IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROYEK BERBASIS ECOPRINT DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK FASE F DI SMA AL- ISTIQAMAH PASAMAN BARAT

Authors

  • Widiyawati
  • Slamet Rianto
  • Loli Setriani

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32415

Keywords:

Project-Based Learning,Ecoprint,

Abstract

This research is motivated by the lack of creativity among students in project-based ecoprint learning at SMA AL-ISTIQAMAH Pasaman Barat. This study uses a qualitative method with purposive sampling as the data collection technique, involving observation, interviews, and documentation. The researcher used N-vivo 15pro analysis techniques such as data import, data coding, project visualization, and extract reports. The results obtained from the research indicate that the ecoprint-based project successfully increased creativity, promoted student-centered learning, encouraged collaboration, and allowed students to express creative ideas during the project-based ecoprint learning. Similarly, the results from the interview diagram with administrative staff, the ecoprint coordinator, and educators show that the implementation of project-based ecoprint learning in enhancing student creativity at SMA AL-ISTIQAMAH Pasaman Barat is effective and can improve student creativity.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Barat,diharapkan

mengimplementasikan

pembelajaran proyek berbasis

ecoprint yang lebih kreatif dan

efesien lagi baik menggunakan

media,penggunaan teknik serta

melebarkan sayap dalam segi

pemasaran.Sebagaimana yang

sama-sama kita ketahui peran

Pembelajaran Berbasis Proyek

(Project Based Learning) Dan

Penerapannya Pada Anak Usia

Dini Di Tkit Al-Farabi. BUHUTS

AL-ATHFAL: Jurnal Pendidikan

Dan Anak Usia Dini, 1(2), 181–

199.

https://doi.org/10.24952/alathfal.

v1i2.3912

tenaga pendidik sangat penting

sehingga pengimplementasian

pembelajaran proyek berbasis

ecoprint peserta didik lebih

aktif,kreatif dan inovatif dalam

belajar dan berkarya seni.

Anggraeni, R., & H, W. R. R. (2024).

Penerapan Model Pembelajaran

Poject Based Learning ( PJBL )

Pada Pelajaran IPAS : Teknik

Eco Printing. Karimah Tauhid, 3,

2673–2684.

2. Bagi kepala sekolah,diharapkan

dapat menghimbau kepada seluruh

tenaga pendidik untuk

meningkatkan cara implementasi

pembelajaran berbasis proyek

yang salah satunya pembelajaran

proyek berbasis ecoprint yang

mendukung dan membantu

prosesbelajar mengajar untuk lebih

efektif,

3. Bagi peneliti selanjutnya ,hasil

Astuti, N. R. W., Fitriani, R., Ashifa, R.,

Suryani, Z., & Prihantini. (2023).

Analisis Projek Penguatan Profil

Pelajar Pancasila (P5) dalam

Implementasi Kurikulum

Merdeka Di SD. Jurnal

Pendidikan Tambusai, 7(3),

26906–26912.

http://repository.unpas.ac.id/646

78/

penelitian ini dapat menjadi bahan

pertimbangan dan dapat

melanjutkan penelitian dengan

metode penelitian yang lain

Daftar Rujukan

Amelia, N., & Aisya, N. (2021). Model

Damayanti, M., Ramdhan, B., &

Setiono, S. (2024). Implementasi

Model Pembelajaran STEM

Terhadap Kreativitas Melalui

Projek Ecoprint. Jurnal Educatio

FKIP UNMA, 10(3), 706–713

Downloads

Published

2025-08-17