Salsabila, A., Krianasari, D. A., & Apsarini, S. F. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Daring Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Iii Sdn Sindangsari Iii. Jurnal Pendidikan Dan Dakwah, 3(1), 119–128.
Mantau, B. A. K., & Talango, S. R. (2023). Pengintegrasian Keterampilan Abad 21 Dalam Proses Pembelajaran (Literature Review). Irfani: Jurnal Pendidikan Islam, 19(1), 86–107.
Mones, A. Y., Aristiawan, Muhtar, & Irawati, D. (2023). Project Based Learning (PJBL) Perspektif Progresivisme dan Konstruktivisme. Prosiding Seminar Nasional “Peran Teknologi Pendidikan Menuju Pembelajaran Masa Depan: Tanatngan Dan Peluang,” 1–11.
Nugraha, I. R. R., Supriadi, U., & Firmansyah, M. I. (2023). Efektivitas Strategi Pembelajran Project Based Learning dalam meningkatkan Kreativitas Siswa. Jurnal Penelitian Dan Pendidikan IPS, 17(1), 39–47. http://ejournal.unikama.ac.id/index.php/JPPI
Nurhamidah, S., & Nurachadijat, K. (2023). Project Based Learning dalam Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Inovasi, Evaluasi Dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 3(2), 42–50.
Nurhijatina, H., & Rosikh, A. (2022). Pengaruh Self-Efficacy dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas V MI NW Kawo. 14(2), 197–213.
Pebrianti, T., & Hasanah. (2024). Pengaruh Model Project Based Learning Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPAS Materi Gaya Di Sekitar Kita Di Kelas IV SD Negeri 101952 Tualang. PeTeKa, 7(2), 231–236.
Rahmi Pertiwi, G., Risnita, & Jailani, M. S. (2023). Jenis Jenis Penelitian Ilmiah Kependidikan. Jurnal QOSIM Jurnal Pendidikan Sosial & Humaniora, 1(1), 41–52.
Safitri, T. R., Intiana, S. R. H., & Dewi, N. K. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Keterampilan Menulis Karangan Narasi Peserta Didik Kelas V SDN 5 Ampenan Kecamatan Ampenan Tahun Pelajaran 2019 / 2020. 05, 20–28.
Suhelayanti, Z, S., Rahmawati, I., Tantu, Y. R. P., Kunusa, W. R., Suleman, N., Nasbey, H., Tangio, J. S., & Anzelina, D. (2023). Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS).
Utami, A. W., & Nisa, A. F. (2022). Penerapan Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Sdn Sidomulyo. Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Palangka Raya, 6(1), 63–70.
Yardani, J. (2022). Panduan Pelaksanaan Project-Based Learning ( PBL ).
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.