IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS ECOPRINT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK FASE F DI SMA AL- ISTIQAMAH PASAMAN BARAT
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32415Keywords:
Project-Based Learning,Ecoprint,Abstract
This research is motivated by the lack of creativity among students in project-based ecoprint learning at SMA AL-ISTIQAMAH Pasaman Barat. This study uses a qualitative method with purposive sampling as the data collection technique, involving observation, interviews, and documentation. The researcher used N-vivo 15pro analysis techniques such as data import, data coding, project visualization, and extract reports. The results obtained from the research indicate that the ecoprint-based project successfully increased creativity, promoted student-centered learning, encouraged collaboration, and allowed students to express creative ideas during the project-based ecoprint learning. Similarly, the results from the interview diagram with administrative staff, the ecoprint coordinator, and educators show that the implementation of project-based ecoprint learning in enhancing student creativity at SMA AL-ISTIQAMAH Pasaman Barat is effective and can improve student creativity.Downloads
References
Barat,diharapkan
mengimplementasikan
pembelajaran proyek berbasis
ecoprint yang lebih kreatif dan
efesien lagi baik menggunakan
media,penggunaan teknik serta
melebarkan sayap dalam segi
pemasaran.Sebagaimana yang
sama-sama kita ketahui peran
Pembelajaran Berbasis Proyek
(Project Based Learning) Dan
Penerapannya Pada Anak Usia
Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS
AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan
Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–
199.
https://doi.org/10.24952/alathfal.
v1i2.3912
tenaga pendidik sangat penting
sehingga pengimplementasian
pembelajaran proyek berbasis
ecoprint peserta didik lebih
aktif,kreatif dan inovatif dalam
belajar dan berkarya seni.
Anggraeni, R., & H, W. R. R. (2024).
Penerapan Model Pembelajaran
Poject Based Learning ( PJBL )
Pada Pelajaran IPAS : Teknik
Eco Printing. Karimah Tauhid, 3,
2673–2684.
2. Bagi kepala sekolah,diharapkan
dapat menghimbau kepada seluruh
tenaga pendidik untuk
meningkatkan cara implementasi
pembelajaran berbasis proyek
yang salah satunya pembelajaran
proyek berbasis ecoprint yang
mendukung dan membantu
prosesbelajar mengajar untuk lebih
efektif,
3. Bagi peneliti selanjutnya ,hasil
Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R.,
Suryani, Z., & Prihantini. (2023).
Analisis Projek Penguatan Profil
Pelajar Pancasila (P5) dalam
Implementasi Kurikulum
Merdeka Di SD. Jurnal
Pendidikan Tambusai, 7(3),
26906–26912.
http://repository.unpas.ac.id/646
78/
penelitian ini dapat menjadi bahan
pertimbangan dan dapat
melanjutkan penelitian dengan
metode penelitian yang lain
Daftar Rujukan
Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model
Damayanti, M., Ramdhan, B., &
Setiono, S. (2024). Implementasi
Model Pembelajaran STEM
Terhadap Kreativitas Melalui
Projek Ecoprint. Jurnal Educatio
FKIP UNMA, 10(3), 706–713
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.