PENGARUH MINAT BACA, KEBIASAAN BELAJAR, FAKTOR FISIOLOGIS, FASILITAS BELAJAR DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAAN TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PADA MATA PELAJARAN EKONOMI DI SMA NEGERI 1 PASAMAN

Authors

  • Sonia Shara Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Desi Arevai Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Nisha Selvia Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32385

Keywords:

Reading Interest, Study Habits, Physiological Factors, Learning Facilities, Library Utilization, Academic Achievement.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh minat baca, kebiasaan belajar, faktor fisiologis, fasilitas belajar, dan pemanfaatan perpustakaan terhadap prestasi belajar siswa kelas XI pada mata pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 1 Pasaman. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya capaian literasi, karakter siswa, serta hasil belajar pada mata pelajaran ekonomi yang belum sepenuhnya memenuhi kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian asosiatif dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI IPS, dengan sampel sebanyak 83 orang yang dipilih menggunakan teknik stratified random sampling berdasarkan pendidikan orang tua. Data dikumpulkan melalui angket tertutup dan dianalisis dengan regresi linear berganda serta uji t dan uji F untuk menguji hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat baca, kebiasaan belajar, faktor fisiologis, fasilitas belajar, dan pemanfaatan perpustakaan masing-masing berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar siswa. Secara parsial, beberapa variabel menunjukkan pengaruh negatif yang signifikan, terutama pada kelompok siswa dengan latar belakang pendidikan orang tua tertentu, sementara faktor fisiologis terbukti memiliki pengaruh dominan. Secara simultan, kelima variabel tersebut berpengaruh signifikan terhadap prestasi belajar dengan nilai koefisien determinasi (R²) sebesar 0,591, yang berarti 59% variasi prestasi belajar dapat dijelaskan oleh variabel bebas, sedangkan sisanya 41% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan pentingnya penguatan minat baca, pembiasaan belajar yang baik, perhatian terhadap kondisi fisiologis siswa, penyediaan fasilitas belajar yang memadai, serta optimalisasi pemanfaatan perpustakaan dalam rangka meningkatkan prestasi belajar siswa.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aini, N. N., & Ekantini, A. (2022).

Analisis pengaruh minat baca

terhadap prestasi belajar siswa.

Andragogi, 3(2), 101–110.

Amelia, M. (2015). Pengaruh

adversity quotient, iklim kelas, dan

kebiasaan belajar terhadap

prestasi belajar ekonomi siswa

kelas XI SMA Negeri di Kabupaten

Tanah Datar. Economica, 4(1), 65–

74.

Astuti, D. (2021). Minat baca siswa

dalam meningkatkan literasi di

sekolah. Jurnal Pendidikan

Literasi, 5(2), 45–53.

Budiyono. (2023). Prestasi belajar

dan faktor yang memengaruhinya.

Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Gumanti, S. (2018). Pengaruh faktor

fisiologis dan motivasi belajar

terhadap prestasi belajar ekonomi

siswa SMA Negeri di Kota Padang.

Economica, 6(2), 133–142.

Gusmawati, R. (2020). Prestasi

belajar siswa sebagai hasil

perubahan perilaku. Jurnal Ilmu

Pendidikan, 7(1), 55–63.

Mukhlis, A., Nurhayati, R., &

Rahman, A. (2022). Perpustakaan

sekolah sebagai pusat sumber

belajar. Jurnal Manajemen

Pendidikan, 10(1), 77–89.

Muhibbin, S. (2014). Psikologi

pendidikan dengan pendekatan

baru. Bandung: Remaja

Rosdakarya.

Tarigan, H. G. (2008). Membaca:

Sebagai suatu keterampilan

berbahasa. Bandung: Angkasa.

UNESCO. (2016). Most literate

nations in the world: International

literacy ranking. Paris: United

Nations Educational, Scientific and

Cultural Organization.

Utami, N., Sari, M., & Pratama, R.

(2020). Fasilitas pendidikan dan

pengaruhnya terhadap prestasi

belajar siswa. Jurnal Pendidikan

dan Pembelajaran, 12(3), 201–

212.

Downloads

Published

2025-08-21