PENGARUH MINAT BACA, KEBIASAAN BELAJAR, FAKTOR FISIOLOGIS, FASILITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PASAMAN
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32385Keywords:
Reading Interest, Study Habits, Physiological Factors, Learning Facilities, Library Utilization, Academic Achievement.Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat baca, kebiasaan belajar, faktor fisiologis, fasilitas belajar, dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pasaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian literasi, karakter siswa, serta hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang belum sepenuhnya memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS, dengan sampel sebanyak 83 orang yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan pendidikan orang tua. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis dengan regresi linear berganda serta uji t dan uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca, kebiasaan belajar, faktor fisiologis, fasilitas belajar, dan pemanfaatan perpustakaan masing-masing berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara parsial, beberapa variabel menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan, terutama pada kelompok siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua tertentu, sementara faktor fisiologis terbukti memiliki pengaruh dominan. Secara simultan, kelima variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,591, yang berarti 59% variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan minat baca, pembiasaan belajar yang baik, perhatian terhadap kondisi fisiologis siswa, penyediaan fasilitas belajar yang memadai, serta optimalisasi pemanfaatan perpustakaan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.Downloads
References
Aini, N. N., & Ekantini, A. (2022).
Analisis pengaruh minat baca
terhadap prestasi belajar siswa.
Andragogi, 3(2), 101–110.
Amelia, M. (2015). Pengaruh
adversity quotient, iklim kelas, dan
kebiasaan belajar terhadap
prestasi belajar ekonomi siswa
kelas XI SMA Negeri di Kabupaten
Tanah Datar. Economica, 4(1), 65–
74.
Astuti, D. (2021). Minat baca siswa
dalam meningkatkan literasi di
sekolah. Jurnal Pendidikan
Literasi, 5(2), 45–53.
Budiyono. (2023). Prestasi belajar
dan faktor yang memengaruhinya.
Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Gumanti, S. (2018). Pengaruh faktor
fisiologis dan motivasi belajar
terhadap prestasi belajar ekonomi
siswa SMA Negeri di Kota Padang.
Economica, 6(2), 133–142.
Gusmawati, R. (2020). Prestasi
belajar siswa sebagai hasil
perubahan perilaku. Jurnal Ilmu
Pendidikan, 7(1), 55–63.
Mukhlis, A., Nurhayati, R., &
Rahman, A. (2022). Perpustakaan
sekolah sebagai pusat sumber
belajar. Jurnal Manajemen
Pendidikan, 10(1), 77–89.
Muhibbin, S. (2014). Psikologi
pendidikan dengan pendekatan
baru. Bandung: Remaja
Rosdakarya.
Tarigan, H. G. (2008). Membaca:
Sebagai suatu keterampilan
berbahasa. Bandung: Angkasa.
UNESCO. (2016). Most literate
nations in the world: International
literacy ranking. Paris: United
Nations Educational, Scientific and
Cultural Organization.
Utami, N., Sari, M., & Pratama, R.
(2020). Fasilitas pendidikan dan
pengaruhnya terhadap prestasi
belajar siswa. Jurnal Pendidikan
dan Pembelajaran, 12(3), 201–
212.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.