Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas IV MIS AL-Fatah Singkawang
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32405Keywords:
Reading Habits, Science Literacy Ability, ScienceAbstract
Penelitian ini bertujuan 1) menganalisis pengaruh model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIS Al-Fatah Singkawang. 2 ) mengetahui seberapa besar pengaruh model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIS Al-Fatah Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu eksperimen dengan desain Pre Eksperimental. Populasi dalam penelitian ini adalah keseluruhan siswa kelas IV MIS AL Fatah Singkawang dan sampel dalam penelitian ini menggunakan Purposive Sampling sebanyak 34 siswa. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar tes dan lembar dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan yaitu uji normalitas, dan uji hipotesis menggunakan wilcoxon signed rank test. Hasil Penelitian menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh model problem based learning berbantuan media audio visual terhadap hasil belajar siswa kelas IV MIS AL-Fatah Singkawang. Uji wilcoxon signed rank test diperoleh nilai Asymp. Sig (2-Tailed) sebesar 0,000 yang lebih kecil dari taraf signifikasi α= 0,05. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikasi antara hasil belajar siswa sebelum dan sesudah diterapkannya model problem based learning berbantaun media audio visual. Dengan demikian, hipotesis nol (H0) ditolak, dan hipotesis alternatif (H1) diterima, yang berarti bahwa model pembelajaran ini berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar IPAS siswa 2. Model problem based learning berbantuan media audio visual berpengaruh besar terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas IV MIS AL-Fatah Singkawang. Hal ini ditunjukkan dengan perhitungan Effect Size diperoleh 1,35.
Downloads
References
Fase A-Fase C Untuk SD/MI/Program Paket A.
Wisudawati, Sulistyowati (2015). Metodologi Pembelajaran IPA. Jakarta:PT Bumi Aksara.
Hopeman, dkk. (2022). Hakikat, Tujuan dan Karakteristik Pembelajaran IPS yang Bermakna Pada Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Kiprah Pendidikan, 1(3), 141-149.
Novayati, dkk. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Pada Hasil Belajar IPAS Siswa SD Materi Sifat-Sifat Magnet Siswa Kelas VI SDN Pandeanlamper 01 Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 5(1), 36.
Purbarani, dkk (2018). Pengaruh Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPAS di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia.
Afriliyanti, dkk. (2024). Pengaruh Model Pembeljaran Problem Based Learning Berbantuan Media Audio Visual Gerak Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Jurnal Edukasi Sebelas April.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















