PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPOSISI SISWA KELAS X SMAN 02 MUKOMUKO
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32440Keywords:
Creative Problem Solving (CPS), writing skills, expository text.Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko yang ditandai dengan kesulitan dalam mengembangkan ide, memahami struktur, serta menggunakan kaidah kebahasaan secara tepat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko tahun ajaran 2024/2025 berjumlah 186 siswa, dengan sampel kelas X-3 yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen penelitian berupa tes unjuk kerja menulis teks eksposisi yang diberikan sebelum (pretest) dan sesudah (posttest) penerapan model CPS. Hasil penelitian menunjukkan: (1) nilai rata-rata keterampilan menulis teks eksposisi sebelum penerapan model CPS sebesar 55,90 dengan kualifikasi hampir cukup (HC); (2) nilai rata-rata sesudah penerapan model CPS sebesar 79,05 dengan kualifikasi baik (B); (3) hasil uji-t diperoleh thitung = 12,7 > ttabel = 1,70 pada taraf signifikansi 95%, sehingga H₁ diterima. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS berpengaruh secara signifikan terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMAN 02 Mukomuko.Downloads
References
Dalman. (2016). Keterampilan
Menulis. Jakarta: Raja Grafindo
Persada.
Fengky, dkk. (2022). Pengaruh Model
Pembelajaran Creative Problem
Solving (CPS) terhadap
Keterampilan Menulis Teks
Eksplanasi Siswa Kelas XI SMA
Negeri 03 Mukomuko. Jurnal
Pendidikan Bahasa dan Sastra
Indonesia.
Huda, M. (2014). Model-model
Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-
isu Metodis dan Paradigmatis.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kosasih, E. (2014). Jenis-jenis Teks
dalam Mata Pelajaran Bahasa
Indonesia SMA/MA/SMK.
Bandung: Yrama Widya.
Kosasih, E., & Kurniawan. (2019).
Bahasa Indonesia: Ekspresi Diri
dan Akademik. Bandung: Yrama
Widya.
Mahsun. (2014). Teks dalam
Pembelajaran Bahasa IndonesiaKurikulum 2013. Jakarta: Raja
Grafindo Persada.
Mahsun. (2016). Pembelajaran
Bahasa Indonesia Berbasis Teks.
Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Nurhadi. (2017). Dasar-dasar Menulis.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Rahmawati, dkk. (2022). Pengaruh
Penerapan Model Pembelajaran
Creative Problem Solving terhadap
Keterampilan Menulis Narasi Siswa
Kelas V MI Raudlatul Muta’alimin
Bogor. Jurnal Pendidikan Dasar.
Ridwan, & Istarani. (2014). Model-
Model Pembelajaran Inovatif.
Medan: Media Persada.
Semi, M. A. (2009). Dasar-dasar
Keterampilan Menulis. Bandung:
Angkasa.
Shoimin, A. (2014). 68 Model
Pembelajaran Inovatif dalam
Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-
Ruzz Media.
Tarigan, H. G. (2008). Menulis
sebagai Suatu Keterampilan
Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.