PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS E-BOOK INTERAKTIF PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS VIII SMP KRISTEN MAKALE
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32448Keywords:
Bahan Ajar, E-book Interaktif, PengembanganAbstract
Penelitian ini dilakukan di SMP Kristen Makale. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kebutuhan pengembangan bahan ajar berbasis e-book interaktif, desain pengembangan bahan ajar berbasis e-book interaktif , tingakat validitas dan kepraktisan bahan ajar berbasis e-book interaktif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan R&D (Research & Development) dan mengadopsi model Alessi & Trolip yang memiliki tiga tahap yaitu perencanaan, desain, & pengembangan. Model ini dikembangkan oleh Stephen M. Alessi & Trolip. Hasil temuan masalah ditemukan bahwa penggunaan bahan ajar masih belum dioptimalakan sedangakan fasiltas seperti koneksi internet sudah cukuo memadai. Hasil penelitian ini yaitu (1). Bentuk penyajian bahan ajar e-book interaktif yang dirancang disesuaikan dengan tujuan pembelajaran, (2) desain pengembangan bahan ajar dalam bentuk link. (3) bahan ajar ini termasuk kedalam kateori “sangat valid” dengan nilai persentase 91,1% dari ahli media, dan 93,3% pada kategori “sangat valid” pada penilaian ahli materi serta multimedia pembelajaran interaktif terintegrasi evaluasi termasuk kedalam kateori “sangat praktis” berdasarkan penilaian kepraktisan guru 95,65%, dan penilaian kepraktisan oleh siswa 94,4%, sehingga bahan ajar berbasis e-book interaktif ini dinyatakan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran.Downloads
References
Amalia, A., & Fajar, D. M. (2021). Pengembangan E-book Interaktif Sebagai Sumber Belajar Mandiri Pada Materi Pemuaian Kelas VII SMP/MTs. VEKTOR: Jurnal Pendidikan IPA, 2(2), 88–95. https://doi.org/10.35719/vektor.v2i2.46
Annisa, A, Fara, N. A, & Dede, I. S. (2022). Pengembangan Kompetensi Guru Dalam Menyongsong Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal Riset Sosial Humaniora Dan Pendidikan, 1(2), 42–50. https://doi.org/10.56444/soshumdik.v1i2.73
Bhira, N. I., Suana, W., & Rinaldi, D. (2024). Jurnal Inovasi Pendidikan Sains ( JIPS ) Pengembangan E-book Interaktif Berbantuan Heyzine Pada Materi Perubahan. 5, 80–88.
Cahyadi, R. A. H. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model. Halaqa: Islamic Education Journal, 3(1), 35–42. https://doi.org/10.21070/halaqa.v3i1.2124
Dianti, A. P., & Hakim, L. (2021). Pengembangan E-book Interaktif Berbasis AndroidMata Pelajaran Layanan Lembaga Keuangan Syariah. Jurnal Pendidikan Akuntansi (JPAK), 9(2), 243–253. https://doi.org/10.26740/jpak.v9n2.p243-253
Eliyanti, M. (2016). Pengelolaan Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar. Pedagogi Jurnal Penelitian Pendidikan, 04(01), 59–69.
Fitrianna, Yu. A., Priatna, N., & Dahlan, J. A. (2021). Pengembangan Model E-book Interaktif Berbasis Pembelajaran Induktif untuk Melatihkan Kemampuan Penalaran Aljabar Siswa SMP. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 05(02), 1562–1577.
Indariani, A., Amami Pramuditya, S., & Firmasari, S. (2018). Pengembangan Bahan Ajar Digital Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Pembelajaran Matematika (Bahan Ajar Digital Interaktif pada Materi Pertidaksamaan Nilai Mutlak Linear Satu Variabel). Eduma : Mathematics Education Learning and Teaching, 7(2), 89–98. https://doi.org/10.24235/eduma.v7i2.3670
Kautsar Eka Wardhana. (2020). Pengembangan Bahan Ajar Teori Bilangan Berbasis Macromedia Flash. Pi: Mathematics Education Journal, 3(2), 40–47. https://doi.org/10.21067/pmej.v3i2.4828
Mella, B., Wulandari, I. G. A. A., & Wiarta, I. W. (2022). Bahan Ajar Digital Interaktif Berbasis Problem Based Learning Materi Keragaman Budaya. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 6(1), 127–136. https://doi.org/10.23887/jppp.v6i1.46368
Putri, F. N. (2020). Pendidikan Karakter Siswa Melalui Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 8(1), 16. https://doi.org/10.30659/j.8.1.16-24
Reski, A., & Bawawa, M. (2022). Pelatihan Penyusunan Bahan Ajar Online Interaktif Untuk Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru MA Al-Munawwaroh Merauke. ABDIKAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains Dan Teknologi, 1(2), 283–288. https://doi.org/10.55123/abdikan.v1i2.302
Revita, R. (2019). Practical Test of Guided Discovery Based Mathematics Learning Tools for Middle Schools. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(2), 148–154.
Sari, M., Murti, S. R., Habibi, M., Laswadi, L., & Rusliah, N. (2021). Pengembangan Bahan Ajar E-book Interaktif Berbantuan 3D Pageflip Profesional Pada Materi Aritmetika Sosial. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 789–802. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.490
Shiyamsyah, F. S. F., & Yuliani, Y. (2022). Pengembangan E-book Interaktif pada Materi Respirasi Seluler untuk Melatihkan Kemampuan Literasi Digital Siswa SMA Kelas XII. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 11(2), 492–501. https://doi.org/10.26740/bioedu.v11n2.p492-501
Silsilia Sasi Armei Lita Putria, I Ketut Suastika, S. R. (2025). Jurnal Transformasi Pendidikan Modern Penerapan Pendekatan Culturally Responsive Jurnal Transformasi Pendidikan Modern. 6(1), 481–499.
Waruwu, M. (2024). Metode Penelitian dan Pengembangan (R&D): Konsep, Jenis, Tahapan dan Kelebihan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(2), 1220–1230. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i2.2141
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.