PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAN 02 MUKOMUKO

Authors

  • Yeyen Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Indriani Nisja Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Samsiarni Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32440

Keywords:

Creative Problem Solving (CPS), writing skills, expository text.

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko yang ditandai dengan kesulitan dalam mengembangkan ide, memahami struktur, serta menggunakan kaidah kebahasaan secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 186 siswa, dengan sampel kelas X-3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja menulis teks eksposisi yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penerapan model CPS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi sebelum penerapan model CPS sebesar 55,90 dengan kualifikasi hampir cukup (HC); (2) nilai rata-rata sesudah penerapan model CPS sebesar 79,05 dengan kualifikasi baik (B); (3) hasil uji-t diperoleh thitung = 12,7 > ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi 95%, sehingga H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Dalman. (2016). Keterampilan

Menulis. Jakarta: Raja Grafindo

Persada.

Fengky, dkk. (2022). Pengaruh Model

Pembelajaran Creative Problem

Solving (CPS) terhadap

Keterampilan Menulis Teks

Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA

Negeri 03 Mukomuko. Jurnal

Pendidikan Bahasa dan Sastra

Indonesia.

Huda, M. (2014). Model-model

Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-

isu Metodis dan Paradigmatis.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks

dalam Mata Pelajaran Bahasa

Indonesia SMA/MA/SMK.

Bandung: Yrama Widya.

Kosasih, E., & Kurniawan. (2019).

Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri

dan Akademik. Bandung: Yrama

Widya.

Mahsun. (2014). Teks dalam

Pembelajaran Bahasa IndonesiaKurikulum 2013. Jakarta: Raja

Grafindo Persada.

Mahsun. (2016). Pembelajaran

Bahasa Indonesia Berbasis Teks.

Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Nurhadi. (2017). Dasar-dasar Menulis.

Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Rahmawati, dkk. (2022). Pengaruh

Penerapan Model Pembelajaran

Creative Problem Solving terhadap

Keterampilan Menulis Narasi Siswa

Kelas V MI Raudlatul Muta’alimin

Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar.

Ridwan, & Istarani. (2014). Model-

Model Pembelajaran Inovatif.

Medan: Media Persada.

Semi, M. A. (2009). Dasar-dasar

Keterampilan Menulis. Bandung:

Angkasa.

Shoimin, A. (2014). 68 Model

Pembelajaran Inovatif dalam

Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-

Ruzz Media.

Tarigan, H. G. (2008). Menulis

sebagai Suatu Keterampilan

Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Downloads

Published

2025-09-03