PENGARUH PENGGUNAAN MODEL THINK TALK WRITE TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS CERPEN SISWA KELAS XI FASE F

Authors

  • Aidila Fitri Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Yulia Sri Hartati Universitas PGRI Sumatera Barat
  • Samsiarni Universitas PGRI Sumatera Barat

DOI:

https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32370

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis cerpen siswa fase F kelas XI di SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Ketidakpahaman siswa dengan materi cerpen terutama unsur intrinsik pembangun cerpen yaitu tema, alur, latar, dan penokohan menyebabkan siswa merasa kesulitan ketika diminta untuk menulis cerpen. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model Think Talk Write terhadap kemampuan menulis cerpen siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif, karena data yang diolah berupa angka. Penelitian ini menggunakan desain pre- eksperimen dengan rancangan penelitian adalah one-group-pretest-postest. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel yaitu total sampling. Sampel pada penelitian ini ialah seluruh siswa kelas XI yang terdiri dari 35 orang siswa. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan memberikan tes kepada siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model Think Talk Write berpengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa kelas XI SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diketahui Thitung = 13,42 dan Ttabel = 2,0322 untuk α = 0,05 dan n = 35. Kesimpulannya, H0 ditolak karena Thitung > Ttabel. Dengan demikian, penerapan model Think Talk Write memberikan pengaruh terhadap kemampuan menulis cerpen siswa fase F kelas XI SMA Negeri 2 Hiliran Gumanti.  

Downloads

Download data is not yet available.

References

bertukar gagasan, mengklarifikasi

pemahaman, serta mengembangkan

ide bersama. Menurut Simorangkir et

al. (2025:577), kegiatan diskusi dalam

TTW mampu mengasah kemampuan

berpikir kritis sekaligus membangun

rasa percaya diri siswa. Tahap write

kemudian menjadi wadah bagi siswa

untuk menuangkan hasil pemikiran

dan diskusi ke dalam bentuk cerpen

yang utuh, dengan struktur yang lebih

terorganisasi dan penggunaan

bahasa yang lebih tepat.

Temuan ini konsisten dengan

penelitian sebelumnya, seperti Saragi

et al. (2024) yang menemukan bahwa

TTW efektif meningkatkan

keterampilan menulis teks eksplanasi,

Fatana et al. (2024) yang melaporkan

peningkatan kemampuan menulis

teks deskripsi, dan Lestari et al. (2024)

yang menunjukkan peningkatan

signifikan pada keterampilan menulis

teks biografi. Peningkatan

kemampuan menulis cerpen pada

penelitian ini menunjukkan bahwa

model TTW dapat diterapkan tidak

hanya untuk jenis teks tertentu, tetapi

juga pada karya sastra yang

membutuhkan kreativitas dan

penguasaan unsur intrinsik. Dengan

demikian, penerapan TTW dapat

direkomendasikan sebagai strategi

pembelajaran yang kreatif, inovatif,

dan efektif dalam pembelajaran

Bahasa Indonesia, khususnya untuk

meningkatkan keterampilan menulis

cerpen di tingkat SMA.

D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian dan

analisis data, dapat disimpulkan

bahwa penerapan model

pembelajaran Think Talk Write (TTW)

berpengaruh signifikan terhadap

kemampuan menulis cerpen siswa

fase F kelas XI SMA Negeri 2 Hiliran

Gumanti. Penerapan model TTW

mampu meningkatkan nilai rata-rata

kemampuan menulis cerpen siswa

dari 72,17 pada pretest menjadi

kategori “baik” pada posttest.

Peningkatan ini mencakup

penguasaan unsur intrinsik cerpen,

terutama dalam mengembangkan

tema, menyusun alur secara runtut,

mendeskripsikan latar, dan

menggambarkan penokohan secara

konsisten. Tahapan think, talk, dan

write dalam model TTW memberikan

pengalaman belajar yang aktif,

kolaboratif, dan terstruktur, sehingga

membantu siswa memahami materi

dan mengaplikasikannya dalam

bentuk tulisan yang lebih kreatif dan

koheren. Temuan ini menguatkan

bahwa TTW dapat dijadikan sebagai

alternatif strategi pembelajaran yang

kreatif dan inovatif untuk

meningkatkan keterampilan menulis

karya sastra di SMA.

Downloads

Published

2025-08-19