PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA BERBASIS PROJECT BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA DI MTS GUPPI TAIPALE`LENG
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32396Keywords:
Pancasila Project Based Learning, hasil belajar, pembelajaranAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model
pembelajaran Pancasila berbasis Project Based Learning (PjBL) terhadap hasil
belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale’leng. Latar belakang
penelitian ini didasarkan pada rendahnya keterlibatan siswa dalam pembelajaran
Pancasila yang masih bersifat konvensional dan minim interaksi. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Pancasila berbasis Project
Based Learning (PjBL) memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
peningkatan hasil belajar siswa di Madrasah Tsanawiyah GUPPI Taipale'leng. Hal
ini dibuktikan dengan adanya peningkatan nilai rata-rata hasil belajar siswa pada
kelas eksperimen, dari nilai pretes sebesar 52,7 menjadi nilai postes sebesar 74,4
yang sebagian besarnya melebihi Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).
Downloads
References
Pancasila secara
teoritis, tetapi juga
menginternalisasi nilai-
nilai karakter, seperti
gotong royong, toleransi,
dan tanggung jawab
sosial ke dalam sikap
dan tindakan siswa.
melalui penyediaan sarana,
waktu, dan kebijakan yang
fleksibel agar proyek-proyek
yang dirancang dapat
terlaksana secara optimal dan
berkelanjutan.
SARAN
• Bagi Guru: Guru PPKn atau
mata pelajaran Pancasila
disarankan untuk
mengimplementasikan model
Project Based Learning
sebagai alternatif strategi
pembelajaran yang mampu
meningkatkan hasil belajar dan
karakter siswa secara
bersamaan.
Bagi Sekolah: Sekolah
diharapkan mendukung
pelaksanaan model
pembelajaran berbasis proyek
DAFTAR PUSTAKA
Ekolah, D. I. S., M. Enengah K.
Ejuruan, S. M. K. B. Erbasis, P.
Ondok P. Esantren, Ece
Supriatna, Ending Bahruddin,
Didin Hafidhuddin, and Didin
Saefuddin. 2014. “Konsep Dan I
Mplementasi P Endidikan K
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.