HUBUNGAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR (KOGNITIF) SISWA PADA MATA PELAJARAN PAI KELAS VI

Authors

  • Elsa Nur Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Syarip Hidayat Universitas Pendidikan Indonesia
  • Anggi Maulana Rizqi Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32380

Keywords:

Hasil belajar, Motivasi belajar, PAI

Abstract

Motivasi belajar merupakan salah satu aspek krusial dalam proses pembelajaran yang berperan penting dalam menentukan pencapaian hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tingkat motivasi belajar siswa, mengidentifikasi hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, serta menganalisis hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif siswa kelas VI di SDN Nyantong. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode korelasional. Lokasi penelitian berada di SDN Nyantong dan dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2024/2025. Adapun cakupan materi dalam penelitian ini meliputi Indahnya Ketetapan Allah, Peduli Lingkungan, dan Mengamalkan Puasa Sunah. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VI SDN Nyantong yang berjumlah 33 orang, dengan menggunakan teknik sampel jenuh. Pengumpulan data dilakukan melalui angket untuk mengukur tingkat motivasi belajar dan tes untuk mengukur hasil belajar kognitif. Teknik analisis data yang digunakan meliputi uji normalitas, uji linearitas, analisis regresi sederhana, serta uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa berada pada kategori sedang, dengan persentase sebesar 33,33%. Sementara itu, hasil belajar kognitif siswa tergolong sedang dengan persentase sebesar 36,36%. Selanjutnya, ditemukan adanya hubungan positif yang signifikan antara motivasi belajar dengan hasil belajar kognitif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,599 yang termasuk dalam kategori hubungan sedang. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa motivasi belajar memiliki hubungan yang signifikan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VI pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SDN Nyantong, dengan kekuatan hubungan berada pada kategori sedang.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Abi, M. N., Kasman, R., & Angelia, P. R. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran PAI. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 3(4), 276. https://doi.org/10.32832/jpg.v3i4.7745

Am, S. (2011). Interaksi dan motivasi belajar mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Anggraini, S., Akip, M., & Azman, Z. (2024). Pengaruh Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Pada Mata Pelajaran PAI Di SMP-IT Nur Riska Lubukinggau. Ej, 6(2), 165–173. https://doi.org/10.37092/ej.v6i2.605

Anis Faristin, V., & Saptadi Ismanto, H. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa SMA Factors Influencing High School Students’ Learning Motivation. PGRI Semarang; Jl. Sidodadi Timur No, 24(024), 8316377.

Astiani, A., Nisa, A., & Herawati, A. (2025). PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS IV DI SDN 249 MUARA. Mappadeceng: Jurnal Multidisiplin, 2(1), 23–37.

Cahyono, D. D., Hamda, M. K., & Prahastiwi, E. D. (2022). Pimikiran abraham maslow tentang motivasi dalam belajar. TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan, 6(1), 37–48.

Diva Fatin Syaharani, Alimudin Salo, I. P. V. (2024). Cendikia pendidikan. Cendekia Pendidikan, 4(4), 50–54. https://doi.org/10.9644/sindoro.v3i9.252

Gumala, Y., Indriyani, T., & Ruby, A. C. (2023). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 7(6), 3905–3912. https://doi.org/10.31004/basicedu.v7i6.5786

Hamdo, S. H. (2022). Hubungan Motivasi Belajar Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 26 Makassar. Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia (JPAII), 3(2), 35–39. https://doi.org/10.37251/jpaii.v3i2.626

Harahap, R., & Nasution, E. S. (2023). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Materi Hukum Newton Kelas VIII SMP Negeri 4 Angkola Selatan Tahun Pelajaran 2022/2023. Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(1), 38–44.

Harun, A., Asiah, N., Kuswanto, C. W., Iqbal, A., & Diadara, N. (2021). Pengaruh model pembelajaran hybrid learning terhadap hasil belajar pendidikan agama islam. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 349–359.

Mayasari, M., Mayasari, D., Anitra, R., & Ibrahim, I. (2024). Hubungan Motivasi Belajar Siswa dengan Hasil Belajar Kognitif IPA Siswa Kelas V SDN 11 Singkawang Tahun Ajaran 2022/2023. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 9(1), 546–557. https://doi.org/10.29303/jipp.v9i1.2054

Muhammad. (2021). Ruang Lingkup Ilmu Pendidikan Islam. Kajian Pendidikan Agama Islam, 3(1), 55–65.

Nisa, S. S., Pendidikan, M., Islam, A., Studi, P., Agama, P., Ibn, U., & Bogor, K. (n.d.). Cendikia Cendikia. 1206, 594–604.

Rusidik, R. P., Mulyawati, Y., & Nugraha, A. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas Iv Pada Tema Daerah Tempat Tinggalku. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(1), 941–950. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i1.679

Siregar, H. T. (2024). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Dalam Pembelajaran PAI. Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 2(2), 215–226.

Sri Esterina, Marhayani, D. A., & Mertika, M. (2022). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas IV. Journal Pendidikan Ilmu

Downloads

Published

2025-09-30