EFEKTIVITAS MEDIA PEMBELAJARAN APLIKASI SILOKA TERHADAP PENINGKATAN PEMAHAMAN MATERI SEJARAH SISWA KELAS V
DOI:
https://doi.org/10.23969/jp.v10i03.32306Keywords:
Kata Kunci: media pembelajaran, SILOKA, hasil belajar, sejarah lokal, quasi-eksperimenAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas media pembelajaran aplikasi SILOKA terhadap hasil belajar siswa pada materi sejarah Mahkota Binokasih dengan menggunakan metode quasi-eksperimen desain pretest–posttest control group. Subjek penelitian terdiri atas dua kelas, yaitu kelompok eksperimen yang menggunakan aplikasi SILOKA dan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional, masing-masing berjumlah 32 siswa. Instrumen penelitian berupa tes hasil belajar yang diberikan sebelum dan sesudah pembelajaran, dengan analisis data melalui uji normalitas, uji homogenitas, uji Wilcoxon, uji Mann–Whitney, dan perhitungan N-gain. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata pretest kelompok eksperimen sebesar 24,81 meningkat menjadi 67,72 pada posttest, sedangkan kelompok kontrol meningkat dari 26,31 menjadi 58,75. Uji Wilcoxon menunjukkan perbedaan signifikan antara pretest dan posttest pada kedua kelompok (p = 0,000), dan uji Mann–Whitney menghasilkan p = 0,000 yang menandakan adanya perbedaan signifikan antara hasil belajar kedua kelompok. Nilai rata-rata N-gain kelompok eksperimen sebesar 0,57 (57,33%) dan kelompok kontrol sebesar 0,45 (44,87%), keduanya berkategori sedang, namun kelompok eksperimen menunjukkan efektivitas lebih tinggi. Temuan ini membuktikan bahwa aplikasi SILOKA efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa melalui penyajian materi yang interaktif, visual, dan kontekstual.
Downloads
References
Abdi, G. P. (2020). Peranan Pembelajaran Sejarah Untuk Pembentukan Karakter Siswa SD. Jurnal Pendidikan Tambusai, 4(1), 209–215.
Aisyah, S., Ramadani, A. F., Wulandari, A. E., & Astutik, C. (2025). Pemanfaatan Teknologi Digital sebagai Media Pembelajaran Interaktif untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Sadewa : Publikasi Ilmu Pendidikan, Pembelajaran Dan Ilmu Sosial, 3(1), 388–401. https://doi.org/10.61132/sadewa.v3i1.1565
Alghozali, R. A., Lathifah, H., & Ratih, D. (2024). Penerapan Teks Cerita Sejarah Sebagai Media Ajar dalam Upaya Meningkatkan Literasi Peserta Didik Kelas X E 2 SMA Negeri 2 Ciamis. Jurnal Artefak, 11(2), 293–306. https://doi.org/10.25157/ja.v11i2.16090
Ali, E. Y., Nugraha, R. G., & Nugraha, B. (2025). The Effectiveness of AI-Based Education Management Systems in Implementing Deep Learning Curriculum in Elementary Schools. Journal of Integrated Elementary Education, 5(2), 339–352. https://doi.org/10.21580/jieed.v5i2.28004
Aqmarinal, D. N., & Susilo, M. J. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Interaktif Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ta’lif : Jurnal Pendidikan Dan Agama Islam, 1(39–53).
Dhanas, I., Kartika, E., & Suwasih. (2024). Pemanfaatan Media Digital dalam Meningkatkan Hasil Belajar Sejarah di SD Negeri 1 Tualang. EduSpirit : Jurnal Pendidikan Kolaboratif, 2(1), 205–208.
Firmansyah, H. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital untuk Meningkatkan Minat Belajar Sejarah di Sekolah Menengah Atas. JIM: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 541–548. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30416
Harianto, D., Nuraisyiah, Hasyima, S. H., & Azisa, F. (2024). Efektivitas Media dan Teknologi Berbasis Aplikasi dalam Pembelajaran: Sebuah Tinjauan Literatur. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 6(3), 255–261. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i3.260
Hidayat, D. N., Nugraha, R. G., & Ali, E. Y. (2024). Pengembangan Video Pembelajaran Multimedia menggunakan Canva pada Pembelajaran Pendidikan Pancasila Kelas 4 SDN Sukamaju. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(3), 1511–1518. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i3.1163
Novela, D., Suriani, A., & Nisa, S. (2024). Implementasi Pembelajaran Inovatif melalui Media Digital di Sekolah Dasar. Journal of Practice Learning and Educational Development, 4(2), 100–105. https://doi.org/10.58737/jpled.v4i2.283
Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD Negeri Kohod III. PENSA : Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2), 243–255. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/pensa
Purni, T. (2023). Pentingnya Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Yang Berkarakter. Krinok: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Sejarah, 2(1), 190–197. https://doi.org/10.22437/krinok.v2i1.24723
Putri, A. E. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Digital dalam Pembelajaran Sejarah untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. JIMPS: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Sejarah, 9(2), 533–540. https://doi.org/10.24815/jimps.v9i2.30523
Santosa, Y. B. P. (2017). Problematika Dalam Pelaksanaan Pendidikan Sejarah Di Sekolah Menegah Atas Kota Depok. Jurnal Candrasangkala Pendidikan Sejarah, 3(1), 30–36. https://doi.org/10.30870/candrasangkala.v3i1.2885
Sari, A. P., & Munir. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Inovasi Pembelajaran untuk Meningkatkan Efektivitas Kegiatan di Kelas. Digital Transformation Technology, 4(2), 977–983. https://doi.org/10.47709/digitech.v4i2.5127
Septiyaningsih, D. N., Alkhayya, N., Mardiana, N., & Setiyoko, D. T. (2025). Peran Teknologi dalam Penggunaan Media Belajar Bagi Siswa Sekolah Dasar. Journal on Education, 07(02), 10309–10318.
Setyawan, D. (2025). Membangun Generasi Emas : Peran Pendidikan Dalam Membentuk Masa Depan Bangsa. Jurnal Pembelajaran, Kurikulum Dan Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–9. https://artmediapub.id/index.php/JPKTP
Shabrina, A., Putri, R., & Khairi, A. (2025). Pentingnya Pemilihan Media Pembelajaran Yang Tepat Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Zaheen : Jurnal Pendidikan, Agama Dan Budaya, 1(2), 120–131.
Susanti, S., Aminah, F., Assa’idah, I. M., Aulia, M. W., & Angelika, T. (2024). Dampak Negatif Metode Pengajaran Monoton Terhadap Motivasi Belajar Siswa. PEDAGOGIK Jurnal Pendidikan Dan Riset, 2(2), 86–93.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
















